BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Viking berada di Amerika tepat seribu tahun yang lalu

Studi ini meneliti artefak kayu dari pemukiman Viking yang sebelumnya tidak bertanggal di Newfoundland, yang memberikan catatan tertua manusia yang melintasi Atlantik untuk mencapai Amerika.

Situs, yang dikenal sebagai L’Anse aux Meadows, terletak di semenanjung utara Newfoundland.

Para peneliti telah sampai pada tanggal yang pasti berkat dua sumber yang tidak terduga: kayu cincang dan badai matahari yang terjadi lebih dari seribu tahun yang lalu.

Ketika Viking mencapai L’Anse aux Meadows, mereka menebang pohon dengan bilah logam, yang bukan merupakan produk dari penduduk asli yang tinggal di daerah tersebut pada saat itu. Kayu gelondongan yang tersisa di pemukiman berasal dari tiga pohon yang berbeda.

Di dalam potongan-potongan ini ada cincin pohon — termasuk tanda tahun 993 yang jelas. Setahun sebelumnya, para ilmuwan mengetahui bahwa badai matahari besar telah terjadi, melepaskan aliran sinar kosmik, atau partikel berenergi tinggi, dari matahari pada waktu yang hampir bersamaan. kecepatan. sebuah cahaya.

Ini meninggalkan tanda yang mencolok dan khas pada lingkaran pohon tahun 993.

“Peningkatan yang jelas dalam produksi radiokarbon yang terjadi antara tahun 992 dan 993 M telah ditemukan di arsip cincin pohon dari seluruh dunia,” kata Michael De, penulis utama studi dan profesor kronologi isotop di Universitas Groningen di Belanda. .

Tiga benda kayu menunjukkan sinyal yang sama dari badai matahari tepat 29 cincin pertumbuhan sebelum mereka bertemu dengan tepi kulit kayu.

“Menemukan sinyal dari badai matahari 29 cincin pertumbuhan kulit kayu memungkinkan kami untuk menyimpulkan bahwa aktivitas pemotongan terjadi pada tahun 1021 M,” kata Margot Kotimes, rekan penulis dan peneliti postdoctoral di University of Groningen.

Sebuah studi termasuk hasil ini diterbitkan Rabu di jurnal sifat pemarah.

eksplorasi global

Mengamankan tanggal ini, kata De, menunjukkan bahwa ini adalah kehadiran orang Eropa paling awal yang diketahui di Amerika sebelum Christopher Columbus, serta bukti tertua dalam semua migrasi dan eksplorasi manusia bahwa Atlantik telah dilintasi.

READ  Drone otonom belajar menemukan situs dampak meteor 'tersembunyi'

Viking juga mendirikan kehadirannya di Islandia dan Greenland di barat sebelum mencapai lokasi L’Anse aux Meadows.

“Diyakini bahwa Viking berkelana ke barat untuk menemukan bahan baku baru, terutama kayu,” kata Dee. “Dengan melakukan perjalanan antar benua untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut, telah digambarkan sebagai langkah pertama dalam globalisasi.”

Orang Viking belum tentu berambut pirang.  atau Skandinavia.  Mengapa semua yang Anda pikir Anda ketahui tentang orang-orang Norse mungkin salah?

Sementara jumlah pasti perjalanan ke Amerika, atau berapa lama mereka tinggal, tidak jelas, bukti saat ini menunjukkan bahwa masa tinggal Viking kemungkinan berumur pendek. Tapi ada bukti di L’Anse aux Meadows bahwa Viking menemukan daerah selatan Newfoundland saat berada di Amerika.

Upaya sebelumnya untuk memahami kapan Viking tiba di Amerika berakar pada epos Islandia, tetapi mereka pernah menjadi catatan lisan yang ditulis berabad-abad setelah itu benar-benar terjadi. Saga dipenuhi dengan catatan fantastis, tetapi mereka juga menunjukkan kemungkinan pertemuan antara Viking dan penduduk asli Amerika. Beberapa dari peristiwa ini digambarkan sebagai ramah, sementara yang lain kekerasan.

Mikrograf ini menunjukkan cincin di dalam bagian kayu dari L & #39;  Anse aux Meadows.
Saat memeriksa teks abad pertengahan, termasuk A Saya baru saja menemukan satuOrang Eropa lainnya tampaknya telah mengetahui bahwa Viking telah mencapai daratan baru melintasi Atlantik. Menggabungkan teknik penelitian modern dengan penemuan teks lain, kata De, dapat membantu menetapkan garis waktu Viking di Amerika, serta siapa yang tahu tentang mereka.

Viking melacak trek

Tetapi menemukan bukti arkeologi untuk mendukung cerita di Sagas jauh lebih sulit.

“Sejarah ini berfungsi sebagai titik tumpu epos Islandia,” kata De. “Ini agak sejalan dengan perkiraan sejarah berdasarkan cerita-cerita ini, dan dengan demikian menambahkan beberapa kepercayaan pada cerita yang dikandungnya tentang menjelajahi Amerika dan berinteraksi dengan masyarakat adat. Dengan cara lain, ini lebih lambat dari yang diharapkan kebanyakan ahli Saga.”

READ  Kritik dan pendukung keluar keras untuk membahas rencana SpaceX untuk diluncurkan dari Texas Selatan

Sebelumnya, para peneliti percaya bahwa Viking berada di Amerika pada akhir 1990-an atau awal 2000-an.

Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa berbagai jenis cacar tersebar luas di Zaman Viking

“Ini berarti bahwa Viking ada di sana sedikit kemudian, atau mereka datang dan pergi lebih lama, atau mereka tinggal di lokasi lebih lama dari yang diperkirakan kebanyakan orang,” kata Dee.

Menggunakan peristiwa sinar kosmik dapat membantu peneliti mempelajari dan menentukan tanggal situs sejarah lain yang dianggap berasal dari Viking atau abad pertengahan, karena setidaknya ada dua peristiwa selama periode ini, pada 775 dan 993. Para peneliti juga mencoba melacak badai matahari lainnya, dan sejauh ini, Mereka mengkonfirmasi kasus lain yang terjadi pada 660 SM.

Pemandangan udara ini menunjukkan bangunan yang direkonstruksi di dekat L & # 39;  Anse aux Meadows.
Sebelumnya, tim Dee menggunakan ini Metode kencan di situs bersejarah lain Usia pastinya tidak diketahui sebelum penanggalan radiokarbon.

Ke depan, Dee dan rekan-rekannya ingin menggali lebih dalam kisah eksplorasi Norse di Atlantik Utara, katanya. Mereka sudah menerapkan metode kencan mereka ke “pertanyaan kronologis” lain di seluruh dunia.

“Pada waktunya, diharapkan penelitian semacam itu akan memberikan wawasan baru dan penjelas tentang kisah masa lalu manusia,” kata Dee.