BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Wabah pes yang pertama kali ditemukan di Oregon satu dekade lalu berasal dari seekor kucing

Wabah pes yang pertama kali ditemukan di Oregon satu dekade lalu berasal dari seekor kucing

Berita

Seorang penduduk Oregon terjangkit penyakit pes untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade, dan kemungkinan besar tertular oleh kucingnya.

Seorang “penduduk lokal” di Deschutes County – sebuah daerah pedesaan di Oregon tengah – diyakini sebagai satu-satunya orang yang terinfeksi. Pejabat kesehatan mengumumkan Rabu.

Selain hewan peliharaan yang bergejala, itu saja.

“Semua orang yang melakukan kontak dekat dengan warga dan hewan peliharaannya telah dihubungi dan diberi obat untuk mencegah penyakit,” kata Dr. Richard Fawcett, petugas kesehatan Deschutes County, dalam sebuah pernyataan.

Kondisi orang tersebut dan kucingnya belum diketahui, namun para pejabat mengatakan kondisi tersebut didiagnosis dan diobati sejak dini, sehingga tidak menimbulkan risiko signifikan bagi masyarakat.

Wabah pes—yang terkenal melanda Eropa pada abad ke-14—dibawa oleh tupai, tupai, hewan pengerat liar lainnya, dan kutu mereka. Ketika hewan pengerat yang terinfeksi menjadi sakit dan mati, kutu dapat menularkan infeksi tersebut ke hewan lain atau manusia melalui gigitan.

Mereka yang terkena dampak menderita suhu tinggi, lesu, dan pembengkakan kelenjar getah bening yang disebut bubo. Gejala muncul antara dua hingga delapan hari setelah terpapar.

Para pejabat mengkonfirmasi minggu ini bahwa seorang penduduk Oregon terjangkit penyakit pes. Dr_Microbe – Stock.adobe.com

Meski belum ada vaksinnya, wabah penyakit dapat diobati dengan antibiotik jika terdeteksi sejak dini. Ini bisa berakibat fatal jika tidak ditangani.

Kasus yang terkonfirmasi ini adalah kasus pertama yang menimpa negara bagian tersebut sejak tahun 2015, ketika seorang gadis remaja tertular penyakit tersebut akibat gigitan kutu saat memancing.

Hanya ada sembilan kasus wabah pada manusia di Oregon sejak tahun 1995, dan tidak ada kematian yang dilaporkan.

Anak kucing kecil yang lucu dengan latar belakang abu-abu
Para pejabat mengatakan orang tersebut “kemungkinan besar” tertular oleh kucing peliharaannya. fantom_rd – Stok.adobe.com

Wabah pes sangat jarang terjadi di Amerika Serikat, dengan 5 hingga 15 kasus terjadi setiap tahun di negara-negara Barat, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

READ  Colorado wabah: 10 tahun meninggal sebagai pejabat kesehatan memperingatkan aktivitas wabah warn

Penyakit ini biasanya ditemukan di daerah pedesaan dan semi pedesaan di mana hewan pengerat liar lebih banyak ditemukan.

Para pejabat menyarankan masyarakat menghindari kontak dengan hewan pengerat liar, terutama hewan pengerat yang sakit atau mati, dan mereka tidak boleh memberi makan tupai atau tupai. Masyarakat juga harus menjauhkan hewan peliharaannya dari hewan pengerat liar untuk menghindari infeksi.

Muat lebih banyak…




https://nypost.com/2024/02/09/news/bubonic-plague-detected-in-oregon-for-first-time-in-decade-came-from-cat/?utm_source=url_sitebuttons&utm_medium=site%20buttons&utm_campaign =lokasi%20tombol

Salin URL berbagi