BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Walikota meletakkan karangan bunga di Indies Memorial

“Pembebasan tanpa pembebas” Walikota Tjabko Papens menyerukan diakhirinya perang untuk Hindia Belanda, sekarang (merdeka) Indonesia. Dia meletakkan karangan bunga atas nama kotamadya selama upacara peringatan di Indies Memorial di Broerspark pada hari Minggu. Kebetulan, tidak ada anggota dewan di sana. Jed Schmidt (VVD) dan Michael Becker (AVA) akan menjadi satu-satunya reporter. Sekali lagi Pappens mendasarkan teksnya pada bacaannya tentang semua jenis buku tentang Perang di Hindia dan kamp-kamp Jepang. Misalnya, itu merenggut empat juta nyawa dan Hindia Belanda adalah salah satu daerah yang terkena dampak terburuk di WW2.

Pembicara tamu adalah Willie Glorious-Johnson, 92 tahun (foto di bawah: percakapan dengan walikota), seorang penyintas djiteng kerudung wanita Jepang di Jakarta (saat itu Batavia). Jalannya diminta oleh Jepang dan keluarganya harus pergi ke kamp konsentrasi untuk wanita; Sebelum itu para pria dipenjarakan.

Terlindung

“Awalnya bagus. Kami dilindungi dan itu membuat kami merasa aman. Pagar kawat berduri dengan anyaman anyaman tikar berdiri di sekitar perkemahan. Suatu hari ‘gerbang’ di kawat berduri ditutup,” kenangnya. “Kami juga kehilangan barang-barang kami. Setiap keluarga memasak hidangannya sendiri. Dapur umum mulai beroperasi hanya setelah semua perabotan, jendela, dan pintu terbakar. Setiap hari kami harus menelepon dan membungkuk dua kali kepada komandan kamp.

Menderita

Clement Bouvens, presiden Masyarakat Peringatan Hindia Belanda untuk Korban dan Korban, berbicara mewakili walikota. Atas nama organisasi, ia memberikan penghormatan dengan meletakkan karangan bunga. “Kami mencerminkan penderitaan masyarakat Kepulauan Hindia-Belanda, semua warga Belanda, Indo-Eropa, Indonesia, Tionghoa, dan Maluku, kami memikirkan orang Papua, Romosja, dan wanita penghibur. Kami ingat semua korban kelaparan dan kekerasan di sana. , warga sipil yang kehilangan nyawa mereka selama periode yang mengerikan ini. Dan semua tentara tenang,” katanya.

READ  Pemain divisi pertama keluar dari negara-negara ini

Ukraina

Menurutnya, kebebasan tidak muncul dengan sendirinya. “Kami dapat mengalaminya dengan sangat dekat di Eropa pada akhir Februari tahun ini. Malam ini pikiran saya juga tertuju pada orang-orang Ukraina. Sangat membuat frustrasi melihat apa yang harus mereka lalui. Saya bertanya pada diri sendiri: mengapa?

Komisaris Raja di Belanda Utara dan sejumlah pejabat daerah, delegasi atas nama Kementerian Pertahanan dan perwakilan organisasi-organisasi Indo-Belanda juga hadir. Atas nama National Bond van Wapenbroeders, kepala petugas cadangan Jan Verwoerd berpartisipasi dalam empat misi luar negeri antara 1987 dan 2000. Soprano Merel Van Geest menyanyikan Doa Bapa Kami dan dua duet dari Wilhelmus. Banyak lagu rohani dapat ditemukan di dalamnya.