BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Warga negara Indonesia meminta pertanggungjawaban petugas pajak yang optimis

Warga negara Indonesia meminta pertanggungjawaban petugas pajak yang optimis

Pemberontakan populer sederhana pecah di Indonesia. Bukan di jalanan Jakarta tapi di media sosial. Selama beberapa minggu ini, petugas pajak di vila-vila mewah, pakaian mewah, dan mobil mahal menjadi sasaran ejekan digital oleh warga. Para pemeriksa pajak dan putra mereka membanggakan diri dengan gaya hidup yang menyaingi karakter dalam film tersebut Orang Asia Kaya Gilamereka pikir. Pegawai negeri yang kaya rayatulis surat kabar Indonesia Pos Jakarta. Aset mereka tidak sesuai dengan gaji yang terkait dengan posisi mereka. Dari mana semua uang ini berasal?

Setelah kasus Sambo tahun lalu mengungkap pelecehan polisi yang meluas, kini ada lembaga pemerintah lain yang tampaknya sama korupnya. Sekarang tampaknya pegawai otoritas pajak telah mampu memperkaya diri mereka sendiri melalui praktik pencucian uang hampir tanpa hambatan selama bertahun-tahun. Menurut Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfouz, hampir €19 miliar kekayaan pribadi dan rekening sekitar 460 pejabat pajak telah ditandai mencurigakan sejak 2009. Hal itu dikatakannya dalam konferensi pers pekan lalu. Dia bertanya mengapa penyelidikan skala penuh tidak dilakukan lebih cepat.

Puluhan pejabat pajak yang diduga mengambil aset secara ilegal telah ditangkap

Skandal itu dimulai pada akhir Februari ketika foto putra inspektur pajak Rafael Alon Trisampodo muncul di Internet, Mario Dande Satriu (20), menendang seorang siswa berusia 17 tahun. Korban, mantan pacar Satorio, dalam keadaan koma. Investigasi orang Indonesia segera menemukan video gaya hidup mewah putra inspektur yang tidak biasa. Dengan bangga ia memamerkan Harley Davidson miliknya. Ia juga memamerkan Jeep Wrangler Rubicon, mobil yang bobotnya lebih dari satu ton. Dengan marah, pencarian dilanjutkan. Penyelidik online telah menemukan lebih banyak keluarga pejabat pajak dibiarkan menggantung lebar dengan curiga. Misalnya, putri pemeriksa pajak daerah Andy Pramono memposting foto selfie dengan baju mahal, baju seharga ribuan euro. Dan bagaimana ayahnya membayar vilanya yang bernilai jutaan dolar? Klub motor eksklusif yang dipimpin petinggi pajak Soryu Otomo itu juga memicu kemarahan.

READ  Ini dia film perang terbaik tahun 2021

Panggilan untuk moderasi

Ada banyak keributan Tanggapan dari Presiden Joko Widodo, juga dikenal sebagai Jokowi, tidak boleh dilewatkan. Dia menyatakan bahwa menunjukkan uang adalah kesombongan, dan menyerukan moderasi. “Saya harap ini bukan ajakan untuk kemewahan secara diam-diam, tapi indikasi bahwa asal usul kemakmuran diselidiki dengan baik,” saya perhatikan Pos Jakarta akurat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, sekutu Jokowi, juga dikritik habis-habisan. Ia membubarkan klub motor PNS tertinggi Otomo. Pada saat yang sama, saya meminta Anda untuk membayar pajak Anda. Seperti di Belanda, Maret adalah bulan pengembalian pajak di Indonesia. Ini membuatnya mendapatkan rentetan cemoohan dan tuduhan di Twitter. Investigasi kini telah dimulai. Puluhan pejabat pajak yang diduga mengambil aset secara ilegal telah ditangkap dan harus bertanggung jawab kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Namun prosesnya sejauh ini tidak berjalan mulus. Sudah di awal bulan, KPK menyatakan sulit mengumpulkan bukti bahwa kekayaan itu dipungut secara tidak sah. Misalnya, ternyata urusan keuangan Trisambodo yang menyatakan aset tak kurang dari 3,6 juta euro sudah diperiksa. Namun karena kurangnya bukti, kasus itu dibatalkan disebutkan KPK.

Pertanyaan besarnya sekarang adalah: Apakah kali ini akan ada pembersihan besar-besaran? Isu tersebut sangat tidak nyaman bagi Jokowi yang berada di penghujung masa jabatan terakhirnya. Jokowi berkomitmen untuk membangun ibu kota baru, Nusantara, di Pulau Kalimantan, yang dianggapnya sebagai warisan terpentingnya. Indonesia hanya membiayai sebagian kecil dari pembangunan kota. Lebih dari 80 persen pembiayaan, sekitar $34 miliar, harus berasal dari luar negeri. Dia saat ini melakukan semua yang dia bisa untuk menarik investor asing. Skandal korupsi besar bisa membuat investor ragu. Indonesia terkenal dengan birokrasi, proses yang lambat, penyuapan dan korupsi. Transparency International telah melaporkan bahwa korupsi meningkat, terutama di masa jabatan kedua Jokowi, terlepas dari niat dan janji presiden. Indonesia turun dari peringkat 96 ke peringkat 110 dalam skala korupsi di 180 negara pada 2022.

READ  Abigail Raya Model Indonesia Celik Wanita Jatim 2023, Sussex Bearkat Decibelin

Gedung kantor pajak di ibukota Indonesia, Jakarta. Foto oleh Willy Kurniawan/Reuters

Undang-undang antikorupsi

Menurut Arya Fernandez, seorang profesor ilmu politik di think tank Indonesia CSIS, ini bukan kebetulan. Pasalnya, mandat Komisi Pemberantasan Korupsi yang dibentuk pasca jatuhnya otokrat Suharto, sebagian besar dicabut pada 2019 karena reformasi legislatif. Nota bene dipimpin oleh Jokowi sendiri. “Jokowi adalah pemimpin populis,” kata Fernandez melalui telepon. Dia berjanji untuk memerangi korupsi, tetapi dia juga ingin berinvestasi dalam infrastruktur dan kemakmuran ekonomi. Untuk mencapai hal itu, Jokowi membutuhkan kerja sama pengusaha lokal. “Di Indonesia, korupsi terkuat dalam pemilu.” Fernandez menjelaskan. “Karena dengan begitu janji dibuat dengan imbalan dukungan politik, dan kemudian harus ditepati.” Undang-undang korupsi yang kuat mencegah hal ini.

Meski undang-undang antikorupsi lemah, Fernandez mengatakan kemajuan telah dicapai sejak jatuhnya Suharto. Penelitian menunjukkan bahwa korupsi di bidang pendidikan, kesehatan, manajemen menengah publik, dan rantai birokrasi terbawah telah berkurang. Kebanyakan korupsi ada di atas.” Pertanyaannya adalah apakah itu sangat meyakinkan.

Karena di Indonesia jurang antara si kaya dan si miskin semakin melebar. Menurut Oxfam Indonesia menempati urutan keenam dunia dalam hal ketimpangan kekayaan. Empat orang terkaya Indonesia memiliki kekayaan lebih dari 100 juta orang miskin Indonesia. Sepuluh persen dari 280 juta penduduk Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan.

Ilmuwan politik Fernandez melihat harapan pada generasi baru. “Jangan lupa: pada 2019 dan 2020 ada perlawanan rakyat yang besar, terutama di kalangan anak muda, terhadap pelemahan undang-undang antikorupsi. Saya yakin isu korupsi akan memainkan peran besar dalam pemilu mendatang. Pemilih muda akan memilih anti -kandidat korupsi.”

Mario Dandy Satrio ditangkap bersama salah satu pelaku. Mereka bisa dihukum lima tahun penjara karena menyerang anak di bawah umur. Aktivis internet sedang memantau prosesnya. Mereka ingin mencegah putra orang kaya itu lepas begitu saja.

READ  Sedikitnya 13 orang tewas dalam letusan gunung berapi