BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Wilayah Wadden terancam oleh kenaikan permukaan laut | NOS

Proyeksi kenaikan permukaan laut dapat memiliki konsekuensi yang mengerikan bagi Laut Wadden. Ketinggian dapat menenggelamkan dataran lumpur secara permanen. Jika itu terjadi, segala sesuatu yang didasarkan pada dataran lumpur itu akan hilang.

Ini adalah pandangan Katja Philipart, direktur Akademi Wadden, profesor di Universitas Utrecht dan peneliti di NIOZ. Banyak spesies tiram dan cacing dapat ditemukan di Wadden, yang merupakan makanan bagi burung-burung yang bermigrasi. “Bagi burung-burung itu, area ini penting untuk bisa bertahan dalam penerbangan panjang mereka,” kata Philipart.

Dataran lumpur dapat tumbuh seiring dengan naiknya permukaan laut. Satu-satunya pertanyaan adalah apakah pertumbuhan dapat mengimbangi peningkatan yang diharapkan.

Lebih banyak ancaman

dari kenaikan permukaan laut Dia bukan satu-satunya ancaman bagi Waden. Dalam beberapa tahun terakhir, gelombang panas khususnya tampaknya menjadi masalah. Di musim panas, dengan sedikit angin timur dan suhu tinggi, dataran pasang surut yang mengering lebih lama menjadi panas dengan cepat, membunuh tiram dan mengurangi makanan hewan yang bergantung padanya.

Selain itu, dalam periode kekeringan yang semakin sering, semakin banyak tempat di Belanda yang berusaha menahan air lebih lama di daratan. Tetapi karena Laut Wadden juga bergantung pada persediaan air tawar, ini tidak cocok untuk cagar alam. “Semua proyek untuk menyimpan lebih banyak air ini dilakukan di belakang mereka di Laut Wadden,” kata Katja Philipart.

dua derajat

Selama satu abad terakhir, Laut Wadden dan Laut Utara telah menjadi dua derajat lebih hangat, tambah peramal NOS Peter Kuipers Monecki. “Ini berarti pemanasan Laut Wadden sejalan dengan pemanasan global. Namun, Laut Wadden memanas lebih cepat daripada rata-rata laut di seluruh dunia.”

READ  Rumor: Samsung membuat Galaxy A33 tahan air dan debu - tablet dan ponsel - berita