BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Yunani berbicara tentang pembajakan setelah Iran menyita kapal tanker minyak

Yunani menanggapi dengan reaksi marah atas penyitaan Iran atas dua kapal Yunani hari ini. Departemen Luar Negeri berbicara tentang “tindakan pembajakan.”

Pengawal Revolusi Iran menangkap dua kapal tanker minyak di Teluk Persia. Helikopter tentara mendarat di geladak dan mereka yang ada di dalamnya ditangkap. Para kru dituduh melakukan kesalahan, tetapi tidak jelas dari pernyataan Pengawal Revolusi apa sebenarnya kesalahan yang mereka lakukan.

tindakan balas dendam

Tampaknya ini adalah pembalasan atas penyitaan kapal Iran bulan lalu di perairan Yunani atas permintaan Amerika Serikat. Teheran sebelumnya mengancam akan menghukum Athena atas keterlibatan Yunani dalam insiden itu. Menurut Amerika Serikat, minyak itu disita dari kapal Iran sebagai bagian dari “campur tangan kriminal”.

Belum jelas berapa banyak orang yang berada di dalam dua kapal tanker Yunani itu. Menurut Kementerian Luar Negeri Yunani, setidaknya ada tujuh orang Yunani di satu kapal dan sejumlah warga yang tidak diketahui di kapal lain. Orang-orang dari negara lain juga melakukan perjalanan dengan kapal tanker minyak.

Yunani menuntut pembebasan segera orang-orang yang ada di dalamnya. Jika tidak, Kementerian Luar Negeri mengancam, itu akan memiliki “konsekuensi yang sangat negatif” bagi hubungan bilateral antara kedua negara, dan dengan Uni Eropa secara keseluruhan.

negosiasi macet

Di latar belakang, meningkatnya ketegangan antara Barat dan Iran ketika negosiasi untuk kesepakatan nuklir baru goyah. Kedua belah pihak tidak dapat menyetujui perjanjian baru di mana Iran membatasi ambisi nuklirnya dengan imbalan konsesi ekonomi dan pencabutan sanksi.

Iran sering menyita kapal tanker minyak di Teluk Persia. Para ahli melihat ini sebagai cara Teheran untuk memberikan tekanan tambahan pada negosiasi, dalam hal ini mengenai kesepakatan nuklir baru.

READ  Corona jenis baru di Afrika Selatan, pembatasan perjalanan yang diberlakukan oleh Inggris dan Israel