BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Yunani memperkenalkan vaksin wajib untuk orang berusia di atas 60 tahun

© AFP

Yunani mewajibkan vaksinasi corona untuk semua warga negara berusia 60 tahun ke atas. Pengumuman itu dibuat oleh Perdana Menteri Griagos Mitsotakis pada hari Selasa. Ini menjadikan Yunani negara kedua di Uni Eropa yang mewajibkan vaksin corona untuk sebagian besar populasi, setelah Austria.

Bukti: Reuters

Yunani juga mengalami gelombang keempat yang kuat. Dalam beberapa hari terakhir, rata-rata sekitar 6.500 infeksi baru telah dilaporkan per hari dan jumlah kematian harian adalah 100 ke atas. Sebagai perbandingan: di negara kita dengan populasi yang kira-kira sama, sejumlah besar infeksi saat ini tercatat, tetapi jumlah kematian akibat corona sekarang setengah dari di Yunani.

Ketakutan akan variasi Omigran menyebar di semenanjung, mendorong pemerintah Yunani untuk mengambil keputusan drastis. Setiap penduduk berusia 60 tahun atau lebih harus divaksinasi. Aturan baru mulai berlaku pada 16 Januari. Siapa pun yang gagal mematuhi kewajiban akan didenda 100 euro.

Tingkat vaksinasi di Yunani jauh lebih rendah daripada di negara kita. 63% dari total populasi telah divaksinasi dua kali, tetapi dalam beberapa minggu terakhir banyak orang Yunani telah memutuskan untuk divaksinasi.

“Kami fokus untuk melindungi sesama warga kami yang rentan, itulah mengapa mereka harus divaksinasi,” kata Perdana Menteri Yunani Grigo Mitsodakis setelah rapat kabinet pada Selasa.

Austria menjadi negara Eropa pertama yang mewajibkan vaksin corona untuk seluruh penduduk pada pertengahan November, mulai 1 Februari. Indonesia, Mikronesia, Tajikistan dan Turkmenistan telah memperkenalkan vaksinasi wajib untuk semua penduduk. Di negara kita, tugas vaksinasi diperkenalkan untuk petugas kesehatan. Vaksinasi wajib bagi seluruh penduduk belum mendapat dukungan politik.

Baca lebih lajut. Lockdown dan vaksinasi wajib di Austria: apakah seburuk itu? Bagaimana dengan perjalanan ski saya?

(Zorro)

READ  2x: Minumlah seleramu untuk Indonesia sangat tenang