BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Air bersih di pusat kota Lama Jakarta dari Drenthe Company

Air bersih di pusat kota Lama Jakarta dari Drenthe Company

Pemerintah ibu kota Indonesia, Jakarta, ingin memberikan renovasi pada pusat kota tua Kota Tua – bekas Batavia. Engeldot-Water dari Hoogeveen akan menyediakan sungai bersih dan air minum.


Rencananya, kawasan sepanjang 600 meter di sepanjang Sungai Crocut akan diubah menjadi ruang rekreasi umum modern: Taman Kale Besar. Hal ini dilakukan berdasarkan konsep “smart green city”. Perusahaan Engeldot-Water di Drenthe bertugas mengubah air sungai kotor dan limbah menjadi air minum bersih.

“Inilah spesialisasi kami,” kata direktur Joachim van Engelhoven dari Jakarta sebelum menandatangani kontrak. “Perusahaan saya berupaya mengubah air limbah menjadi air minum dan menggunakan kembali limbah.” Engeldot-Water mengelola semuanya sendiri bekerja sama dengan mitra Indonesia, kata van Engelenhoven. “Kami akan memproduksi air minum sendiri. Akan ada fasilitas yang mampu memurnikan seribu liter air tercemar per detik. Kami sedang membangun mesin di Hoogeveen, yang akan dikirim ke Jakarta pada bulan Januari.

Menurut Van Engelenhoven, para pemangku kepentingan di Indonesia sangat antusias. “Banyaknya orang yang menghadiri penandatanganan membuktikan hal itu.” Ini bukan satu-satunya proyek air minum perusahaannya di Indonesia. “Kami telah bekerja di Indonesia selama satu setengah tahun. Kami sedang mengerjakan proyek serupa di berbagai tempat lain.”

Proyek di Jakarta ini sejalan dengan kerjasama erat di bidang perairan antara Belanda dan Indonesia. Hal ini kini mendapat perhatian tambahan karena misi perdagangan besar yang melibatkan Perdana Menteri Rutte dan Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Schulz van Haijn. Lebih dari lima puluh perusahaan dari sektor perairan dan maritim melakukan perjalanan sepanjang perjalanan tersebut.

Pemerintah kedua negara sepakat untuk mengintensifkan kerja sama mereka. Misalnya, Pelabuhan Rotterdam akan berpartisipasi dalam pengembangan pelabuhan di Jakarta dan insinyur hidrolik Belanda akan membantu memperkuat pantai Jawa Tengah. Di Kota Semarang, stasiun pompa di kawasan Banger Boulder resmi diresmikan kemarin (22 November). Stasiun pompa ini dibangun dengan bantuan Dewan Air Belanda dan memastikan 84.000 orang tetap kering di area yang sebelumnya tergenang air.

READ  "Kelayakan ekonomi yang besar untuk menanam vanili di rumah kaca"