BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Akankah pasar saham mendapat dorongan dari The Fed, atau dapatkah bears lepas landas?

Dengarkan versi audio dari artikel ini di bawah ini


  • Pasar saham di Eropa dan AS terpukul keras minggu ini.
  • Pertanyaannya adalah apakah investor tidak mengikuti perkembangan aktual dalam hal kebijakan suku bunga bank sentral.
  • Pakar pasar saham Michael Nabarro dan Gokhan Erim menunjukkan bahwa tekanan harga turun saat ini membuat lebih sulit untuk segera kembali ke rekor pasar saham baru-baru ini.

Analisis – Bears bangun di pasar saham minggu ini. Harga saham turun di seluruh dunia setelah Wall Street mengalami pembalikan negatif sejak Rabu setelah awal yang positif.

Saham seperti layanan streaming Netflix terpukul keras, diikuti oleh saingannya Disney. Tapi raksasa teknologi Amazon dan Meta juga tidak bisa lepas dari malaise.

Kebijakan moneter yang lebih ketat oleh Federal Reserve dan ketegangan antara AS dan Rusia juga membebani sentimen pasar saham.

Pelancong teratas dengan cepat tersingkir dari sudut teknologi tahun lalu: di mana ada keuntungan, Anda memiliki peluang untuk menguangkan, atau begitulah yang dipikirkan orang.

Fenomena penting yang harus diperhatikan mengingat kekuatan pergerakan pasar saham saat ini adalah sejauh mana investor menggunakan uang pinjaman. Di masa pandemi Corona, banyak spekulasi soal pinjaman murah di periode dengan suku bunga yang sangat rendah. Permainan ini menjadi kurang menarik jika biaya pinjaman naik akibat suku bunga yang lebih tinggi.

Bagan di bawah ini menunjukkan evolusi dari apa yang disebut margin utang Ini adalah uang yang dapat dipinjam investor dari broker untuk membuat kesepakatan. Pengaruh leverage terhadap investasi dengan uang pinjaman memang memberikan efek positif di masa pandemi Corona, namun hal sebaliknya juga bisa terjadi.

Fenomena ini juga mempengaruhi cryptocurrency, karena ada banyak spekulasi tentang dana pinjaman. Oleh karena itu suku bunga yang lebih tinggi tidak membantu. Bitcoin jatuh ke level terendah dalam lebih dari lima bulan minggu ini.

READ  'Mungkin kita harus memindahkan orang'

Untuk pasar cryptocurrency, regulasi adalah faktor penting lainnya, seperti yang dikatakan Bank Sentral Rusia pada hari Kamis Untuk melarang penambangan cryptocurrency. Dengan ini dikatakan, Rusia tampaknya menuju ke China, yang sebelumnya mendukung larangan total penggunaan cryptocurrency.

Ekspektasi suku bunga bank sentral dan pasar keuangan bervariasi

Tingkat suku bunga, terutama di AS, akan terus meningkat pada periode mendatang yang penting bagi pasar saham. Bagaimanapun, ini menentukan seberapa cepat daya tarik relatif saham akan berubah dibandingkan sekuritas pendapatan tetap dengan profil risiko yang lebih rendah.

Hebatnya, investor mengandalkan tindakan lebih cepat dari bank sentral daripada yang disarankan oleh pembuat kebijakan itu sendiri.

Hal ini terlihat dari apa yang disebut ‘Plot point’ dari risalah Fed Federal Reserve memperkirakan suku bunga utama menjadi 2,125% pada akhir 2024. Sebaliknya, pasar keuangan mengharapkan jalur kenaikan yang lebih tajam, dengan kemungkinan kenaikan 0,5 poin persentase pada awal Maret.

Perbedaan ekspektasi menunjukkan bahwa bank sentral masih tampak skeptis tentang tindakan terburu-buru yang perlu mereka ambil untuk menahan inflasi. Mungkin karena mereka bertanya-tanya apakah ekonomi mereka dapat menangani serangkaian kenaikan harga yang cepat.

Di AS, pasar khawatir bahwa Fed “mengecilkan” inflasi, tetapi pertanyaannya adalah apakah investor benar dalam hal ini, mengingat ketidakpastian ekonomi utama. Jadi Anda harus ingat bahwa itu juga bisa lebih baik dari yang diharapkan dalam hal kenaikan suku bunga.

Ambil contoh Cina: di negara itu, bank sentral memiliki Suku bunga diturunkan beberapa hari yang laluYa, Anda membacanya dengan benar. Pertumbuhan ekonomi mengecewakan. Hal ini antara lain karena kebijakan penguncian yang ketat, yang sangat penting di Tahun Baru Imlek. Ini bisa menciptakan kemacetan baru dalam rantai pasokan.

READ  Perbedaan antara hasil tinggi dan utang pasar negara berkembang sangat lebar

Apa yang terjadi pada inflasi jika terjadi perlambatan pertumbuhan sangat penting bagi Amerika Serikat dan Eropa: apakah harga akan turun setelah itu juga? Ataukah inflasi akan tetap menjadi masalah karena adanya gangguan pada sisi penawaran ekonomi?

Dalam kasus terakhir, bank sentral menemukan diri mereka dalam posisi yang sulit, jika mereka harus memilih antara memerangi inflasi yang tinggi dan merangsang pertumbuhan ekonomi. Kemudian pasar saham juga bisa mengambil langkah mundur dengan cara yang lebih serius.

Pekan depan, investor akan memberikan perhatian ekstra pada pertemuan kebijakan Federal Reserve, di mana bank sentral AS harus mengklarifikasi jalan mana yang harus diambil. Apakah inflasi lebih penting atau kita melihat ketidakstabilan pasar?

Ketegangan sekarang mulai untuk pasar saham. Pasar saham telah menunjukkan tren naik yang panjang sejak Maret 2020, dengan pepatah lama selalu “beli saat harga rendah”. Periode mendatang akan menunjukkan jika kita akan mendapatkan sesuatu yang lain dalam daftar: “Jual Keras”.

Indeks S&P 500: Gambaran teknis telah memburuk secara signifikan

Di bawah ini kita melihat Indeks S&P 500 yang luas. Pada hari Jumat, indeks ditutup di bawah 4.400 poin.

Ini di bawah area support penting di 4.500 poin, serta harga rata-rata 200 hari, yang harganya belum pernah turun sejak Juni 2020.

Oleh karena itu, penutupan yang lemah minggu ini menunjukkan bahwa fase koreksi belum mencapai tingkat yang berlebihan, dengan pemburu barang murah atau orang yang optimis terus-menerus tersedot ke dalam.

Dengan cara ini, kemungkinan bagian atas yang lebih rendah setelah bagian bawah terbentuk hanya meningkat dan membuat sulit untuk segera kembali ke posisi tertinggi yang lama.

READ  Jadestone Energy mempertahankan target produksi dan belanja modal

Di antara semua nomor perusahaan, pasar akan Selasa dan Rabu depan Dapatkan sinyal penting dari bank sentral AS: Apakah inflasi merupakan prioritas dan apakah Fed menerima ketidakstabilan pasar saat ini, atau sebaliknya?

Michael NabarroTeknisi Pasar Bersertifikat (CMT), Gokan Erim, serta CMT, adalah profesional investasi independen, keduanya dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di sektor keuangan. Dengan pengetahuan yang komprehensif dan pengalaman yang luas, mereka melayani investor profesional dan swasta berdasarkan metode investasi yang aktif dan terbukti secara sistematis.

Kolom ini berisi pendapat dan temuan penulis. Nilai keuangan yang disebutkan dalam tulisan ini dapat menjadi bagian dari investasi penulis serta hubungan di antara mereka.

Kolom ini tidak dimaksudkan untuk memberikan saran dengan cara apa pun dan ditujukan untuk informasi non-pribadi tentang pasar keuangan.