BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Alitalia harus membayar – perjalanan bisnis

Maskapai penerbangan Alitalia yang bangkrut belum membayar bantuan pemerintah sebesar 900 juta euro. Ini diputuskan oleh Komisi Eropa pada hari Jumat. Pertanyaannya adalah dari mana uang ini akan datang.

Komisioner Kompetisi Eropa, Margrethe Vestager, telah melakukan penyelidikan terhadap Alitalia sejak 2018 dan kini sampai pada kesimpulan bahwa bantuan dari 2017 itu ilegal. 900 juta yang kemudian diterima perusahaan, dalam dua pembayaran, menghasilkan keuntungan pasar yang tidak adil, menurut Vestager. Sudah jelas dari awal bahwa itu buang-buang uang, menurut komisaris Eropa, karena Alitalia tidak akan pernah bisa menghasilkan keuntungan. Rival Ryanair juga telah berulang kali memperdebatkan hal ini dan sekarang telah terbukti benar.

Al Thalia yang telah mengalami kesulitan keuangan selama beberapa dekade dan telah beberapa kali bangkrut, menerima uang dari pemerintah untuk terakhir kalinya pada tahun 2017, kemudian dalam bentuk “pinjaman bertahap”. Alitalia masuk ke kurator dan rencananya adalah mencari pemegang saham baru yang akan mengambil alih semua hutang dan pinjaman. Tidak ada yang datang dari itu.

Alitalia sekarang akan menghilang secara permanen dan bulan depan akan digantikan oleh ITA, Italia Trasporto Aereo (ITA). Sejauh Komisi Eropa yang bersangkutan, perusahaan baru dapat memulai dengan yang bersih dan tidak harus mengeluarkan utang. Tetapi perusahaan lama Alitalia masih harus membayar €900 juta, menurut Brussels, karena aturan bantuan negara telah dilanggar.

Tidak jelas bagaimana ini harus bekerja dalam praktek. Menurut definisi, perusahaan yang bangkrut tidak dapat membayar kembali. Jadi keputusan Komisi Eropa itu terkesan lebih formal. Sementara itu, Brussels telah mengizinkan otoritas TI untuk memulai dengan subsidi sebesar 1,35 miliar euro. Vestager berpendapat bahwa ITA dapat diharapkan untuk menghasilkan keuntungan, sehingga subsidi awal dibenarkan, dia percaya.

READ  Opini: Keterlibatan Belanda dalam perbudakan dimulai di kepulauan Indonesia

Foto © Unsplash / Miguel Angel Sanzo