BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Aljazair menutup wilayah udara Maroko karena perselisihan diplomatik

Aljazair menutup wilayah udaranya untuk semua pesawat militer dan sipil yang datang dari Maroko. Pihak berwenang Aljazair mengumumkan tindakan itu karena “provokasi berkelanjutan dan praktik permusuhan” di negara tetangga. Bulan lalu, Aljazair memutuskan hubungan diplomatik dengan Maroko.

Pemerintah Maroko di Rabat belum memberikan tanggapan resmi. Sebuah sumber di Royal Air Maroc, maskapai nasional Maroko, mengatakan bahwa penutupan wilayah udara tidak akan memiliki konsekuensi serius. Sekitar lima belas penerbangan seminggu sekarang harus dialihkan melintasi Mediterania.

poin yang disengketakan

Hubungan antara negara-negara Afrika Utara telah buruk selama beberapa dekade. Ini ada hubungannya dengan Sahara Barat, antara lain. Maroko mencaplok wilayah itu pada 1970-an dan Rabat menganggapnya sebagai Maroko. Front Polisario juga aktif dalam gerakan kemerdekaan di Sahara Barat, yang memperjuangkan kemerdekaan. Gerakan ini mendapat dukungan dari Aljazair dan pemimpinnya, Ibrahim Ghali, tinggal di Aljazair.

Sebaliknya, Aljazair menuduh Maroko mendukung gerakan separatis MAK, yang menginginkan otonomi di wilayah Kabylie (Aljazair utara). Aljazair telah menetapkan gerakan itu sebagai organisasi teroris. Pada bulan Juli, Aljazair menarik duta besarnya dari Maroko karena dukungan duta besar Maroko untuk PBB untuk MAK.

Perbatasan antara kedua negara telah ditutup sejak 1994, tetapi hubungan diplomatik telah terjalin sejak akhir 1980-an.

READ  NATO membuat awal yang baru, dan Biden mengirim | di luar negeri