BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Amerika Serikat kembali mengebom pangkalan milisi pro-Iran di Suriah

Amerika Serikat kembali mengebom pangkalan milisi pro-Iran di Suriah

Berita Noos

Untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari dua minggu, Amerika Serikat mengebom gudang milisi di Suriah yang diyakini terkait dengan Garda Republik Iran. Menurut Menteri Pertahanan Austin, hal ini terjadi karena pasukan AS di Irak dan Suriah hampir setiap hari diserang oleh milisi tersebut dengan rudal dan drone.

Austin mengancam dalam pernyataan persnya: “Jika Iran dan sekutunya tidak berhenti menyerang pasukan kami, kami tidak akan ragu untuk mengambil langkah lebih lanjut.”

Gudang yang diserang terletak di Suriah timur, namun lokasi pastinya belum diketahui. Dikatakan bahwa senjata disimpan di sana yang digunakan untuk melawan pasukan Amerika. Pengeboman tersebut dilakukan oleh dua jet tempur F-15, Austin melaporkan, namun tingkat kerusakannya tidak diketahui.

Drone dan rudal

Pada tanggal 27 Oktober, Amerika Serikat juga menyerang dua depot senjata di Suriah. Menurut Amerika Serikat, pasukannya di Suriah dan Irak telah diserang setidaknya 40 kali dengan drone dan rudal sejak perang antara Hamas dan Israel dimulai lebih dari sebulan lalu. 45 tentara Amerika terluka dalam serangan tersebut.

Pasukan AS dikatakan telah diserang dengan kekerasan sejak 17 Oktober, hari ketika ledakan besar terjadi di Rumah Sakit Al-Ahli di Gaza. Hal ini pada awalnya tampak seperti serangan Israel dan menyebabkan kemarahan besar di negara-negara tetangga Israel, namun kerusakan rudal dari Gaza sendiri kemudian terbukti menjadi penjelasan yang masuk akal atas ledakan tersebut.

READ  G7 menginginkan dukungan jangka panjang untuk Ukraina dengan sarana militer