BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Anda dapat menambah 10 tahun dalam hidup Anda hanya dengan mengubah pola makan, demikian temuan sebuah penelitian besar: ScienceAlert

Anda dapat menambah 10 tahun dalam hidup Anda hanya dengan mengubah pola makan, demikian temuan sebuah penelitian besar: ScienceAlert

Setiap kali kita lapar atau mengidam, kita punya pilihan: mengonsumsi makanan yang menurut kita baik, atau mencari makanan yang menenangkan. Pilihan-pilihan ini tidak selalu mudah atau memungkinkan, namun penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan sehat dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan — terutama dalam jangka panjang.

Sebuah studi baru yang menganalisis data pola makan dan dampak kesehatan bagi hampir setengah juta penduduk Inggris menemukan bahwa beralih ke pola makan sehat – dan menaatinya – dapat menambah usia hidup Anda hingga 10 tahun. Kabar baik! Jika Anda mampu membelinya.

Tim yang dipimpin oleh Lars Vadnes, peneliti kesehatan masyarakat di Universitas Bergen di Norwegia, memodelkan harapan hidup 467.354 orang yang mendokumentasikan kebiasaan makan mereka sebagai bagian dari pola makan jangka panjang. Biobank Inggris Penelitian dimulai pada tahun 2006.

Para peneliti mengelompokkan peserta berdasarkan pola makan mereka dan mengamati bagaimana mereka berubah seiring waktu. Mereka mengidentifikasi orang-orang yang merupakan pemakan makanan normal dan tidak sehat, serta orang-orang yang asupan makanannya sesuai dengan apa yang mereka makan di Inggris. Panduan Makan Dan orang lain yang mengonsumsi makanan yang oleh para peneliti disebut diet umur panjang.

Setelah disesuaikan dengan kebiasaan merokok, alkohol, dan aktivitas fisik, para peneliti menemukan bahwa pria dan wanita berusia 40 tahun yang melakukan perubahan berkelanjutan dari mengonsumsi makanan tidak sehat menjadi mengikuti rekomendasi Panduan Eatwell memperoleh harapan hidup hampir 9 tahun.

Mereka yang meninggalkan minuman manis dan daging olahan dan memilih pola makan kaya biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan ikan dalam jumlah sedang (yang disebut pola makan umur panjang) menambah 10 tahun harapan hidup mereka.

READ  SpaceX Cargo Dragon berhasil merapat di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Peningkatan harapan hidup yang lebih kecil terjadi pada orang-orang yang awalnya mengonsumsi makanan rata-rata dan mereka yang memperbaiki kebiasaan makannya di kemudian hari.

“Semakin besar perubahan yang dilakukan terhadap pola makan yang lebih sehat, semakin besar pula harapan hidup yang diharapkan,” kata tim tersebut. menjelaskan dalam makalah mereka yang diterbitkan.

“Tidak mengherankan, peningkatan harapan hidup yang diharapkan lebih kecil ketika perubahan pola makan dimulai pada usia yang lebih tua, namun hal ini tetap signifikan.”

Para peneliti menemukan bahwa orang berusia 70 tahun masih dapat memperpanjang harapan hidup mereka sekitar 4 hingga 5 tahun jika mereka melakukan perubahan berkelanjutan dalam pola makan sehat, baik menurut Eatwell Guide atau ‘Longevity Diet’.

Penelitian lain sebelumnya menunjukkan bagaimana pola makan sehat yang berbeda yang mencerminkan pedoman diet dikaitkan dengan rendahnya risiko kematian dini di kalangan warga AS.

Meskipun analisis baru ini mengamati Inggris dan memperluas cakupan geografis penelitian tersebut, peringatan yang sama berlaku seperti halnya data tingkat populasi lainnya.

Misalnya, Biobank Inggris tidak mengukur konsumsi beras, yang khususnya penting bagi banyak kelompok imigran, sehingga hasilnya tidak dapat digeneralisasikan untuk semua orang.

Kumpulan data di Biobank Inggris juga sebagian besar menggambarkan orang-orang dari latar belakang sosio-ekonomi Eropa kelas menengah hingga atas yang berkulit putih.

Peneliti juga Dia menyetujuinya Meskipun analisis mereka mengamati perubahan pola makan yang berkelanjutan, “mempertahankan perubahan gaya hidup seiring waktu dengan perbaikan pola makan bisa jadi sulit, dan bagi banyak orang, pola makan berfluktuasi seiring waktu.”

Bagi yang lain, tantangannya bukanlah motivasi, namun akses. Otoritas kesehatan mungkin menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi makanan yang sehat, namun akses terhadap makanan yang terjangkau dan bergizi merupakan masalah kesehatan masyarakat yang sistemik dan dapat diatasi dengan kebijakan pemerintah.

READ  Para ilmuwan menemukan fosil laba-laba dinosaurus "raksasa" di Australia

Para peneliti menekankan peran pajak dan subsidi pangan, yang bertujuan untuk menjadikan makanan sehat lebih mudah diakses oleh semua orang dibandingkan dengan pilihan yang tidak sehat. Sebuah studi pada tahun 2017 memperkirakan bahwa kebijakan mengenakan pajak terhadap barang-barang tidak sehat seperti minuman manis sambil memberikan subsidi pada pilihan makanan sehat dapat menyelamatkan 60.000 nyawa di Amerika Serikat setiap tahunnya.

Memperbaiki lingkungan pangan di sekolah dan tempat kerja dengan menghilangkan mesin penjual otomatis dan menawarkan pilihan makanan yang lebih sehat dapat membawa perubahan nyata terhadap kesehatan masyarakat – dan juga planet bumi.

Studi ini dipublikasikan di Makanan alam.