BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Anda mencari kakek Anda dari 4400 dari Brabant bernama Van Dienen

Yuta (43) dari Indonesia sedang mencari kakeknya yang berkebangsaan Belanda, yang menurutnya berada di Brabant. Jurnalis dan silsilah penghobi Maureen Welsher membantu menemukan keluarga terkait. Ini ternyata lebih sulit dari yang diharapkan, karena ada lebih dari 4400 orang dengan nama keluarga Van Dienen di Brabant.

Kakeknya datang ke Indonesia pada masa Perang Kemerdekaan. Di sana ia memiliki seorang anak dengan seorang wanita Indonesia. Ketika perang berakhir dan Indonesia merdeka, tentara terpaksa kembali ke Belanda.

Dengan cara ini, ribuan tentara Belanda meninggalkan ibu hamil dan anak kecil di Indonesia. Seperti Yuda, banyak anak dan cucu Indo-Belanda yang masih mencari keluarganya.

tes DNA
Maka Yuda mendekati Maureen Welsher dari Indonesia. Sebagai ahli silsilah hobi ia mempelajari pohon keluarga dan hubungan. Maureen terlibat dengan keluarga yang memiliki banyak kesamaan dengan ayahnya (almarhum). “Dia berada di Indonesia pada waktu yang tepat, persis di mana ibu Yehuda tinggal,” katanya.

Dia mengajukan banding menanyakan apakah ada orang yang akan segera bepergian ke Indonesia dan ingin membawa kit DNA. Di sana jalan buntu: tes DNA menunjukkan bahwa pria ini tidak terkait dengan Yehuda.

Trek baru
Gejala baru muncul dari eksperimen, yang membawa keluarga ke Brabant. Nama Van Dynen berasal dari pengujian sebagai kerabat tingkat pertama. “Derajat pertama harus ayah atau kakek, dan gelar kedua sepupu atau paman,” jelas Maureen. “Jadi pria dari Tinene ini sangat dekat dengan Yehuda.”

Berkat MyHeritage, sebuah situs online yang membantu Anda membuat silsilah keluarga Anda sendiri, Maureen dan Yudha menemukan bahwa Van Tienen ini mungkin terletak di Brabant.

Pencarian bagus
Penuh semangat dia pergi mencari pria yang sempurna, tetapi menghadapi rintangan: ada lebih dari 4400 Van Dienens yang tinggal di Brabant. “Saya sudah menelepon beberapa dari mereka, tetapi tidak berhasil.”

READ  Under the Smoke...: Dari mana ungkapan ini berasal?

Maureen sering membantu pencarian semacam itu: “Saya tahu orang-orang yang pergi mencari saudara laki-laki atau ayah, dan beberapa benar-benar berhasil menemukan seseorang.”

Tip emas
Ini sebagian besar dilakukan melalui panggilan. “Hanya sedikit orang yang tahu mereka punya keluarga di Indonesia. Lagi pula, mereka tidak benar-benar berbicara tentang bayi yang dikandung,” kata Maureen.

“Banyak orang tahu jika kerabat mereka berada di tentara selama perang kemerdekaan. Harapan saya adalah seseorang akan membaca ini dan berpikir: Saya mengenal seorang Van Dienen yang berada di Bandung, Indonesia selama perjuangan kemerdekaan. Lalu ada kemungkinan besar itu adalah Van Dynen yang tepat,” kata Maureen. “Dengan begitu kita bisa melangkah lebih jauh.”