BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apa yang harus dirayakan atau dirayakan tahun ini?

150 tahun Mondrian

Hitam dan putih, tiga warna primer dan garis-garis horizontal dan vertikal. Tidak ada lagi yang dibutuhkan oleh Piet Mondrian (1872-1944) untuk memimpin lukisan ke tingkat abstraksi yang baru. Kunstmuseum Den Haag akan dipamerkan dari 2 April hingga 25 September tentang pengaruh besarnya pada seni visual, tetapi juga pada desain, arsitektur, dan mode. 150 tahun Mondrian. Dengan tiga ratus karya, Kunstmuseum menjalankan koleksi Mondrian terbesar di dunia. Juga Yayasan Beyeler di Basel di sebuah K20 di Dusseldorf Rayakan ulang tahun Mondrian yang ke 150.

dokumentasi 15

grup seni indonesia Ruangrupa. foto di Nicholas Weavers

Apakah mungkin untuk menyelenggarakan pameran seni kontemporer terbesar dan paling berpengaruh di dunia selama pandemi? Setelah beberapa keraguan, edisi kelima belas dari siklus lima tahun diumumkan dokumentasi Di Kassel musim panas ini akan berlanjut seperti yang direncanakan (dari 18 Juni hingga 25 September). Grup seni Indonesia Ruangrupa menjadi editor kali ini. Di antara peserta banyak kelompok aktivis di belahan bumi selatan. Mereka akan dipajang di Museum Fredericianum di Kassel, tetapi juga di bekas department store dan gudang anggur tua.

200 tahun Mauritius

tanaman stroberi (sekitar 1690) Alida Withoos.

Mauritshuis di Den Haag, sebuah museum Gadis dengan mutiara di sebuah Pelajaran anatomi dr. Nicholas Tulip Anda akan merayakannya pada tahun 2022 200. Hari Jadi. Selain edisi Jubilee Book, museum ini juga menghadirkan dua pameran besar. Di musim semi, dari 10 Februari hingga 6 Juni, mekar penuh, Galeri dengan bunga abad ketujuh belas masih memanjakan. Karya Ambrosius Boschart, Roelant Savery dan Rachel Roych Collection dilengkapi dengan pinjaman dari seluruh dunia. Pada musim gugur, dari 29 September hingga 15 Januari 2023, museum akan memajang karya seni Belanda dari Koleksi Frick di New York, termasuk potret besar Rembrandt dari tahun 1658.

READ  Max (78) masih punya satu kaki di Indonesia: 'Bersama kita memperingati satu masa lalu'

100 tahun Suss Robertson

Pietje dengan latar belakang emas (c. 1895-1898), Suze Robertson. Foto Peter Cox

Dia adalah salah satu pelopor Amsterdam Joffre dan karyanya terkait erat dengan karya-karya awal Vincent van Gogh. Dengan dua retrospektif yang saling melengkapi, Museum Veluws Utara di Nonspet di sebuah Museum Panorama Mesdag Den Haag Dari April hingga September, fokusnya adalah pada pelukis dan ilustrator Suss Robertson (1855-1922), yang meninggal 100 tahun lalu. Lukisannya dapat dilihat di Nonspet, yang merupakan karya di atas kertas di Den Haag. Pameran akan disertai dengan publikasi bersama.

400 tahun moliere

Dramawan dan aktor Prancis moliere. Fotografi oleh Stephane Lavoie

Tahun kelahiran dramawan dan aktor Prancis Jean-Baptiste Poquelin, lebih dikenal sebagai Molière (1622-1673), adalah Dirayakan di seluruh Prancis tahun depan Dengan pameran, festival, kuliah, dan pertunjukan yang tak terhitung jumlahnya. Tetapi juga di Swiss, Belgia dan Bahkan di Kansas City, di mana imigran Prancis telah berorganisasi selama berabad-abad. Comédie-Française menawarkan rekaman film Empat karyanya yang paling terkenal ada di bioskop-bioskop Eropa. Beginilah cara Ivo van Hove memberikan arahan baru untuk drama Molière yang paling terkenal mulai 1 April Tartouf. Claude Stratz menyutradarai komedi terbaru Moliere, pasien bodoh. Selama pertunjukan drama ini, di mana dia sendiri memainkan peran utama, Moliere pingsan di atas panggung pada tahun 1673. Dia meninggal beberapa jam kemudian, pada usia 51 tahun.

75 tahun Willem Lebih Besar

Komposer Belanda Willem Lebih Besar. Arsip Foto Nasional / Foto Sparnestad

Musik Willem Bigger (1894-1947) memiliki tingkat yang jauh melebihi rata-rata produksi komposer lokal kita. Dewan Pengungsi Norwegia 50 tahun yang lalu. Tulisan Pijper telah diterbitkan dalam koleksi yang kuat dalam beberapa tahun terakhir, dan kematian Pijper 75 tahun kemudian telah menghasilkan seri podcast 8 bagian tentang keberadaan Pijper yang singkat, intens, dan bergejolak. Dalam seri podcast, penulis/musikolog Arthur Van Dyck dan konduktor Ed Spangard menyoroti sejumlah periode dan karya penting dari kehidupan Bigger.

READ  Titik Fokus: Penghargaan untuk Ramon Gilling - Jurnal Sinema

150 tahun Ralph Vaughan Williams

komposer Ralph Vaughan Williams Pada tahun 1953. Foto Ron Burton / Getty Images

Musik komposer Vaughan Williams (1872-1958) memiliki sedikit penggemar yang benar-benar bersemangat di Belanda. Masih harus dilihat apakah ulang tahunnya yang ke-150 memicu perayaan apa pun di sini – meskipun kepentingannya sebagai salah satu komposer terbesar Inggris diakui secara luas. Karya biola terkenal pendakian atau Sebuah fantasi dengan tema oleh Thomas Thales. Tapi cobalah mendengarkan konser Tuba dan jangan dalam suasana hati yang baik. Juga tidak boleh dilewatkan: keindahan, beragam dan sangat atmosfer lagu perjalanan; Soundtrack luar biasa untuk reli asuransi apa pun.

200 tahun Cesar Franck

Belgia komposer Cesar Auguste Jean-Guillaume Hubert Franck. Foto Pierre Petit

César Auguste Jean-Guillaume Hubert Franck lahir pada 10 Desember 200 tahun yang lalu di Liege. Pada usia tiga belas tahun ia pindah ke Paris, di mana ia menjadi salah satu komposer Prancis paling penting pada masanya, terutama dengan musik kamar dan organ. Simfoni satu-satunya, dalam D minor, juga menjadi sangat populer.

Teater Anne Het Frithof Maastricht mendedikasikan Hari Penulisnya (22 Januari) untuk Frank, dengan Marcel Verheugen di organ Gereja St. Servius dan program malam oleh South Holland Philharmonic Orchestra. [zonder hoofdletters] Dengan pianis Denis Kozukhin. Program Philzuid juga akan berjalan di Eindhoven keesokan harinya.

50 tahun Ayah baptis

Marlon Brando serta Vito Corleone.

Salah satu film Mafia terbaik dan paling berpengaruh merayakan hari jadinya yang kelima puluh tahun ini, Ayah baptis oleh Francis Ford Coppola. Dipilih sepuluh tahun yang lalu Dewan Pengungsi Norwegia-pembaca Ayah baptis Film terbaik sepanjang masa – Coppola Akhir dunia sekarang (1979) mengambil tempat ketiga. Ayah baptis Ubah genre film gangster Amerika tipikal menjadi epik sejarah dengan daya tarik drama Shakespeare. Klan Corleone, yang dipimpin oleh Vito “The Godfather” (Marlon Brando), adalah simbol kapitalisme yang kejam, dengan peringatan bahwa Ayah baptis Ini menyajikan karakter utama pembunuhnya dengan cara yang sangat menarik.

READ  Sutradara legendaris ini membuat film Ethereum baru

100 tahun pasolini

Direktur Pier Paolo Pasolini pada tahun 1964.

Sutradara, penulis, dan penyair Italia Pier Paolo Pasolini lahir seratus tahun yang lalu, pada 5 Maret 1922. Ini tidak berarti bahwa ia telah dilupakan: buku dan film tentang intelektual Marxis homoseksual masih dibuat. Masihkah kematiannya – yang dibunuh pada tahun 1975 oleh menantu laki-laki – masih diingat, karena itu adalah pekerjaan orang yang kesepian? Film-filmnya telah berulang kali mengejutkan penonton dengan realisme mentah mereka, sikap politik dan analisis tajam masyarakat konsumen modern. Antara tahun 1961 dan 1975 ia menyutradarai dua belas film layar lebar, termasuk teori Dan film skandal Halo, dan beberapa episode di film kolektor.