BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apakah James Webb membuktikan bahwa Big Bang tidak terjadi?

Apakah James Webb membuktikan bahwa Big Bang tidak terjadi?

Dalam beberapa minggu terakhir, rumor telah beredar bahwa kosmolog akan “panik” karena gambar pertama yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb akan menunjukkan bahwa Big Bang tidak pernah terjadi. Tetapi apakah laporan-laporan ini benar?

teori ledakan besar Ini menyatakan bahwa alam semesta muncul sekitar 13,8 miliar tahun yang lalu dari hotspot besar dengan kepadatan hampir tak terbatas. Belum diketahui mengapa atau bagaimana ini terjadi, tetapi teori, yang digagas oleh pendeta dan fisikawan Belgia Georges Lemaitre pada tahun 1931, telah teruji oleh waktu dengan baik. Selama hampir satu abad, teori tersebut telah digunakan untuk menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi di alam semesta, dengan sangat sukses.

Kebanyakan kosmolog setuju bahwa teori menggambarkan apa yang sebenarnya terjadi. Namun, tidak semua orang setuju. Sebuah artikel telah diterbitkan dalam beberapa minggu terakhir, yang mengaku telah mengirim foto pertama James Webb Untuk menunjukkan bahwa teori itu salah. Bahkan penulisnya, Eric Lerner, mengklaim bahwa gambar tersebut menyebabkan “kepanikan” di kalangan kosmolog. Tetapi dengan menggali lebih dalam apa yang dikatakan peneliti, segera menjadi jelas bahwa tidak ada bukti untuk ini. Setidaknya menurut Don Lincoln, seorang fisikawan di Fermilab, laboratorium fisika partikel terbesar di Amerika.

“Big Bang Tidak Terjadi”

dibuat oleh lerner Klaim Dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada 11 Agustus di Institut Seni dan Ide (IAI), organisasi filosofis Inggris. Dalam artikel berjudul “The Big Bang Never Happened,” ilmuwan menjelaskan mengapa dia percaya teori itu salah, mengklaim bahwa gambar yang diambil oleh James Webb menyebabkan kekhawatiran luas di kalangan ilmuwan.

Tapi ini menyesatkan, seperti yang diyakini Lincoln artikel yang luas, di mana dia menghancurkan ide-ide Lerner. Meskipun tugas para ilmuwan untuk terus-menerus menyaring dan meneliti untuk melihat apakah suatu teori itu benar dan menyangkalnya, tampaknya tidak demikian halnya di sini. Lerner mengutip (salah) sejumlah penelitian yang telah ditulis oleh para kosmolog dalam beberapa minggu terakhir.

READ  Ubisoft meluncurkan empat game Assassin's Creed baru | Teknik

Misalnya, judul artikel yang dia maksud, di mana penulisnya dikatakan ‘panic’, hanyalah permainan kata-kata ‘panic! at the disco’. Sarjana lain yang dirujuk Lerner dikatakan telah mengklaim bahwa dia tidak bisa tidur karena dia bertanya-tanya apakah ‘semua dia’ saya salah melakukannya.” Ilmuwan yang bersangkutan, Alison Kirkpatrick, telah berulang kali mengatakan bahwa Lerner menyalahgunakan pernyataannya, dan bahwa dia tidak berbicara tentang Big Bang sama sekali. .

Dengan kata lain, Lincoln percaya bahwa para ilmuwan yang panik, menurut Lerner, tidak sama sekali. Tapi bukan kebetulan Lerner membuat tuduhan ini. Ini bukan pertama kalinya Lerner mengklaim bahwa Big Bang tidak terjadi. Dia bahkan menulis buku tentang itu pada tahun 1991, dengan judul yang sama dengan artikel yang diterbitkan di Aerospace Industries Institute.

Dalam buku tersebut, Lerner mengajukan teori alternatif bahwa alam semesta ada selamanya. Ini didasarkan pada karya pemenang Hadiah Nobel dalam bidang kimia Ilya PrigoGine, di mana ia menjelaskan bagaimana sebuah sistem dapat muncul dari kekacauan. Namun, ini bertentangan dengan hukum kedua termodinamika, yang menyatakan bahwa suatu sistem berada dalam kesetimbangan hanya ketika mencapai entropi maksimumnya.

Sebagian besar kosmolog dan fisikawan telah menyelesaikan buku ini sepenuhnya. Lerner dikatakan telah membuat beberapa kesalahan kritis dalam interpretasinya, dan model alternatifnya juga dikatakan tidak stabil.

Dengan itu, Lerner berbicara dalam artikelnya tentang budaya sensor. Dalam beberapa tahun terakhir khususnya, komunitas ilmiah tidak lagi bersedia menerbitkan makalah tentang teori bahwa Big Bang tidak pernah terjadi. Dia berbicara tentang “krisis” dalam kosmologi dan menyebut teori itu “kegagalan”. Lerner akan mempertahankan pandangannya selama debat di bulan September Ini akan diadakan di London.

READ  WhatsApp akan segera berhenti bekerja di beberapa iPhone lama

(Javed)