BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apple adalah eksportir terbesar ke Serbia, sedangkan raspberry adalah yang paling menguntungkan

“Tahun lalu, Serbia mengekspor buah senilai 824 juta euro, terutama apel, sedangkan raspberry adalah buah ekspor yang paling menguntungkan,” kata analis pertanian Koran Djokovic.

Djokovic menunjukkan bahwa ekspor buah meningkat sebesar 24% pada kuartal pertama tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu: “Serbia memperoleh persis 206 juta euro dari ekspor raspberry tahun lalu, dibandingkan dengan 25. 256 juta tahun ini.” Berikutnya dalam daftar ekspor yang paling menguntungkan adalah buah-buahan blackberry dan cherry.

“Kecuali untuk ekspor ke Federasi Rusia, dinamika ekspor buah masih sama seperti sebelumnya. Permintaannya bagus dan kami telah memasuki pasar baru seperti Mesir, India dan Indonesia, khususnya apel,” kata Djokovic.

Djokovic menjelaskan bahwa karena perang di Ukraina, beberapa buah diekspor ke Belarus dan beberapa ke Estonia, dan negara-negara ini mengekspor buah ke Rusia, pasar apel terbesar di Serbia.

Djokovic mengatakan stroberi adalah ekspor yang sangat menarik dan sulit untuk ditanam. Dia mengatakan iklim Serbia lebih menguntungkan untuk budidaya stroberi dan kualitasnya lebih baik daripada Yunani. Menurut Djokovic, stroberi Serbia sangat populer di kalangan orang Jerman, Belgia, dan Prancis.

Sumber: SerbianMonitor.com

READ  Pembatasan ekspor makanan dari India ke Argentina mengancam akan memicu inflasi