BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apple dan DMA – pecandu narkoba

Apple dan DMA – pecandu narkoba

Sudah dua tahun sejak saya menulis tentang bagaimana Apple akan memenuhi persyaratan Belanda untuk mengizinkan metode pembayaran lain dalam aplikasi kencan di iOS. Bunyinya seperti ini: Bayangkan Anda sebagai orang tua memberi tahu putra Anda bahwa dia bisa membaca selama setengah jam di tempat tidur mulai pukul delapan pagi. Kemudian, pada pukul sembilan kurang seperempat, Anda melihat bahwa lampu belum padam, dan ketika Anda membuka pintu kamar Anda, Anda menemukannya sedang membaca di mejanya. “Saya tidak membaca di tempat tidur, bukan? Saya tidak diperbolehkan lagi membaca di tempat tidur,” ujarnya datar.

Keesokan harinya dia memberitahunya bahwa lampu di kamar tidurnya harus dimatikan pada pukul delapan tiga puluh. Kemudian pada pukul sepuluh kurang sembilan Anda melihat lampu di kamar mandi masih menyala. Itu dia, celana piyama melingkari mata kaki dan sebuah buku di tangannya. “Lampu di kamarku padam, bukan? Aku harus ke kamar mandi dan kebetulan aku masih membawa buku itu.” Oleh karena itu, sulit untuk tidak tertawa, tetapi jelas juga bahwa ini adalah upaya untuk melampaui batas-batas yang diperbolehkan.


apel

Meskipun hanya waktu tidur bayi yang berubah, tahapan terjadinya hal ini telah berubah di Apple. Apple harus berurusan dengan hakim, anggota parlemen, dan regulator dari semua pihak yang ingin membatasi kekuasaan perusahaan, dan pembuat iPhone tidak senang dengan hal tersebut.

Di AS, misalnya, Apple harus mematuhi keputusan pengadilan dalam kasus melawan Epic, karena aplikasi kini diizinkan untuk menyatakan bahwa Anda juga bisa berlangganan secara independen dari Apple. Bagaimana Apple mengatasi hal ini? Pertama, Anda mendapatkan layar yang memperingatkan Anda bahwa Anda akan keluar dari aplikasi, dan jika Anda melanjutkan, Apple juga menginginkan potongan penjualan yang besar jika Anda melakukan pembelian dalam waktu seminggu setelah mengklik tautan tersebut. Ini mungkin mematuhi hukum, tetapi tidak terlalu ramah pengguna dan tidak ramah pengembang.

READ  Ulasan Samsung Neo QLED QN95B

Dan kini hadir Undang-Undang Pasar Digital Eropa. Tahukah Anda pengingat hukum Eropa? DMA memiliki huruf “M” untuk monopoli, sesuatu yang coba dicegah oleh undang-undang ini. Ada juga UU Layanan Digital, namun berkaitan dengan berbagai layanan online dan bertujuan untuk meningkatkan posisi pengguna dalam kaitannya dengan layanan tersebut. DSA pada dasarnya adalah tentang transparansi dan moderasi, sedangkan DMA adalah tentang membatasi kekuasaan perusahaan.

DMA tidak menentukan perusahaan mana, namun layanan mana yang harus mematuhinya. Misalnya, aplikasi iMessage Apple tidak harus mematuhinya, namun App Store harus mematuhinya; itu penjaga gerbang, penjaga gerbang. DMA akan mulai berlaku pada bulan Maret, dan Apple telah mengumumkan rencananya untuk mematuhinya. Bagaimana cara Apple mematuhinya? Ibarat anak kecil yang ingin begadang, sehingga melebihi batas yang diperbolehkan.