BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Arnold Tucker ditunjuk sebagai profesor tamu di Indonesia untuk meneliti pembangunan ekonomi berkelanjutan

Arnold Tucker ditunjuk sebagai profesor tamu di Indonesia untuk meneliti pembangunan ekonomi berkelanjutan

9 November 2023

Ini merupakan pencapaian luar biasa setelah tujuh tahun melakukan penelitian bersama mengenai pembangunan berkelanjutan perekonomian Indonesia. Profesor ekologi industri Arnold Tucker telah ditunjuk sebagai profesor tamu di Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran di kota Bandung, Indonesia.

Sebaiknya Indonesia tidak segera mengekspor bahan mentah seperti nikel. Negara ini dapat memanfaatkannya dengan lebih baik untuk membangun industrinya sendiri yang membuat baterai kendaraan atau mobil listrik. Analisis ini dilakukan oleh seorang mahasiswa doktoral dari Universitas Padjadjarung UNPAD mendapat perhatian besar di Indonesia. Pemerintah telah mengundang kandidat doktor untuk mempresentasikan temuannya, dan kini sedang mencari investor untuk rencana tersebut.

Awal kerjasama

Profesor Arnold Tucker dari Leiden menjadi salah satu pembimbing calon doktor ini. “Victor Permana, calon doktor di UNPAD, meminta saya menjadi co-supervisornya,” kata Guru Besar Ekologi Industri di Pusat Ilmu Lingkungan Leiden (CML). Hal ini merupakan awal dari kolaborasi antara CML dan UNPAD di bidang kesejahteraan, inklusi, keberlanjutan dan ekonomi. Di UNPAD, para peneliti CML terutama berkolaborasi dengan Pusat Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia. Tucker: “Fakultas Ekonomi memiliki kelompok penelitian yang kuat di bidang ekonomi lingkungan.”

Pembangunan berkelanjutan untuk perekonomian yang berkembang pesat

Sekitar empat tahun lalu, mahasiswa PhD UNPAD lainnya mulai belajar di CML, Erlan Rem. Tucker: “Hal ini melihat hubungan antara kesejahteraan, pendapatan, dan dampak lingkungan di tingkat provinsi. Menggali lebih dalam mengenai hal ini sangat penting untuk mempelajari bagaimana perekonomian yang tumbuh pesat seperti Indonesia dapat berkembang secara berkelanjutan.” dan Rutger Hoekstra dari Leiden termasuk di antara mereka yang bekerja sama dengan peneliti UNPAD.

Kini setelah Tucker ditunjuk sebagai profesor tamu, ia akan berada di Bandung selama sekitar dua minggu dalam setahun. “Bulan ini saya akan makan malam dengan anggota fakultas senior untuk merefleksikan strategi mereka. Saya juga memberikan berbagai kuliah tamu. Saya mengawasi lokakarya bagi mahasiswa PhD untuk mengasah ide dan makalah penelitian mereka UNPAD.” “Sungguh luar biasa bisa menghubungkan pengetahuan kita dengan salah satu universitas terpenting di Indonesia dan membantu mencapai kemajuan dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di salah satu negara dengan populasi terpadat di dunia.”

READ  Di Dubai, kini juga mengenai sistem pertanian yang berbeda

Arnold Tucker pada konferensi tahun 2018 tentang buku Implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia yang ditulis oleh mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Profesor Arnold Tucker. Armida Alisjabana dari UNPAD (warna oranye, juga pembimbing mahasiswa PhD Victor Permana).