BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Asing menjual saham Asia pada bulan Maret karena krisis perbankan

Asing menjual saham Asia pada bulan Maret karena krisis perbankan

Orang asing menjadi penjual bersih di pasar saham Asia eks-Cina yang sedang berkembang pada bulan Maret, terpukul oleh krisis perbankan Barat, sementara permintaan yang lemah dari pasar negara maju mengurangi aktivitas bisnis.

Data dari bursa saham di India, india, Filipina, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan Vietnam menunjukkan bahwa orang asing menjual saham senilai $906 juta pada bulan Maret, penjualan terbesar sejak Desember 2022.

Korea Selatan dan Taiwan mengalami arus keluar asing masing-masing sebesar $686 juta dan $91 juta bulan lalu.

Alicia Garcia-Herrero, kepala ekonom untuk Asia-Pasifik di Natixis, mengatakan IMP Asia yang lemah untuk bulan Maret dan data yang buruk dari China juga menyebabkan arus keluar regional, bersamaan dengan penghindaran risiko karena masalah perbankan di AS dan Eropa.

Aktivitas pabrik di Asia melemah pada bulan Maret karena melemahnya permintaan asing membebani output, survei menunjukkan pada hari Senin. Hal ini menunjukkan bahwa prospek global yang memburuk akan terus membebani pemulihan di kawasan ini dan membuat para pembuat kebijakan tetap waspada.

Investor menarik $1 miliar dari saham Thailand bulan lalu, setelah menarik $1,3 miliar pada Februari di tengah kekhawatiran pemilu.

“Melihat lima pemilihan terakhir, saham Thailand mengikuti pola perdagangan yang konsisten, berkinerja buruk dalam tiga bulan sebelum pemilihan dan kemudian mengungguli,” kata Aman Patel, ahli strategi investasi di Credit Suisse.

Namun, bulan lalu saham India, Indonesia, dan Vietnam masing-masing menarik $967 juta, $273 juta, dan $129 juta modal asing.

“Risk appetite tetap lemah dan dolar AS harus bergerak lebih rendah untuk membangun lebih banyak eksposur ke investor institusi asing (FIIs),” kata Patel dari Credit Suisse.

READ  Petugas Komunikasi - Rutgers, Utrecht/Amsterdam / Villamedia