BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Baca dan dengarkan di sini pidato tahta Prinsjesdag 2022

Maka nenek saya mengucapkan kata-kata berikut kepada leluhur Anda pada pelantikannya pada tahun 1948. Saya kutip:

“Kita berada dalam situasi saat ini dalam sejarah dunia di mana semuanya tergantung pada sikap kita terhadap ancaman bencana baru. Belanda tidak boleh tetap terombang-ambing dalam gelombang peristiwa dunia yang tak terkendali. Itu harus menentukan jalannya sendiri dan, terlebih lagi, adalah mencoba memetakan arah armada global secara keseluruhan dengan negara lain.

sudah selesai. Di tahun-tahun yang tidak pasti itu, orang tua dan kakek-nenek kami menunjukkan persatuan dan ketangguhan. Hal yang sama diminta dari kita sekarang, dalam keadaan yang sangat berbeda. Belanda tidak sendirian dalam hal ini. Negara-negara lain menghadapi tantangan serupa. Tidak ada yang bisa memprediksi seperti apa dunia ini jika anak-anak zaman sekarang memiliki anak. Tapi itu akan berbeda, karena cara hidup kita saat ini bertentangan dengan batasan ekonomi, sosial dan ekologi. Ini membutuhkan ekonomi dan pasar tenaga kerja yang berbeda. Pendekatan yang berbeda untuk ruang dan alam. Berbagai cara untuk hidup, bekerja, berbisnis, dan bepergian. dan bentuk lain dari hidup bersama. Yang tidak berubah adalah kerja sama membuat Belanda lebih kuat dari polarisasi. Ini sepanjang waktu.

Dewan Menteri memahami bahwa Belanda kritis terhadap berfungsinya sistem politik-administrasi. Pada saat yang sama, sebagian besar tetap puas dengan berfungsinya demokrasi. Ini adalah insentif bagi pemerintah, betapapun sulit dan kontroversialnya, untuk mengambil tindakan yang benar-benar diperlukan dan bersikap terbuka dan transparan tentang tindakan tersebut. Pada awal tahun ini, Kabinet memulai agenda masa depan yang ambisius untuk tahun 2030 dan seterusnya – percaya bahwa generasi mendatang, seperti kita, harus dapat menjalani kehidupan yang bermartabat di negara yang bersih dan aman dengan kesempatan bagi semua. Perspektif ini harus dapat diakses oleh orang-orang dari setiap agama, arah, usia, asal, pendidikan, atau profesi. Untuk penduduk kota dan desa. Di sini dan di Karibia Belanda, bekerja sama dengan Aruba, Curaçao dan Sint Maarten.

READ  Sidang tiga tersangka penyerangan Bali dan Jakarta telah dimulai