BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bagaimana jika Anda menjalankan fasilitas penyimpanan beku terdingin di Benelux dalam krisis energi ini? “Kami tidak dapat mencabut stekernya” (Brecht)

“Kami tidak punya pilihan, kami tidak bisa mematikan freezer kami musim dingin ini seperti petani tomat kami,” kata Raf van den Broek. “Sekarang kami harus segera menegosiasikan kontrak baru dengan pelanggan kami, ada kebutuhan mendesak untuk mengklarifikasi apakah batas harga Eropa akan tercapai.”

Kiat dari koran kikir: Apakah Anda ingin menabung? Kemudian letakkan freezer di ruangan terdingin di rumah Anda. Mereka benar-benar melakukannya tahun lalu di depot penyimpanan beku Benmar di Sint-Lenaarts, sub-komunitas Brecht. Mereka membangun super-freezer baru yang terus-menerus mendingin hingga minus 60 di ruang freezer besar yang suhunya selalu di bawah 20. Pada prinsipnya, ini seharusnya menghasilkan penghematan yang signifikan. Namun investasi tersebut kini telah ditolak seluruhnya karena harga energi telah dikalikan sepuluh. Super freezer ini sangat penting untuk menjaga yellowfin tuna, sejenis tuna yang dibawa dari Korea Selatan ke Panama, dengan sempurna dari segi warna dan kualitas. “Ini memalukan bagi pelanggan ini, tetapi tanpa perbaikan Super Freezer, biaya pendinginan tentu saja akan lebih tinggi,” kata Raff.

Bisnis keluarga Benmar telah hidup dalam suhu yang lebih dingin selama bertahun-tahun. Produsen di seluruh dunia membawa produk mereka ke Groot-Veerle di Sint-Lenaarts, sehingga dapat diambil kemudian untuk disajikan kepada pelanggan. Ini terutama grosir dan pengecer.

Raf van den Broek sekarang adalah generasi keempat di Panama. Sons Quinn dan Nick membantu menjalankan perusahaan. Raff menghadapi krisis energi besar, seperti krisis minyak tahun 1970-an. Tapi tidak ada yang sebanding dengan apa yang kita lihat sekarang. Untungnya, kami sudah menjadi perusahaan dengan tradisi panjang dan fondasi yang kuat.”

Tiga kompresor yang memastikannya selalu menjadi bagian Siberia di Sint-Lenaarts. © Kristen Mathiesen

kompresor

Area penyimpanan beku didinginkan oleh tiga kompresor sekrup yang dioperasikan secara elektrik, yang sangat memakan waktu. Mereka mendistribusikan gas dalam sirkuit tertutup. “Setiap tahun kami menghitung harga untuk pelanggan kami,” kata Nick. “Kami tidak dapat memasukkan biaya energi tambahan penuh sebagai biaya penyimpanan, hanya persentase, jika tidak pelanggan kami akan hilang. Meskipun kami mencatat bahwa sebagian besar dari mereka tetap tinggal. Gudang kami 90% penuh. Penting, karena semakin banyak kami kosong , semakin banyak pendinginan yang kita miliki. Lebih baik juga lemari es di rumah terisi penuh.”

Musim panas dengan gelombang panas dalam krisis energi penuh sudah terlalu mahal untuk Panama. Perusahaan tidak memiliki panel surya sendiri. “Perhitungan ini dilakukan sekali, tetapi saat itu dianggap tidak menguntungkan. Sekarang mungkin kesimpulannya berbeda,” kata Raff.

Siapa pun yang bekerja di Panama harus selalu berpakaian bagus. © Kristen Mathiesen

Dengan pelanggan, Nick mencatat harga pembelian produknya di luar negeri masih cukup terjangkau. Sebagai contoh, sekarang ada musim kawin untuk herba scampi di Indonesia. Namun karena mahalnya harga di sini, mereka harus menjualnya dengan sangat mahal. Masih harus dilihat seberapa banyak konsumen akan mengurangi produk yang lebih mahal seperti ikan dan makanan laut.”

Van den Broeck berharap untuk segera mendapatkan klarifikasi tentang batas harga Eropa. “Karena harga listrik di sini terikat dengan harga gas, kami mengalami kesengsaraan. Kami menghitung harga kami saat ini pada harga energi pada Desember 2021, tanpa mengetahui apa yang ada di depan. Segera kami harus melakukan perhitungan ini lagi untuk pelanggan kami. Jadi sangat penting untuk mengetahui apa Jika pagu akan ditetapkan untuk harga listrik, kami akan memulai negosiasi untuk tahun berikutnya dari November dan Desember.”

Boerenbond mengumumkan Jumat bahwa banyak petani tomat benar-benar akan mematikan lampu musim dingin ini. “Kami tidak bisa melakukan itu, karena semua produk beku pelanggan kami akan menjadi busuk,” kata Raff.

READ  Dibutuhkan Trainee Komunikasi yang Antusias - Lowongan - Pekerjaan Kami