BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bangun pagi di minggu Leila Franjavorak untuk membuat Ramadan Radio/Villamedia

Bangun pagi di minggu Leila Franjavorak untuk membuat Ramadan Radio/Villamedia

Pembawa acara Leela Pranjavorak akan tampil bersama enam muslimah lainnya Cerita sahurProgram informasi yang disiarkan setiap malam selama bulan Ramadhan di stasiun radio NPO KX dan televisi (NPO 2).


Terakhir Diubah: 31 Maret 2023, 22.39

Selain Leila Birnjavorak (40), rekan Nora Acachar, Ozima Tajmoud, Cheval Kayhan, Sabra Rahimpaks, Fitria Gelita dan Dunia Makor bergantian menyuguhkan pertunjukan; Setiap orang mengamati satu hari dalam seminggu sampai Ramadhan berakhir pada 21 April. Acaranya mencakup kejadian kekinian, cerita spesial, resep sederhana, dan momen terakhir jelang puasa.

Leila Prnjavorac: ‘Setiap presenter memiliki kebebasan berkreasi sepenuhnya dan didorong untuk membawa akar budayanya sendiri, sehingga memberikan interpretasinya sendiri pada siaran tersebut. Setiap orang memilih mata pelajaran dan tamu mereka sendiri. Misalnya, saya dari Balkan – dari bekas Yugoslavia – dan saya satu-satunya produser, jadi saya memiliki pelajaran yang berbeda dari rekan Turki atau Maroko saya.’

Apakah ada perbedaan besar antara Muslim dari Balkan, Indonesia atau Timur Tengah?
‘Tentu saja. Ini berlaku untuk semua kepercayaan. Umat ​​Katolik Amerika sangat berbeda dengan umat Katolik di negara-negara Eropa atau Afrika. Jadi Anda juga melihat orang-orang dengan latar belakang Islam. Budaya dan tradisi Muslim bervariasi dari satu negara ke negara lain, seperti halnya bagaimana mereka hidup dengan komunitas lain di negara mereka.’

Anda menyiarkan setengah jam sebelum fajar – saat sahur, makan terakhir sebelum puasa dimulai lagi. Apakah Anda mengundang tamu ke studio atau melalui telepon selama waktu itu?
‘Tentu saja. Misalnya, saya suka bagaimana sutradara Warschild Ernst Suhr suka bangun dari tempat tidur di tengah malam karena dia sendiri melihat pentingnya beragam warga negara yang berakar di negara tempat Warschild aktif di Belanda. . Tamu dari seluruh negeri datang ke Hilversum untuk kami.
Hal yang hebat tentang Ramadhan adalah bahwa ini bukan hanya tentang puasa. Pada intinya, ini tentang refleksi. Anda menghubungkan diri Anda dan terhubung dengan level yang lebih tinggi. Semua orang mengisi apa artinya bagi mereka. Namun, dalam setiap agama, puasa adalah bagian darinya yang memungkinkan Anda masuk jauh ke dalam diri Anda dan berempati lebih baik dengan mereka yang kurang beruntung dari Anda.

READ  Budaya keamanan telah meningkat di seluruh dunia

Sebagai presenter, Anda juga menceritakan kisah Anda sendiri, jadi Anda memberi tahu Ernst sur von Warschildt. Anak yg lahir semasa perang Ada
‘Benar, saya sendiri punya banyak cerita, jadi Anda tahu apa yang Anda bicarakan. Keindahan menempatkan orang-orang dari latar belakang berbeda di belakang mikrofon. Kemudian Anda mendapatkan pertanyaan dan perspektif lain, dan Anda masuk ke lapisan yang lebih dalam karena seseorang pernah mengalami sesuatu.

Saya sangat senang direktur Warchild, Ernst Suhr, ingin bangun dari tempat tidur di tengah malam.

Saya lahir pada tahun 1982 di Topoj, Bosnia dan Herzegovina. Perang dimulai di sana pada tahun 1992. Awalnya – pada bulan Mei – Topoj diduduki oleh orang Serbia. Kami harus pergi karena kota itu dihancurkan oleh orang Serbia. Mereka hanya menginginkan penduduk Serbia, jadi siapa pun dari latar belakang yang berbeda – terutama Muslim – berisiko lebih besar. Ada pembersihan etnis dan genosida yang ditujukan untuk memusnahkan orang Bosnia.

Akhirnya orang-orang Serbia membantu kami, dan teman-teman di Beograd bisa kami sembunyikan di belakang. Saya berusia sembilan tahun ketika perang dimulai dan sebelas tahun ketika kami melarikan diri ke Belanda.

Di bekas Yugoslavia, dua perang dunia dan yang ini terjadi dalam seratus tahun. Jadi keluarga saya telah melihat tiga perang. Bawalah sejarah itu bersama Anda. Ketika saya berusia delapan belas tahun, menjadi dewasa dan mendapat kartu asuransi kesehatan, saya segera mulai mencari psikolog untuk membahas trauma masa kecil saya. Itu tidak mengganggu saya saat itu, tetapi saya memandang orang tua saya dan berpikir, saya tidak ingin seperti itu. Sebelum saya punya anak, saya ingin membersihkan kekacauan saya sendiri.

Saya ingin menunjukkan betapa banyak pengetahuan yang ada di rumah, terutama di antara orang-orang yang sayangnya tidak selalu diundang ke meja media

Ibu saya menderita PTSD karena trauma perang dan ayah saya juga sangat trauma, dia dianiaya dan mengalami banyak hal yang mengerikan. Harus tetap bersembunyi selama bertahun-tahun. Terkadang mereka terlalu banyak bersosialisasi di antara mereka sendiri. Adik laki-laki saya dan saya harus banyak memikirkannya sendiri — dan untuk orang tua saya — karena kami berbicara bahasa itu sebelum mereka melakukannya. Setelah itu kamu akan merawat orang tuamu.’

READ  Pembatasan ekspor makanan dari India ke Argentina mengancam akan memicu inflasi

Sudahkah Anda memulai pengobatan pencegahan?
“Ya, itu membuat saya menyadari betapa kuat dan kuatnya saya, karena bahkan ketika saya hidup melalui kengerian perang sebagai seorang anak, saya selalu berdiri tegak. Itu tidak melumpuhkan saya, itu memotivasi saya untuk mencapai sesuatu. Saya tidak jangan menjadi masam, saya tidak membenci orang Serbia, tetapi Anda harus melihat orang-orangnya, bahwa saya terus menantikan apa yang harus Anda lakukan bersama.

Apa yang Anda harapkan akan dicapai oleh Muslim dan non-Muslim yang menonton atau mendengarkan program ini?
‘Orang-orang menyadari bahwa kita semua memiliki lebih banyak kesamaan daripada perbedaan. Kami sangat saling berhubungan dan negara ini penuh dengan tipe orang yang berbeda dari latar belakang yang berbeda. Tetapi juga melalui orang-orang yang saya undang – saya ingin menunjukkan seberapa banyak pengetahuan yang kami miliki, terutama di antara orang-orang yang sayangnya tidak selalu diundang ke meja media.’

Cerita sahur dapat didengar hingga 22 April setengah jam sebelum matahari terbit di npokx.nl dan disaksikan langsung di NPO 2. Setelah itu, Anda juga bisa mendengarkan siarannya sebagai podcast di NPO Listen. Ini adalah produksi bersama cerita NTR dan Rose.