BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

BBC: Penjaga Pantai Yunani sengaja menenggelamkan pencari suaka dan membunuh puluhan orang  Berita RTL

BBC: Penjaga Pantai Yunani sengaja menenggelamkan pencari suaka dan membunuh puluhan orang Berita RTL

Tiga tahun terakhir diperhitungkan. Sembilan dari lebih dari empat puluh korban tewas dikatakan dibuang ke laut oleh personel Penjaga Pantai dan tenggelam.

Perahu bocor

Kematian lainnya terjadi ketika Penjaga Pantai mengejar kapal-kapal yang membawa pengungsi keluar dari wilayah perairan sekitar Yunani, atau ketika orang-orang yang telah mencapai kepulauan Yunani dikembalikan ke laut dengan perahu yang bocor.

Penjaga Pantai membantah tuduhan yang dibuat oleh BBC, namun mengatakan bahwa mereka dapat membuktikan klaim mereka dengan foto, keterangan saksi mata, pernyataan dari LSM dan informasi dari sumber lokal dan Penjaga Pantai Turki. Hasilnya akan segera ditayangkan dalam bentuk film dokumenter Dead Calm: Pembunuhan di Mediterania?

Ini menyangkut 15 kejadian pada periode 2020-2023 yang mengakibatkan total korban jiwa sebanyak 43 orang. Dalam lima insiden tersebut, para penyintas mengatakan bahwa pihak berwenang Yunani langsung membuang mereka ke laut. Mereka melihat rekannya yang tidak bisa berenang tenggelam di depan mata mereka, sedangkan Penjaga Pantai tidak turun tangan.

“kejahatan internasional”

Adapun orang-orang yang sudah sampai di sebuah pulau Yunani dan ingin mengajukan suaka di sana, mereka juga dipukuli dan dikembalikan ke laut. Puluhan orang juga tewas.

BBC menunjukkan kepada mantan perwira senior Penjaga Pantai Yunani gambar 12 orang dimasukkan ke dalam perahu Penjaga Pantai Yunani dan kemudian ditinggalkan dengan perahu karet. Dia menggambarkan tindakan ini sebagai “jelas ilegal” dan “kejahatan internasional.”

Masyarakat Yunani semakin khawatir dalam menerima pengungsi, seperti yang ditunjukkan dalam video ini:

READ  Unjuk rasa solidaritas massa di Berlin untuk pengunjuk rasa Iran: 'Ini adalah sebuah revolusi'