BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Biden mengunjungi Polandia, negara yang telah berubah dari paria Eropa menjadi bintang yang sedang naik daun

Biden mengunjungi Polandia, negara yang telah berubah dari paria Eropa menjadi bintang yang sedang naik daun

Pada Maret tahun lalu, Presiden Biden juga mengunjungi Polandia

Berita NOS

Setelah kunjungan mendadaknya ke Kiev kemarin, Presiden AS Joe Biden kini berada di ibu kota Polandia, Warsawa. Ini adalah kedua kalinya sejak dimulainya perang di Ukraina dia melakukan perjalanan ke negara itu.

Dia akan menyampaikan pidato malam ini setelah bertemu dengan Presiden Polandia Andrzej Duda. Sebuah pertemuan dijadwalkan besok dengan kelompok “Bucharest Nine”, yang terdiri dari sembilan negara anggota NATO dari Eropa Timur. Sama seperti kunjungannya ke Kiev, perjalanan ini juga ditandai dengan perang selama satu tahun di Ukraina.

Namun menurut para ahli, kunjungan Biden ke Polandia melambangkan sesuatu yang lebih besar. “Peran negara sedang berubah. Sebelum invasi Rusia, Polandia tidak selalu terlihat, sekarang menjadi kekuatan besar yang meningkat di Eropa,” kata Pawel Markiewicz, direktur Institut Urusan Internasional Polandia di Washington.

Kekuatan militer

Sementara banyak negara anggota UE, termasuk Belanda, telah tertinggal untuk menempatkan fokus pertahanan utama dalam beberapa dekade terakhir, hal sebaliknya terjadi di Polandia. Sejak bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 2004, anggaran pertahanan terus meningkat, dan setelah invasi Rusia, investasi dalam pertahanan semakin meningkat.

“Perang di Ukraina mengingatkan Polandia akan kerentanannya, karena negara itu berbatasan dengan Rusia dan Belarusia. Dan ancaman itu terus berlanjut,” kata Markievicz. Tahun ini, pemerintah ingin menginvestasikan 4 persen dari PDB di angkatan bersenjata. Sebagai perbandingan, Polandia akan membelanjakan lebih banyak untuk pertahanan daripada anggota NATO lainnya.

Ini menjadikan Polandia sekutu penting Amerika Serikat. Angkatan Darat AS memiliki pangkalan di sana, tempat ribuan tentara AS saat ini ditempatkan. Mereka melatih pasukan Ukraina di sana, antara lain. Selain itu, Polandia berfungsi sebagai pusat bantuan kemanusiaan dan pengiriman senjata Barat ke Ukraina. “Kerja sama dengan AS, NATO, dan UE yang hilang setelah pencaplokan Krimea oleh Rusia pada 2014 kini sudah ada,” kata Markievicz.

READ  Ukraina mengatakan pihaknya telah menyaksikan serangan Rusia dalam jumlah terbesar dalam satu hari Perang di Ukraina
Personel militer AS mengikuti latihan di Nowa Dipa, Polandia, Oktober 2022.

Alihkan perhatian

“Tapi perubahan peran di Eropa, dan fokus pada pertahanan, mendorong masalah ini ke latar belakang. Ini gangguan, setidaknya untuk sementara,” kata Markievicz. “Selain itu, Polandia sekarang merasa dianggap serius. Negara ini telah lama memperingatkan tentang Rusia, dan itu ternyata benar.”

Setahun setelah invasi Rusia, hubungan geopolitik di Eropa berubah drastis. Berkat letak geografisnya, Polandia tampaknya memainkan peran yang semakin menonjol. “Pusat gravitasi gaya semakin bergeser ke timur,” kata Markievicz. “Ini tidak membuat Polandia menjadi kekuatan besar, tapi itu membuatnya menjadi ‘bintang baru’ di Eropa.”