BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Boris Johnson menarik diri dari perjuangan kepemimpinan, dan jalan tampak jelas bagi Rishi Sunak

Reuters

NOS. Beritadiubah

Mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menarik diri dari perjuangan kepemimpinan untuk Partai Konservatif. Dia mengatakan dia berharap lawannya dan mantan menteri keuangan Rishi Sunak dan Benny Mordaunt akan bertemu, tetapi mengatakan dia gagal melakukannya. Dengan pengunduran dirinya, jalan tampak jelas bagi Sunak untuk menggantikan mantan Perdana Menteri Truss.

“Saya yakin bahwa saya dalam posisi yang baik untuk memberikan Konservatif kemenangan elektoral pada tahun 2024. Dalam beberapa hari terakhir, sayangnya saya harus menyimpulkan bahwa ini bukan langkah yang tepat. Anda tidak dapat memerintah secara efektif tanpa partai bersatu di Parlemen.”

Partai Konservatif akan memilih pengganti Truss besok. Dengan keluarnya Johnson dari persaingan, tampaknya veteran politik berusia 42 tahun, Sunak, adalah kandidat dengan kartu terbaik. Dia juga satu-satunya konservatif hingga saat ini yang menerima 100 suara yang diperlukan dari anggota parlemen. Dia memiliki 130 hari ini, menurut BBC, lebih dari cukup untuk memimpin perlombaan.

Mordaunt

Mantan Sekretaris Mordaunt menginginkan suksesi Truss, tetapi dia belum menikmati dukungan itu dalam beberapa hari terakhir. Secara teori, pendukung Johnson yang frustrasi dapat mencoba memotong gigi Anda sekarang secara kolektif Mordaunt, meskipun masih harus dilihat apakah mereka akan melakukannya besok.

Sunak dan Johnson sebelumnya membahas perjuangan kepemimpinan di hadapan para donatur partai besar. Para donor dikatakan telah mendesak Johnson untuk mundur dari pencalonan dan mendukung Sunak dalam upaya untuk memulihkan persatuan dalam partai.

Di masa lalu, Sonak dianggap sebagai sekutu Johnson. Dia menjabat sebagai Menteri Keuangan di kabinetnya, tetapi akhirnya membantu kejatuhan Johnson sebagai perdana menteri dengan mengundurkan diri setelah serangkaian skandal yang melibatkan Johnson pada saat itu. Sunak sebelumnya mengambil alih Truss dalam pertempuran kepemimpinan partai, tetapi kemudian mengundurkan diri, memungkinkan dia untuk memulai kepresidenan kabinetnya yang sangat singkat dan kacau.

READ  Gelombang setinggi 14 meter menghantam pantai barat India, menyebabkan puluhan ribu orang kosong di luar negeri