BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bukti penarikan Rusia dari Kherson |  Saat ini

Bukti penarikan Rusia dari Kherson | Saat ini

NU.nl secara teratur memberi Anda gambaran tentang situasi di Ukraina. Kali ini: Dinas keamanan Barat melaporkan bahwa Rusia sedang bersiap untuk menarik diri dari wilayah Kherson yang diduduki Ukraina. Selain itu, menurut Uni Eropa, disinformasi Rusia memicu anti-Semitisme. Selain itu, pembangkit listrik tenaga nuklir Ukraina di dekat Zaporizhzhia kembali terputus dari jaringan listrik.

Seorang pejabat senior pemerintah Barat mengatakan pada hari Kamis bahwa Rusia mungkin telah memutuskan “kota itu tidak layak untuk diperangi.” Namun, kepemimpinan militer selalu mungkin berubah pikiran dalam jangka pendek, bahkan jika semuanya saat ini mengarah pada penarikan, kata pejabat senior itu.

Pasukan Ukraina terus bergerak maju menuju Kherson. Tentara Rusia mundur ke bagian timur melintasi Sungai Dzhneber.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan pada hari Kamis bahwa pasukan Ukraina dapat menangkap Kherson. “Tetapi yang paling penting adalah orang Ukraina berpikir mereka bisa,” katanya.

Lebih banyak pidato kebencian untuk orang Yahudi sejak invasi

Sejak invasi Rusia ke Ukraina pada akhir Februari, jumlah ujaran kebencian terhadap orang Yahudi di Internet sangat kuat sebuah tambahan. Hal ini dilaporkan oleh Badan Uni Eropa untuk Hak Fundamental (FRA) pada hari Kamis.

Badan Uni Eropa yang berbasis di Wina mengatakan berita palsu dan disinformasi memicu anti-Semitisme. Misalnya, Rusia membenarkan agresinya terhadap Ukraina dengan menyalahgunakan istilah seperti “Nazisme” dan “genosida”.

Menurut FRA, komunitas Yahudi di seluruh Eropa “sangat dipengaruhi” oleh kebencian online dan informasi yang salah seputar invasi.

Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia lagi tanpa listrik

Pembangkit listrik tenaga nuklir Ukraina di Zaporizhzhia lagi terputus dari jaringan listrik. Perusahaan negara Ukraina Energoatom melaporkan bahwa kabel tegangan tinggi terakhir rusak oleh pemboman Rusia.

READ  Tetangga Rusia sangat tertarik pada barang-barang Belanda Ekonomi

Menurut Energoatom, pembangkit listrik saat ini berbasis generator diesel. Pembangkit listrik masih memiliki bahan bakar yang cukup untuk menjalankan generator selama 15 hari. Bagian dari pabrik telah ditutup sebagai tindakan pencegahan.

Badan Energi Atom Internasional PBB belum menemukan bom kotor di Ukraina

Badan Energi Atom Internasional tidak menemukan bukti di Ukraina tentang aktivitas atau bahan nuklir yang mengindikasikan produksi yang disebut bom kotor. Rusia telah berulang kali menuduh Ukraina melakukan hal ini, setelah itu Kyiv meminta Badan Energi Atom Internasional untuk menyelidikinya.

Tim inspeksi IAEA memeriksa tiga lokasi, tetapi tidak menemukan sesuatu yang abnormal. Tuduhan Rusia telah menimbulkan kekhawatiran, terutama di negara-negara Barat, bahwa Rusia mungkin berencana untuk menyebarkan bom kotor itu sendiri. Bom kotor adalah alat peledak yang ditembakkan setelah zat radioaktif diledakkan.

Bulgaria sedang dalam perjalanan untuk membantu Ukraina

Lebih dari delapan bulan setelah dimulainya perang Rusia melawan Ukraina, Bulgaria kini juga memberikan bantuan militer ke negara yang diserang. Terlepas dari perlawanan keras dari partai-partai pro-Rusia dan presiden Bulgaria, sebagian besar anggota parlemen menunjukkan dukungan mereka.

Dengan langkah ini, Bulgaria, anggota Uni Eropa dan NATO, bergabung dengan dukungan militer negara-negara Uni Eropa dan NATO lainnya. Hongaria sekarang menjadi satu-satunya negara Uni Eropa yang menolak.

Rusia dan Ukraina bertukar 214 tahanan

Rusia dan Ukraina akan menukar 107 pejuang dalam pertukaran tahanan baru pada hari Kamis. Denis Pushlin, pemimpin wilayah Donetsk Ukraina yang dikuasai Rusia, melaporkan hal ini melalui layanan pesan Telegram.

Di antara tentara yang dibebaskan oleh Ukraina, kata Pushlin, adalah 65 dari Donetsk dan wilayah tetangga Luhansk. Akhir pekan lalu, kedua pihak saling menukar 50 tahanan. Sebelumnya pada bulan Oktober, lebih dari seratus tahanan ditukar.

READ  Kerusuhan polisi Haiti di jalan-jalan atas jumlah pembunuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya di antara rekan-rekan mereka