BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bumi di jalur untuk menghangat sekitar 2,5 derajat: kabar buruk atau kabar baik? | Saat ini

Menurut laporan iklim terbaru, kita masih menuju pemanasan global yang signifikan. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa pemanasan yang diproyeksikan sedikit menurun dengan setiap pembaruan tahunan, karena negara-negara memperketat kebijakan iklim mereka.

Laporan iklim Program Lingkungan PBB yang dipresentasikan oleh Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada hari Kamis tetap suram. Jika semua negara memenuhi janji iklim mereka saat ini, ini masih akan menyebabkan pemanasan 2,4 hingga 2,6 derajat. Jadi, pemanasan 1,5 derajat, tujuan tertinggi dalam kesepakatan iklim Paris, masih jauh. Ini akan memiliki banyak konsekuensi.

Tetapi jika Anda memikirkan apa yang disebut kesenjangan emisi tahunan,Laporan Masing-masing, terlihat bahwa kesenjangan menurun setiap tahun. Proyeksi emisi gas rumah kaca semakin mendekati target Paris.

Negara-negara sedikit memperketat target setiap tahun

Ini karena negara-negara rata-rata telah menetapkan target emisi yang lebih ketat selama bertahun-tahun. Ini pertama untuk tahun 2050, tetapi sekarang juga untuk tahun 2030.

Jangka menengah sangat penting: untuk menjaga pemanasan global di bawah 1,5 derajat, emisi global harus dikurangi setengahnya pada tahun 2030. Jika emisi ini terus meningkat hingga tahun 2030, mereka akan menempatkan dunia pada jalur pemanasan 3 derajat atau lebih.

Dengan memperketat target iklim setiap tahun, pembacaan termometer yang diharapkan bisa turun beberapa persepuluh derajat setiap tahun. Itu adalah berita yang sama persis setahun yang lalu bahwa Bumi sedang dalam perjalanan 2,7 derajat.

Perbedaannya terletak pada beberapa janji baru yang dibuat selama KTT Iklim Glasgow, dan janji iklim baru baru-baru ini dari Australia, antara lain.

Apakah 1,5 derajat mungkin dalam lima tahun?

Jika terus berlanjut pada tingkat ini dan masih ada satu derajat pemisahan penuh dalam lima tahun, maka batas “aman” 1,5 derajat telah tercapai.

READ  Warga Inggris menawarkan suaka kepada gadis-gadis sepak bola Afghanistan

Bahayanya adalah bahwa kita terutama berbicara tentang realitas politik. Jadi, apakah emisi aktual mulai menurun tergantung pada apakah negara mencapai target mereka. Hal ini pada gilirannya juga tergantung pada perkembangan teknologi, ekonomi dan politik.

Karena investasi skala besar, energi berkelanjutan semakin murah setiap tahun. Pada saat yang sama, tidak ada yang menyangka bahwa harga gas akan naik begitu tajam tahun ini. Efek bersih dari ini pada kebijakan iklim sebagian besar Menonton kopi.