BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

CDC mengeluarkan peringatan kesehatan mengenai infeksi flu burung

CDC mengeluarkan peringatan kesehatan mengenai infeksi flu burung

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Mengeluarkan peringatan kesehatan Jumat untuk menginformasikan pusat layanan kesehatan dan masyarakat tentang adanya infeksi virus flu burung pada manusia.

Seorang pekerja di peternakan sapi perah komersial di Texas menderita konjungtivitis, yang umumnya dikenal sebagai mata merah, pada tanggal 27 Maret dan kemudian dinyatakan positif mengidap “flu burung yang sangat patogen” (HPAI), kata CDC.

Virus HPAI telah dilaporkan pada sapi perah dan burung liar di wilayah Texas, namun sebelum kejadian ini, belum ada laporan sebelumnya mengenai penyebaran HPAI dari sapi ke manusia.

Pasien tidak melaporkan gejala lain dan tidak dirawat di rumah sakit. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan orang tersebut menerima pengobatan antivirus dan sedang dalam masa pemulihan dan tidak ada anggota keluarga pasien yang jatuh sakit.

“Tidak ada tambahan kasus HPAI A (H5N1) pada manusia yang terkait dengan infeksi saat ini pada sapi perah dan unggas di Amerika Serikat yang telah teridentifikasi, dan tidak ada penularan HPAI A (H5N1) dari manusia ke manusia yang telah teridentifikasi.” kata CDC.

CDC mengatakan pihaknya menguji genom dan urutan virus pasien dari hewan ternak, burung liar, dan unggas. Perubahan kecil ditemukan: keduanya “tidak memiliki perubahan yang membuat mereka lebih beradaptasi untuk menginfeksi mamalia.”

USDA telah mengkonfirmasi kasus-kasus peternakan sapi perah di lima negara bagian – Texas, Kansas, Michigan dan New Mexico – dengan hasil di Idaho “dianggap” positif. CDC mengatakan penyebaran virus ini kemungkinan besar disebabkan oleh perpindahan ternak melintasi batas negara bagian.

Negara-negara seperti Nebraska telah mengeluarkan pembatasan sementara terhadap impor ternak akibat flu burung.

Pasien di Texas ini adalah orang kedua di AS yang dinyatakan positif mengidap penyakit tersebut. Orang pertama yang dites positif terkena virus ini adalah seorang pasien di Colorado pada bulan April 2022 yang melakukan kontak dengan unggas yang terinfeksi.

READ  Makanan dan minuman yang menyebabkan nyeri sendi menurut dokter

Risikonya tetap rendah, kata CDC, namun merekomendasikan orang-orang yang memiliki pekerjaan atau aktivitas rekreasi yang dapat membuat mereka terpapar pada burung, hewan ternak, atau hewan lain yang terinfeksi memiliki risiko lebih tinggi dan harus mengambil tindakan pencegahan.

Virus ini secara historis terbukti mematikan, membunuh lebih dari 50 persen korban manusia dari tahun 2003 hingga 2016. Wabah saat ini telah menyebar dan mempengaruhi 82 juta burung di 48 negara bagian, dan merupakan wabah flu burung terburuk dalam sejarah AS.

Hak Cipta 2024 Nextstar Media Inc. semua hak selamat. Materi ini tidak boleh dipublikasikan, disiarkan, ditulis ulang, atau didistribusikan ulang.