BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

CEO Ahold Delhaize: “Saya sangat terbuka, mungkin terkadang juga”

Air DinginPatung Frank Reuter

Ahold Delhaize bekerja dengan baik. Laba tahun ini naik dari 334 juta menjadi 693 juta. Apakah Corona merupakan berkah bagi perusahaan ini, terus terang?

Ketika virus corona merebak, banyak orang mulai menimbun. Tiba-tiba tempat itu ramai seperti saat Natal. Kami biasanya telah mengerjakannya selama berminggu-minggu. Tidak banyak pelanggan, tetapi pelanggan yang datang membeli lebih banyak. Tentu kita juga menderita Corona. Di Yunani kami merindukan semua turis. Di Rumania, kami terutama berada di kota-kota besar dan kami kehilangan pendapatan para pelancong. Performa Albert Heijn di stasiun kereta di Belanda juga kurang bagus.”

Tapi ini sebagian besar dikompensasi oleh supermarket dan penjualan online.

“Secara keseluruhan, penjualan online naik 60 persen.”

Tiba-tiba pekerjaan pengepakan stok berubah menjadi profesi penting …

“Ini berdampak pada harga diri karyawan kami. ‘Saya tidak lagi hanya pengisi stok; saya penting.’ Saya pikir, ya, ya. Akhirnya, pentingnya apa yang kita lakukan diakui. ”

Bagaimana perkembangan penjualan Gall & Gall? bagus juga kurasa?

“Penjualan telah meningkat, tetapi Anda juga harus memperhitungkan bahwa industri katering hilang selama berbulan-bulan. Yang sangat luar biasa adalah banyak produk roti dan telur dibeli selama penutupan. Dan kertas toilet habis. Awal tahun belum bisa dipastikan apakah Eropa akan menutup perbatasannya untuk pengangkutan barang. Jika itu terjadi, kita akan mendapat masalah.”

Apakah itu membangunkanmu?

“Tidak. Saya hanya berniat untuk tidur nyenyak selama ini. Kami memiliki tim krisis, kami mendiskusikan bersama apa yang harus dilakukan dalam situasi sulit. Jika saya panik, saya tidak baik untuk siapa pun.”

Wouter Kolk (1966) memulai karirnya di Harrods pada tahun 1988. Dia bekerja untuk Ahold selama 16 tahun dalam berbagai peran dan kemudian pindah ke WE Fashion. Dia telah menjadi CEO perusahaan induk Ahold Delhaize Europe & Indonesia selama dua tahun sekarang dan di Belanda bertanggung jawab untuk perusahaan seperti Gall & Gall, bol.com, Etos dan Albert Heijn. Dia mengatakan dia “sedikit tidak sabar, tetapi mengajukan pertanyaan yang tepat.” Dan dia memiliki “kemampuan untuk membuat orang merasa baik”. Dia tinggal bersama istri Inggris dan tiga putrinya di jantung kota Amsterdam. Dia tidak butuh krisis Corona untuk menyadari bahwa hidup itu indah. “Gelasnya selalu setengah penuh denganku.”

Apakah kamu tidak khawatir?

“Setiap kali saya memikirkan sesuatu, saya mengirim WhatsApp ke seseorang yang dapat mulai mengerjakannya. Jika Anda melihat dua centang biru itu, Anda telah kehilangannya.”

Bagaimana Anda memeriksa apakah sesuatu benar-benar terjadi?

“Kurasa itu akan terjadi.”

Dan jika tidak?

“Kemudian saya kecewa, atau paling buruk, marah. Saya tidak keberatan jika seseorang mengatakan di depan: Saya tidak bisa melakukan itu, atau saya terlalu sibuk. Tapi tidak setelah itu. Saya mencoba menciptakan suasana keterbukaan dan transparansi di mana orang bisa jujur.”

bagaimana kamu melakukannya?

“Jika seseorang bertanggung jawab di bol.com, atau Albert Heijn atau Delhaize, saya memberikan kunci tenda dan saya tidak memeriksanya terus-menerus. Mereka juga merasakan tanggung jawab dan keamanan itu. Saya ingin bekerja sama dengan pijakan yang setara. . Kemudian Anda mendapatkan percakapan yang baik. Saya sering bertanya apa yang orang rasakan, apa yang mereka takuti, apa yang mereka derita. Saya mengajukan pertanyaan. Tapi saya tidak akan mengambil alih pekerjaan mereka. Ini membantu membuat diri Anda rentan.”

READ  Badan Energi Internasional: Rekor emisi CO2 pada 2023 karena kebijakan pemerintah yang salah السياسةسة

Apakah Anda juga seorang penasihat rahasia?

“Aku mencoba untuk dekat.”

Apa karakteristik terpenting dari seorang pemimpin yang baik?

“Kemampuan untuk merasakan situasi dengan baik. Bahkan dengan Zoom, Anda dapat mengetahui apakah ada sesuatu yang salah dengan suara atau sikap seseorang. Anda harus menanggapi isyarat ini dengan serius. Saya sangat terbuka, mungkin terkadang sangat ekstrovert. Saya selalu mengatakan sangat sedikit. . Tim saya tahu segalanya. Saya pikir penting bahwa mereka tahu dalam konteks apa kami bekerja. Saya ingin mencari tahu sendiri. Mengapa kita melakukan sesuatu? Ke mana kita akan pergi? Saya tidak bisa menjalankan perintah tanpa mengetahuinya kenapa. Jadi saya tidak mengharapkan itu dari tim saya juga.”

Kesalahan apa yang pernah Anda lakukan sebagai seorang pemimpin?

“Salah satu kesalahannya adalah saya terlalu sibuk dengan kesuksesan individu dari merek-merek dalam portofolio saya. Itu berjalan dengan baik untuk waktu yang lama, tetapi pada satu titik saya melihat bahwa kami tidak melangkah lebih jauh. Saya harus lebih fokus. pada skala ekonomi yang kami miliki sebagai kelompok untuk bersaing. Dengan merek seperti Lidl dan Amazon, merek dalam Ahold Delhaize harus bekerja sama untuk mengembangkan produk dan layanan baru bersama-sama.”

Jadi apa yang harus kita pikirkan?

“Nutri-Score, misalnya, adalah sistem peringkat untuk mengklasifikasikan makanan menurut faktor kesehatan. Delhaize berhasil memperkenalkan ini dengan pemerintah Belgia. Albert Heijn tidak harus menemukan kembali roda itu.”

Bagaimana jika hal-hal tidak berhasil?

“Jadi saya kesal. Lalu saya pergi berolahraga atau minum bir dengan seorang teman dan kemudian semuanya akan beres dengan sendirinya. Saya tidak akan lama berada di dalamnya.”

Apakah Anda memiliki optimisme itu di rumah?

“Saya tumbuh dalam keluarga kelas menengah di Zandvoort. Ayah saya adalah seorang pemuda yang sangat baik. Dia memiliki perdagangan grosir alat-alat las. Saya bekerja di sana selama liburan: menghitung semua mur dan baut. Itu sering tentang kasus di rumah. Ibu saya juga Memikat: Dia berada di dewan klub hoki, klub tenis, klub jembatan, dia berakting dan dia di Angkatan Laut – dia siap untuk apa saja, sungguh. Saya juga suka berorganisasi hal-hal dan saya sering takut tersesat. Kami saling menyukai dalam hal itu. Saya tidak membutuhkan apa pun dari ayah saya. Saya merasa aman di rumah. Anda membawa perasaan itu seumur hidup. Itu sebabnya saya juga ingin ciptakan lingkungan yang aman untuk tim saya. Saya tahu bahwa orang-orang bertindak lebih karena kepercayaan daripada rasa takut.”

Ayah macam apa kamu?

“Saya memberi ketiga putri saya kepercayaan diri. Ketika mereka meminta saran saya, saya selalu mengatakan terlebih dahulu: Bagaimana menurut Anda? Saya sekarang belajar di Inggris. Saya tidak membutuhkannya. Saya tidak memaksa / sombong. Tetapi jika Anda bertanya kepada mereka, mereka mungkin akan mengatakan saya mengkritik. pada pacar. atau pada pilihan tertentu yang mereka buat.”

READ  Transportasi online - Indonesia selamatkan kapal selam yang tenggelam

Apakah Anda memisahkan pekerjaan dan kehidupan pribadi?

“Saya lebih menyukainya, tetapi saya bekerja di bisnis yang memiliki pendapat tentang hal itu. Putri saya terkadang berkata: Ayah, saya masih memiliki dorongan tabungan yang bagus. Atau seorang teman menyarankan: Saya punya ide bagus lain untuk sebuah produk. Ini, dari Tentu saja, selalu terjadi. Tetapi pada prinsipnya saya mencoba memisahkan secara ketat antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.”

Dengan Corona ini tidak menjadi lebih mudah.

“Anak-anak saya sekarang melihat apa yang saya lakukan untuk pertama kalinya. Saya telah bepergian selama setengah minggu. Sekarang sejak Januari saya belum melihat orang-orang di negara yang menjadi tanggung jawab saya. Saya memperbesar, tetapi saya melewatkannya secara langsung. ”

Saya memberikan wawancara selama konferensi itu. Saya tersentuh ketika pewawancara bertanya tentang ayahmu.

“Ayah saya meninggal pada usia 54; saya berusia 20 tahun. Dia meninggal tepat 35 tahun yang lalu. Saya berusia 54 tahun, dan saya selalu berambisi untuk lebih tua dari ayah saya. Ketika pewawancara tiba-tiba mulai berbicara tentang saya. ayah, sepertinya dia berdiri di depanku.”

Aku menembak sepenuhnya.

“Saya tidak keberatan menjadi emosional di depan orang lain. Saya bisa mendekati perasaan saya. Saya juga terkadang mendapatkannya dalam sebuah pertemuan. Lalu saya berkata, ‘Guys, saya tidak tahu apa yang kita lakukan, tapi itu tidak baik-baik saja. Untungnya, saya memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk mengatakan itu.”

Saya punya perasaan semuanya turun ke Anda sedikit. Apakah ini benar?

“Saya belum memberi tahu Anda bahwa saya bisa begitu memaksa. Saya ambisius, tetapi saya juga sangat senang dengan apa yang saya lakukan. Saya tidak pernah terlalu sibuk dengan pekerjaan berikutnya. Saya tidak peduli. tentang mendaki. Saya hanya ingin menikmati apa yang saya lakukan. Saya pikir ini tentang kematian dini orang tua saya. Saya ingin bersenang-senang.” Kadang-kadang saya bisa kehabisan kesabaran jika sesuatu tidak berjalan cukup cepat untuk saya.”

apa kelemahanmu?

Dia tertawa: “Anggur merah dan cokelat. Tidak … Saya tidak bercanda: Saya mendengar kadang-kadang saya bisa sedikit absen dari rumah. Istri saya mengatakan saya tidak selalu mendengarkan dengan baik. ” Apa sebenarnya yang akan dilakukan anak Anda? belajar, Air? Kamu masih bekerja!

Apakah Anda juga membicarakan pekerjaan istri Anda?

“Tentu. Bekerja di waktu keuangan Di Hong Kong dia saat ini bekerja untuk TedxAmsterdam Women. Ini mengetuk banyak perbedaan Di penyertaan. Ini juga penting untuk bisnis saya.”

Poin yang masih perlu diperhatikan di Ahold Delhaize, kan?

“Kita harus menjadi cerminan masyarakat. Toko kami mewakili bagian komunitas yang baik.”

Dan di markas?

Di sana kita mungkin lebih mewakili dunia akademik. Laki-laki adalah mayoritas. Itu harus berubah, tapi kita tidak bisa beralih secepat itu. Tidak banyak talenta di level senior; Itu harus ditanam di rumah. Ahold Delhaize adalah pengecer Ajax. Bos tumbuh bekerja dengan kami. Kepala Hema dari sini. Kami sangat bangga akan hal itu. Kami sekarang semakin banyak menggunakan Store sebagai platform pelatihan. Ini memberi kami tawaran yang lebih beragam dalam program pelatihan. Saya selalu melakukan makan siang pertama dengan peserta pelatihan. Di masa lalu, ini semua adalah anak laki-laki dan perempuan di Lyceum Het Baarnsch, tetapi masa itu telah berlalu. Untungnya, pada generasi berikutnya kita akan melihat lebih banyak keragaman di tingkat manajemen.”

READ  Inovasi masa depan pasar gin premium, perusahaan, dan perkiraan hingga 2030 - Hellendoornsnieuwsblad

Konsumen mengharapkan perusahaan besar untuk mengambil posisi sosial. bagaimana kamu melakukannya?

“Saya merasa sangat sulit. Tuan Heijn yang lama selalu berkata: Kami adalah penjual bahan makanan, kami bukan gereja dan kami bukan partai politik. Tentu saja, semua orang datang kepada kami. Kami memiliki dua ratus kebangsaan di Belanda. Saya pikir mereka semua bekerja dengan kami. Saya ingin berada di sana untuk semua orang tetapi jika saya mengambil sikap A untuk sesuatu, itu selalu bertentangan dengan sesuatu.”

Anda dapat mendorong konsumen untuk membuat pilihan yang tepat.

“Kami juga melakukan itu. Tapi Anda tetap toko untuk semua orang. Ambil contoh diskusi tentang menjual tembakau. Satu dari empat pelanggan membeli tembakau dari kami. Tidak masuk akal menjadi satu-satunya supermarket yang mengatakan: Kami tidak lagi menjual tembakau. . Sekarang pemerintah telah memutuskan Bahwa kita sebagai industri tidak akan diizinkan untuk menjualnya, saya pikir itu sedikit berbeda. Kemudian Anda melakukannya bersama-sama.”

Anda sekarang tinggal di Amsterdam. Bagaimana Anda menyukai ini?

“Saya tinggal di jantung pusat kota. Saya seorang pangeran Amsterdam sejati. Saya suka pulang ke sini. Ini mungkin yang paling saya rindukan tentang perjalanan: pulang ke rumah.”

Bagaimana Anda tinggal di kota sekarang selama periode Corona ini?

“Awalnya saya merasa luar biasa: sangat sepi. Saya biasanya duduk di antara kantong dan mabuk. Tapi saya juga berpikir itu menakutkan. Pada satu titik saya berpikir: Saya tidak tinggal di kota untuk ini. Saya ingin melihat orang-orang yang saya kenal lebih baik di lingkungan sekitar, mengenal saya Sekarang mereka menyapa saya ketika saya masuk.”

Apa yang ingin Anda tinggalkan?

“Kadang-kadang saya pergi ke pemakaman dan saya berpikir: Apa yang akan mereka katakan tentang saya? Bagaimanapun, saya berharap ketiga putri saya yang berdiri di sana merasa saya adalah ayah yang sangat baik. Dan jika seseorang dari Ahold Delhaize datang untuk memberikan pidato, seperti: Wouter telah mencapai ini dan itu, yah … tidak, saya tahu apakah itu penting.”

Sampai sekarang. Orang ini di sini. Apa yang Anda harapkan untuk dikatakan atau dikatakan?

“Saya selalu optimis, terlibat, dan ceria. Saya telah bekerja keras. Saya selalu memikirkan masa depan dan tidak pernah memikirkan masa lalu. Bahwa saya tidak malu dengan perubahan, bahwa saya adalah pemikir konteks. Dan pria yang sangat baik yang bisa Anda tertawakan yang selalu tetap sama. Saya juga berharap banyak orang datang.” Dia tertawa: “Saya sangat menyesal kehilangan dia.”