BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

China memulai latihan militer di sekitar Taiwan karena kunjungan Pelosi

Agensi Pers Prancis

NOS. Beritadiubah

Televisi pemerintah China mengatakan bahwa China telah memulai latihan militer di seluruh Taiwan, yang telah diumumkan. Latihan itu dilakukan sebagai tanggapan atas kunjungan politisi AS terkemuka Nancy Pelosi ke Taiwan, yang menjijikkan bagi Beijing. Menteri luar negeri China menggambarkan kunjungannya sebagai sangat tidak bertanggung jawab dan tidak rasional.

Menurut radio pemerintah, tembakan dilepaskan dari laut dan udara di sekitar Taiwan. Radio tersebut menyatakan bahwa “enam wilayah besar di sekitar pulau telah dipilih untuk latihan tempur ini.” Kapal dan pesawat lain tidak diizinkan memasuki area ini selama latihan.

Kantor berita Reuters, berdasarkan sumber Taiwan, melaporkan bahwa sekitar selusin kapal China sempat melintasi garis tengah di Selat Taiwan, selat antara China dan Taiwan, tadi malam. Disebutkan pula bahwa beberapa pesawat tempur terbang melintasi perbatasan antara wilayah perairan kedua negara pagi ini. Namun, hal ini belum dikonfirmasi oleh sumber lain.

Sebelum itu adalah harapan Banyak pesawat tempur dan kapal perang akan menembakkan peluru tajam beberapa mil di lepas pantai Taiwan. Menurut Kementerian Pertahanan Taiwan, China telah menerbangkan drone di atas Taiwan tadi malam. Ketika pulau merespons dengan bom, drone menghilang lagi.

Menanggapi latihan militer China yang kontroversial, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan negara itu “bersiap untuk perang tanpa mencari perang.”

kunjungan ke taiwan

Nancy Pelosi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS dan urutan kedua setelah Wakil Presiden, mengunjungi Taiwan pada Selasa dan kemarin sebagai bagian dari perjalanan ke Asia.

Bahkan sesaat sebelum kunjungannya, tidak jelas apakah dia akan mengunjungi negara Asia Timur itu, karena hubungan antara Amerika Serikat dan Taiwan, yang dianggap China sebagai provinsi yang memisahkan diri, sensitif. China telah menerapkan banyak tekanan sebelumnya untuk melewati Taiwan, termasuk ancaman tanggapan militer.

Namun, Pelosi pergi ke Taiwan, di mana dia berbicara kemarin dengan Presiden Tsai Ing-wen, antara lain. Kebijakan Amerika menegaskan bahwa itu datang untuk menunjukkan bahwa Amerika Serikat berdiri di belakang Taiwan dan bahwa kemerdekaan negara itu adalah salah satu ujung tombak kebijakan luar negeri Amerika.

Omong-omong, kunjungannya juga sensitif di Amerika Serikat sendiri: Presiden Biden, antara lain, sebelumnya telah menyatakan keraguan tentang dia, karena hubungan antara Amerika Serikat dan China sangat tegang.

Kunjungan Pelosi dalam tiga video:

  • Nancy Pelosi telah mendarat di Taiwan

  • Politisi senior Pelosi berbicara dengan Parlemen dan Presiden Taiwan

  • Menunjukkan kekuatan dan otot setelah kunjungan Pelosi ke Taiwan