BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

COVID-19: Netflix kucurkan Rp 7,1 miliar kepada pekerja film di Indonesia

COVID-19: Netflix kucurkan Rp 7,1 miliar kepada pekerja film di Indonesia

Bantuan ini kami serahkan kepada BPI yang bekerja sama dengan Netflix serta seluruh organisasi terkait BPI, agar bantuan darurat dapat disalurkan kepada para pekerja film di Indonesia.

JAKARTA (ANTARA) – Platform streaming online Netflix mengumumkan kerja sama dengan Badan Fotografi Indonesia (BPI) untuk memberikan dana sebesar US$500.000 atau setara Rp7,1 miliar untuk membantu pekerja film dan televisi yang terdampak pandemi di Indonesia.

Perusahaan mengatakan bantuan tersebut merupakan bagian dari Netflix Global Hardship Fund senilai US$150 juta atau setara dengan 2,1 triliun rupiah yang dibentuk untuk membantu komunitas kreatif di tengah pandemi. Ia menambahkan, dana tersebut sebagian besar disalurkan kepada para pekerja film yang terdampak pandemi.

Netflix mengatakan dana tersebut bertujuan untuk mendukung secara finansial kru dan pekerja lepas di industri film dan televisi Indonesia yang paling terpukul oleh pandemi ini.

“Bantuan ini kami serahkan kepada BPI yang bekerja sama dengan Netflix serta seluruh organisasi yang terkait dengan BPI, agar bantuan darurat dapat disalurkan kepada para pekerja bioskop di Indonesia,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Ono dalam siaran persnya. dikeluarkan di sini pada hari Kamis. .

“Kami optimis sinergi dan dukungan seluruh elemen Pentahelix – pemerintah, akademisi, institusi, pelaku usaha, masyarakat, dan media – akan melahirkan inovasi dan kreativitas dalam mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19,” tambahnya. .

Dalam upaya percepatan pemulihan sektor ekonomi kreatif khususnya subsektor perfilman pada tahun 2021, Kementerian juga akan melaksanakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) subsektor tersebut dengan tiga skema yaitu Skema Promosi Film Indonesia, Skema Produksi Film Indonesia dan Skema Pembelian Lisensi Film Indonesia.

READ  Direktur Quinn dan pilot pesawat tak berawak terbang dari kolom ke kolom, "tapi Diviner masih yang tercantik."

Berita terkait: Pekerja film dan artis menerima bantuan sosial dari pemerintah

Ia mengatakan melalui program-program tersebut, industri film Indonesia diharapkan dapat berkontribusi terhadap pemulihan perekonomian sehingga lapangan kerja di industri film dan siklus produksi film dapat dipulihkan.

Sementara itu, Presiden BPI Chand Parwis mengaku menghormati dukungan Netflix terhadap pekerja film di Indonesia.

“Kami akan memprioritaskan pekerja yang paling terkena dampak dan paling membutuhkan bantuan dengan mempertimbangkan kesulitan keuangan penerima manfaat,” tambahnya.

Sementara itu, Robin Hatari, Direktur Kebijakan Publik Netflix, mencatat pandemi yang berkepanjangan masih berdampak pada Indonesia.

Ia menambahkan, dengan mengucurkan dana bantuan dan menggandeng BPT, Netflix berharap dapat membantu para pekerja di industri hiburan yang terdampak.

“Kami berharap, dengan dukungan finansial yang dikucurkan di tengah pandemi ini, mereka dapat segera melanjutkan proyek-proyek kreatif,” kata Hattari.

Ia menambahkan, BPI akan membentuk komite independen dengan melibatkan 18 asosiasi profesi fotografi untuk menyeleksi pekerja film yang akan menerima bantuan. Dia mengumumkan bahwa komite tersebut akan mulai bekerja pada bulan September hingga November tahun ini.
Berita terkait: Kementerian membacakan protokol industri film di tengah pandemi COVID-19
Berita Terkait: Pemerintah mewajibkan kru film di Jakarta menjalani tes Covid-19

Diterjemahkan oleh: Maria Cecilia, Goetta Tresna R
Redaktur: Soeharto
Hak Cipta © Antara 2021