BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Cucu dari Timur – Filmkrant

Cucu dari Timur – Filmkrant

Dua sahabat mengikuti jejak kakek mereka yang ikut dalam operasi polisi dari berbagai latar belakang di Indonesia. “Kemarahan tidak salah, tetapi kamu harus melakukan sesuatu untuk itu.”

Dan van Sitters tahu bahwa kakeknya pernah menjadi sukarelawan pasukan Belanda yang seharusnya menekan gerakan kemerdekaan di Hindia Belanda. Tapi apa artinya itu, Don tahu ketika dia masuk ke dalamnya, katanya dalam film dokumenter panjang pertamanya Cucu dari Timur. Itu berarti dia melihatnya di catatan TimurDia berperan sebagai tentara dalam hal ini.

Selama rekaman itu dia berteman dengan aktor Maluku-Belanda Jonos Polnaya, yang kakeknya adalah seorang prajurit KNIL Maluku yang ikut serta dalam apa yang disebut operasi polisi. Ini memberi Polnaya perspektif yang berbeda dari Van Sitters dan menghasilkan percakapan yang hebat dalam film dokumenter pribadi ini.

Bersama-sama mereka kembali ke Indonesia untuk mengunjungi tempat kakek mereka berada. Dan, sambil mencari, berempati dengan para veteran masa lalu dan melihat apa arti sejarah kelam itu bagi generasi sekarang. Bagi Polnaya, itu adalah sejarah yang masih aktif dibisikkan di komunitas Maluku di Belanda tempat dia dibesarkan. Koper itu penuh dengan catatan, dokumen, dan foto kakek Van Sitter.

Eksplorasi mulus mereka diilustrasikan secara jelas dengan rekaman arsip, film rumahan, dan rekaman. Timur, dapatkan catatan penyelesaian puisi. Hasilnya adalah persinggungan antara catatan sejarah dan pencarian rasa, pengalaman van Sitter dan Polnaya. Ini terutama yang terakhir yang Anda alami secara intim. Terkadang secara mengejutkan santai, ketika bertemu dengan sekelompok pemuda Maluku.

Jangan mengharapkan wahyu yang spektakuler, tetapi saat-saat yang menunjukkan betapa tidak nyamannya menghadapi masa lalu itu, tetapi betapa pentingnya pikiran terbuka. Karena masa lalu selalu berpengaruh, seperti yang ditunjukkan oleh gambar pembuka yang aneh dari percobaan tikus.

READ  Sekarang para politisi di Den Haag dapat mempertimbangkan perang kolonial yang mengerikan

Kunjungan Polnaya ke rumah keluarganya di luar dugaan mengharukan, dan ia mungkin akan semakin marah ketika menyadari bagaimana para pejuang KNIL Maluku telah ditinggalkan oleh Belanda. Hal ini menyebabkan, antara lain, pembajakan kereta api di D Bundy dan tindakan yang melibatkan ayahnya. Von Sitters menyadari dengan malu bahwa keturunan leluhurnya sendiri jauh ke belakang.

Misalnya, berbeda dengan para pejuang kemerdekaan Indonesia, kasus Maluku lebih mendapat perhatian. Anda mungkin menyebutnya sedikit sepihak, tetapi penting untuk menunjukkan bagaimana Anda dapat dengan jujur ​​​​melihat masa lalu tanpa Von Zitters dan Polnaya saling bertengkar. Anda harus melawan pemikiran dan sistem lama bersama-sama, yang merupakan akhir dari segalanya.

Yang terakhir adalah tujuan dari kampanye kesadaran yang diselenggarakan seputar film oleh New Amsterdam Film Institute. Seperti yang terjadi sebelumnya Timur.


Cucu dari Timur Film ini dibuka pada 24 Maret dan akan diputar di bioskop mulai 6 April.