BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dalam percakapan dengan pendiri FTE Dennis Slotman dan Martin Camvins

Dennis Slotman dan Martin Camvins adalah pendiri FTE Groep, sebuah agen konsultasi dan sementara dari Utrecht. Percakapan dengan duo tentang topik kewirausahaan: Apa yang membuat jantung mereka berdetak lebih cepat dan bagaimana mereka mengalami kewirausahaan?

Apakah memulai bisnis Anda sendiri merupakan impian masa kecil yang menjadi kenyataan bagi Anda?

Dennis: “Ya untuk saya! Sejak saya masih kecil, saya telah bermimpi menjadi seorang pengusaha. Saya pernah menjadi negosiator sejati dengan kelereng dan saya pikir saya menemukan Utrecht Duty Free.”

“Kemudian, wirausaha mengambil bentuk yang lebih serius dan saya mulai mengimpor dan menjual furnitur jati dari Indonesia dan memulai agen riset pasar. Singkatnya, saya selalu sibuk dan ingin memulai sesuatu yang serius untuk diri saya sendiri, tetapi bagaimana saya memulai setelah itu? Itu saja. adalah pertanyaan besarnya.”

Martin: “Itu sesuatu yang berbeda bagi saya. Setelah menyelesaikan studi saya, saya pindah ke penempatan. Awalnya saya bekerja sebagai manajer akun dan kemudian sebagai manajer penjualan berbayar, tetapi saya mulai semakin gatal dan bertanya pada diri sendiri pertanyaan ‘Bisa’ t saya bekerja lebih baik untuk diri saya sendiri?’.

“Saya selalu suka mempersiapkan hal-hal baru dan gagasan bahwa saya dapat memutuskan sendiri apa yang harus saya lakukan lebih dan lebih. Dennis dan saya adalah teman langsung pada saat itu dan setelah kami membicarakan impian kami satu sama lain, kami berpikir: Mengapa tidak melakukannya bersama?”

Dennis: “Martijn pandai dalam penjualan, itu benar-benar poin terkuatnya. Saya pandai menggambar garis, membuat rencana dan melihat ke depan. Kemudian kami meletakkan resume kami berdampingan dan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kami. Segera menjadi jelas bahwa tidak ada dari kami ingin memulai sendiri, jadi kami memutuskan untuk memulai petualangan ini bersama-sama.”

READ  India menunda komitmen pendaftaran penyedia VPN selama tiga bulan

Saya melompat ke ujung yang dalam dan mulai melakukan bisnis bersama. Apa bagian terbaik dan paling tidak menyenangkan dari kewirausahaan?

Martin: “Ini klise tapi itu benar. Hal terbaik tentang berbisnis adalah kebebasan yang dibawanya. Anda dapat menarik garis sendiri, menentukan arah dan tidak ada yang akan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan.”

Dennis: “Hal terbaik dalam berbisnis adalah saya bisa menciptakan sesuatu. Dalam hal itu, saya juga bisa menjadi arsitek, saya selalu berinovasi dan berkembang. Tentu saja ada sisi negatifnya dari berwirausaha. Itu bagi saya adalah saya selalu ‘aktif’.” Menemukan keseimbangan kehidupan kerja terkadang cukup menantang.”

Martin: “Ya, saya mengerti, kata Denise. Grup FTE benar-benar anak kami. Anda selalu saja di dalamnya. Seperti anak-anak, FTE juga tumbuh. Terkadang itu berjalan dengan baik dan terkadang tidak. Kemudian PHK itu sulit, Tapi terkadang perlu memberi ruang kepada orang lain juga.”

Martijn Camphens, Direktur Grup FTE

Dan apa yang paling dia syukuri?

Dennis: “Saya sangat bersyukur atas kegembiraan yang dibawa oleh kewirausahaan. Saya dapat kehilangan jiwa dan rahmat di dalamnya dan mengembangkan diri. Ketika saya melihat FTE tumbuh dan mencapai kesuksesan, saya merasa itu adalah penghargaan saya. Ini semua adalah komponen penting bagi saya yang memastikan kebahagiaan saya di tempat kerja.”

Martin: “Saya juga sangat bersyukur atas kesenangan yang saya dapatkan dari berbisnis. Di FTE saya bisa menjadi diri sendiri 100%. Saya tidak harus berusaha keras untuk melakukan pekerjaan saya, saya melakukan semuanya dengan senang hati. Ini adalah hadiah yang nyata untuk saya!”

Kegembiraan juga merupakan salah satu nilai inti FTE dan merayakan kesuksesan dalam DNA Anda. Mengapa ini sangat penting bagi Anda?

Dennis: “Di tempat kerja saya sebelumnya, di mana saya bertemu Martijn, kami melihat kesenangan dan perayaan kesuksesan yang dilakukan untuk perusahaan Anda dan belajar dari itu. Tapi budaya yang kami ciptakan di FTE juga benar-benar merupakan terjemahan dari diri kami sendiri.”

READ  De Heus Asia • Pump NL Unit Dosis Uap dan Enzim

Martin: “Istilah bersenang-senang juga semakin banyak maknanya selama bertahun-tahun. Awalnya kami memberikan panduan bagaimana kami ingin melakukan segalanya. Bersenang-senang benar-benar salah satu hal pertama yang kami tulis.”

“Sebelumnya, itu diterjemahkan ke dalam pesta yang menyenangkan dan jalan-jalan yang menyenangkan. Mereka masih ada sampai sekarang, tetapi saat ini kesenangan juga merupakan sesi kognitif, berkarir dan dapat mengembangkan diri. Semua bahan ini bersama-sama memberikan kepuasan kerja.”

Apa resep rahasia untuk kerjasama yang sukses Anda?

Martin: “Mengakui bahwa orang lain lebih baik dalam sesuatu. Ini adalah kekuatan kolaborasi kami, formula kami. Anda harus bisa membentuk tim dan saling memberi ruang untuk mengatur panggung bagi yang lain.”

Dennis: “Ya, dan ketika perusahaan Anda tumbuh dan berkembang, Anda harus membuat kesepakatan yang baik. Anda harus membagi hal-hal, mengesampingkan diri sendiri dan berani mengandalkan saran atau wawasan orang lain.”

Martin: “Jelas kerja sama kami telah berubah selama 15 tahun terakhir. Pada awalnya, Anda benar-benar di bibir satu sama lain dan sekarang Anda tidak banyak bicara seperti sebelumnya. Ini tidak lagi diperlukan. Kepercayaan itu baik dan kami tahu kekuatan satu sama lain. dan kelemahan dan kami menanggapinya dengan baik”.

“Saya pikir sangat bagus bagaimana dia bisa melihat Dennis di masa depan dan bagaimana menyatukan ini menjadi cerita yang kuat. Ditambah lagi, saya tidak hanya mengagumi visinya tentang profesi, tetapi saya juga mengaguminya sebagai pribadi.”

Dennis: “Jika Anda sudah bersama untuk jangka panjang, Anda akan menghargai semua poin kuat lainnya. Martin selalu ada saat Anda membutuhkannya. Dia memiliki otoritas eksekutif dan pola pikir “lakukan saja”. Kami juga telah belajar bahwa orang lain terkadang lebih baik dalam sesuatu dan kami memberikan ruang itu.”

READ  Al-Barsib juga merupakan jalinan kekerasan

Terakhir, apakah Anda punya tips emas untuk pengusaha lain?

Martin: “Pikirkan tentang work-life balance. Anda cenderung overthinking dan garis itu sangat tipis. Plus, dalam berwirausaha Anda tidak perlu takut melakukan kesalahan, karena Anda belajar darinya.”

Dennis: “Saya akan mengatakan kepada semua pengusaha potensial yang melihat beruang di jalan: Pergi saja! Dan jika Anda melakukannya, gunakan dengan kapasitas penuh dan bukan setengahnya. Pengetahuan diri dan refleksi diri juga sangat penting. Lihatlah perusahaan Anda dan pastikan Anda tahu siapa Anda, apa yang Anda perjuangkan dan apa yang mengikat satu sama lain.