BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dari Helmand hingga hutan Indonesia dan Kamboja – Voetbal International

Dari Helmand hingga hutan Indonesia dan Kamboja – Voetbal International

Jelle Goselink (24) adalah striker yang tidak disebutkan namanya dalam kategori Juara Dapur di Belanda. Setelah bertahun-tahun di Almere City dan Helmand Sport, dia sangat mencari sesuatu yang baru. Dia mendapatkannya juga. Pertama dia berakhir di hutan Indonesia. Empat bulan kemudian, ibu kota Kamboja, Phnom Penh, tiba-tiba menjadi rumahnya. Goselink membawa kita pada petualangan istimewanya.

‘Saya baru-baru ini mengikuti pelatihan tuk tuk di Phnom Penh. Sementara itu, saya melakukan FaceTime dengan teman saya. Pada satu titik dia berkata: “Jelle, kawan… kamu naik tuk tuk ke tempat latihanmu!” Di sanalah saya menyadari bahwa ini sebenarnya cukup gila, tetapi inilah alasan saya memulai petualangan ini enam bulan lalu.

“Saya selalu mengatakan di rumah bahwa jika hal itu tidak terjadi di Belanda, saya akan bermain sepak bola di luar negeri. Ada suatu saat tahun lalu di Helmand Sport di mana saya mengalami cedera selama empat bulan. Kami bermain di posisi terbawah divisi Kitchen Champions dan hampir tidak ada persaingan atas nama saya musim itu. Lalu saya berpikir: Apakah kamu tahu? Saya akan melihat-lihat sedikit dan memperluas jaringan saya sendiri. Sejak saat itu saya transparan tentang segala hal.

© Tembakan Pro
Selama masa Jelly Gosling di Helmand Sport.

“Di akhir musim saya kembali bugar dan mencetak beberapa gol bagus. Jadi saya punya beberapa gambar terbaru yang bagus dan saya sendiri yang menggabungkannya ke dalam video. Melalui pelatih muda saya di Almere City, René Coster, saya menghubungi agen Australia yang memiliki kontak baik di Asia. Saya mengiriminya foto dan dia mulai bekerja untuk saya. Saat itu saya sebenarnya sudah menyelesaikan klub dari Jerman, namun tiba-tiba agennya datang dengan membawa klub dari pulau Kalimantan Indonesia. Saya langsung berpikir: Wah, ini sakit!

READ  'Skimmer Belanda menjarah satu juta euro di Indonesia' | Lokal

Hal yang hebat adalah ketika saya masih kecil, saya menonton Liliabaly bermain dari stand De Galkenward.

‘Pilihan saya menjadi lebih mudah karena saya memilihnya Transfermarkt.com Ia melihat sudah banyak orang Belanda di klub tersebut. Pieter Huistra melatih dan Diego Michaels serta Stefano Lilibali bermain sepak bola di sana. Hal yang hebat adalah ketika saya masih kecil, saya menyaksikan Lillebali bermain dari tribun De Galkenward. Klub memberi saya waktu tiga hari untuk memutuskan, tetapi saya tidak bisa melepaskan petualangan ini. Beberapa hari kemudian saya berada di pesawat.

‘Kalimantan benar-benar hutan dan karena iklim tropis terkadang terlalu panas untuk berjalan di luar selama sepuluh menit. Saat hujan deras, saya belum pernah melihat hujan sebanyak itu sekaligus. Di Samarinda, kota klub, terjadi kekacauan mobil, sepeda motor, dan gerobak yang menjual jajanan kaki lima. Pada minggu pertama saya memberi tahu rekan satu tim saya: “Tidak mungkin saya mengemudi ke sini sendirian.” Saya tidak tahu kapan jalan itu satu arah dan orang-orang saling mendahului di semua sisi saat melewati lampu merah. Awalnya saya pikir itu menakutkan, tapi akhirnya saya mulai mengemudi sendiri.

Jelle Gosling bersama ayahnya di stadion Borneo FC.
Jelle Gosling bersama ayahnya di stadion Borneo FC.

‘Saya langsung menyukai petualangan ini, namun perjalanan saya di Indonesia tidak dimulai dengan baik. Untuk persiapan musim ini kami pergi ke kamp pelatihan di Yogyakarta di pulau Jawa. Suatu malam saya tertidur tetapi setengah terbangun karena semuanya mulai bergetar. Saya sedang tidur di kamar bersama rekan setim saya di Myanmar dan bertanya kepadanya: “Yo! Apakah ini benar?” Awalnya saya kira mata saya gemetar, tapi ternyata itu gempa. Semua orang keluar dari kamar mereka sambil berteriak dan berlari keluar. Untungnya, pada akhirnya hasilnya relatif baik. Anak-anak asing belum pernah mengalami hal ini sebelumnya, tapi ini jelas bukan gempa pertama bagi banyak rekan satu tim. Rekan satu tim saya dari Myanmar berkata: “Itu normal di Myanmar”.

VI PRO merayakan bulan Desember

VI PRO + VI Spesial Natal hanya €6 per bulan! VI PRO memberi Anda lebih banyak wawasan tentang kompetisi Eropa dengan wawancara eksklusif, analisis, dan wawasan keuangan.

VI PRO merayakan bulan Desember

VI PRO + VI Spesial Natal hanya €6 per bulan! VI PRO memberi Anda lebih banyak wawasan tentang kompetisi Eropa dengan wawancara eksklusif, analisis, dan wawasan keuangan.