BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dengan kunci sandi baru, Anda (akhirnya) bisa lupa kata sandi Anda

Dengan kunci sandi baru, Anda (akhirnya) bisa lupa kata sandi Anda

Sulit untuk mengingat kata sandi yang kuat dan unik untuk segala hal. Hasilnya adalah kita menggunakan kata sandi yang buruk secara massal dan sering kali menggunakan kata sandi yang sama. Atau simpan kata sandi di tempat yang tidak aman atau tuliskan di selembar kertas. Ini tidak aman, itulah sebabnya sekelompok raksasa teknologi – termasuk Apple, Google, dan Microsoft – menciptakan teknologi baru.

Metode sederhana

Kunci sandi adalah cara sederhana dan aman untuk masuk ke situs web dan aplikasi. Itu adalah jenis kunci digital yang disimpan dengan aman di perangkat Anda, dan Anda hanya dapat mengakses kunci ini menggunakan sidik jari, pengenalan wajah, atau sekadar PIN.

Sederhananya: cara Anda membuka kunci ponsel cerdas juga akan membantu Anda masuk ke aplikasi dan situs web mulai sekarang. Kami menjelaskan cara kerjanya dalam video di bawah ini.

Keuntungan besar dari kunci sandi adalah Anda tidak perlu lagi mengingat kata sandi baru untuk setiap situs web atau aplikasi, sehingga jauh lebih aman. Namun ada dua keuntungan penting lainnya.

Yang pertama dan terpenting, kunci sandi memastikan bahwa penipuan phishing (situs web palsu) hampir tidak mungkin terjadi. Kunci digital ini dibuat untuk setiap situs web dan hanya berfungsi untuk situs web tersebut. Jika Anda secara tidak sengaja membuka situs web palsu yang berbahaya bagi bank Anda, kunci sandi Anda tidak akan berfungsi di sana dan Anda tidak akan masuk. Dengan cara ini Anda tahu bahwa Anda berada di situs palsu.

Sulit untuk diretas

Lalu keuntungan besar kedua: kunci sandi jauh lebih sulit untuk diretas. Cara kerjanya seperti ini: Peretas kriminal biasanya mencuri kata sandi Anda dengan meretas situs web dan aplikasi tempat Anda memiliki profil.

READ  Smartphone Samsung mendapatkan AMD GPU dengan dukungan untuk ray tracing dan VRS - tablet dan ponsel - news

Dengan kunci sandi, mereka tidak lagi mencuri kata sandi, melainkan bagian dari kunci digital Anda. Dan mereka tidak dapat melakukan apa pun dengan karya ini. Ini seperti sepotong kecil kunci rumah Anda yang rusak: Anda tidak dapat membuka pintu dengan potongan itu.

Bagaimana cara kerja kunci sandi?

Kunci sandi berfungsi dengan enkripsi asimetris. Ini mungkin terdengar rumit, tapi tidak terlalu buruk: ini berarti Anda memiliki dua kunci, kunci privat dan kunci publik. Kunci publik tidak sensitif dan disimpan bersama aplikasi atau situs web yang bersangkutan – sehingga mudah diretas dan dicuri. Kunci pribadi disimpan dengan aman di perangkat Anda.

Saat Anda ingin masuk ke suatu situs web, situs web tersebut menanyakan apakah Anda ingin menunjukkan bahwa Anda memiliki kunci pribadi yang dimiliki oleh kunci publik. Proses ini disebut juga jabat tangan. Jika berhasil, Anda dapat masuk. Tanpa kunci pribadi Anda tidak dapat melakukan jabat tangan seperti itu.

Secara umum, Anda tidak dapat mengakses kunci sandi kecuali Anda mengidentifikasi diri menggunakan sidik jari, pemindaian wajah, atau PIN — sama seperti cara kita membuka kunci ponsel. Ini sedikit lebih aman.

Banyak situs

Anda kini dapat menggunakan kunci sandi di perangkat yang menjalankan setidaknya iOS 16 atau Android 9. Setelah Anda masuk ke situs web atau aplikasi yang mendukung kunci sandi, Anda akan menerima pesan yang menanyakan apakah Anda ingin membuat kunci sandi dan menyimpannya di ponsel cerdas Anda. Ini biasanya disimpan dengan aman di akun iCloud atau Google Anda, sehingga Anda dapat mengakses kunci sandi ini di semua perangkat Anda.

Saat login dengan kunci sandi, seringkali diperlukan beberapa bentuk autentikasi, berupa sidik jari, pemindaian wajah, atau PIN. Tentu saja, situs tersebut harus mengetahui bahwa Andalah yang sebenarnya menggunakan kunci sandi tersebut.

READ  Anda sedang mencari smartphone murah? Ini adalah 200 euro terbaik | Teknik

Hal ini masuk akal pada ponsel cerdas Anda – yang tentunya memiliki pemindai – tetapi belum pada banyak laptop. Jika Anda mencoba masuk ke sana dengan kunci sandi, biasanya Anda harus memindai kode QR dengan ponsel Anda untuk memverifikasi identitas Anda — seperti halnya dengan DigiD.

Hanya ada beberapa situs web dan aplikasi yang mendukung kunci sandi, termasuk… apel, Google, Amazon, PayPal, Ada apa Dan TIK tok. Artinya, teknologi ini masih dalam tahap awal.

Bagaimana jika pencuri mencuri ponsel Anda? Lalu dia memiliki ponsel Anda, tetapi tidak dapat mengakses kunci sandi Anda. Untuk menggunakannya juga memerlukan sidik jari, scan wajah, atau PIN Anda. Selama dia tidak bisa membuka kunci ponsel Anda, dia tidak akan bisa melakukan apa pun dengannya.

Risiko peretasan?

Namun tentu saja Anda juga mempunyai peretas kriminal yang mungkin membobol ponsel Anda dan mencuri kunci sandi Anda. Hal ini mungkin terjadi, tetapi sangat jarang. Sangat sulit untuk meretas perangkat Android dan iPhone yang memiliki update terkini. Banyak peretas kriminal bahkan tidak bisa meretas telepon dari jarak jauh, apalagi mengakses kunci sandi yang diamankan dengan baik.

Risiko besar yang dihadapi kebanyakan orang adalah kata sandi mereka dicuri atau diretas dan mereka jatuh ke dalam perangkap phishing. Kunci sandi baru ini melindungi dengan baik terhadap kedua bahaya tersebut. Dan karena kunci sandi sering kali disinkronkan antar perangkat, sama seperti foto Anda, misalnya, tidak ada masalah jika ponsel cerdas Anda tiba-tiba rusak atau hilang.

Apakah sidik jari seperti ini aman?

Penggunaan sidik jari atau pemindaian wajah aman karena wajah Anda tidak dapat disalin atau dicuri, seperti PIN atau kata sandi. Jari atau wajah Anda juga tidak disimpan sebagai sidik jari asli, seperti yang dipikirkan banyak orang, tetapi sebagai kode unik yang sangat panjang yang bervariasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya dan tidak pernah keluar dari perangkat Anda. Meskipun kode ini dicuri, penyerang tidak akan dapat menggunakannya.

READ  Setahun kemudian: Bagaimana kegigihan penjelajah Mars bekerja?

Sangat penting untuk melindungi PIN ponsel cerdas Anda sebaik mungkin, karena dalam beberapa kasus, PIN memungkinkan akses penuh ke cloud Anda (foto, kata sandi, dll.). Menggunakan sidik jari atau pemindaian wajah bila memungkinkan memastikan sesedikit mungkin orang yang dapat membaca PIN Anda.

Perbaiki semua jenis kerentanan

Para ahli sepakat bahwa cara login baru ini lebih aman dibandingkan menggunakan kata sandi. Ini lebih cepat, lebih mudah dan lebih aman, kata Herbert Bos, profesor keamanan siber di Vrije Universiteit: “Ini memecahkan semua jenis kerentanan dalam login yang ada, seperti menggunakan kata sandi yang lemah, mengingat semua kata sandi dan database dengan kata sandi yang dapat diretas.”

Bos yakin masyarakat harus terbiasa dengan format login baru ini. “Cara kerja kunci sandi sangat berbeda dengan kata sandi, dan saya membayangkan kecepatan dan kenyamanannya mungkin membuat beberapa orang ‘merasa’ kurang aman – namun ternyata tidak.”

Diperlukan waktu bertahun-tahun sebelum kunci sandi benar-benar menggantikan kata sandi. Sampai saat itu tiba, teknologi tersebut akan tetap menggunakan kata sandi lama yang terpercaya.