BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Di mana ikan karang manta, ikon lautan yang luas, lebih suka nongkrong

Ini dianggap sebagai salah satu hewan paling terkenal di lautan luas, itulah sebabnya penyelam laut dalam berbondong-bondong ke sana seperti lebah untuk mendapatkan nektar: pari manta, atau pari manta. Ikan dari keluarga eagle ray ini panjangnya bisa mencapai 5 meter dan merupakan salah satu spesies yang terancam punah. Para peneliti dari Universitas Murdoch Australia, antara lain, telah mampu mengidentifikasi 1.000 ikan karang manta di Taman Nasional Komodo di Indonesia, sebuah kawasan yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia, berdasarkan 4.000 foto yang diambil dan diserahkan oleh para penyelam amatir yang antusias. Ikan bisa dikenali dari pola perutnya yang unik dan terkadang mencolok.

Ini juga memberi para peneliti lebih banyak wawasan tentang pola gerakan pari itu sendiri dan preferensi mereka untuk area di mana mereka lebih suka tinggal. Larangan berburu telah diberlakukan di berbagai lokasi Taman Nasional Komodo untuk melindungi pari. Akibat penangkapan ikan secara ilegal dan pola perjalanannya yang tidak menentu ke daerah-daerah di mana penangkapan ikan tidak dilarang, sekitar 5 persen pari masih mengalami cedera saat menangkap ikan. Dengan penelitian ini, para ilmuwan berharap dapat mengambil tindakan pencegahan yang lebih tepat sasaran.

Patung Simon J. Pearce

READ  Bitcoin adalah mimpi buruk bagi perekonomian El Salvador