BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Drive SSD eksternal pertama dengan revisi USB4

  • ADATA SE920 1 TB
  • Kasus Jeyi ThunderRate

Singkatnya

Dengan pengontrol ASMedia 2464, Adata SE920 hanya memerlukan satu pengontrol untuk memanfaatkan port USB atau Thunderbolt Anda secara maksimal. Hal ini membuat drive ini benar-benar dapat diterapkan secara universal dan menjamin Anda mendapatkan kecepatan tertinggi yang didukung. Kecepatan ini juga luar biasa, karena dengan kecepatan transfer yang selalu melampaui batasan 3000MB/s, Anda tidak perlu lagi menunggu data Anda tiba. Selain drive 1TB yang kami uji, juga dirilis versi 2TB, namun ketersediaannya kurang optimal.

Singkatnya

Kami membeli drive Jeyi melalui AliExpress sehingga kami bisa mendapatkan salah satu drive pertama dengan pengontrol ASM2464. Anda masih harus memasang drive NVMe Anda sendiri ke drive DIY ini, jadi harganya sangat ditentukan oleh SSD yang Anda masukkan ke dalamnya, dan dalam pengujian kami, kami memilih untuk berlebihan untuk mengurangi risiko kemacetan, namun dalam praktiknya Anda juga dapat melakukan sesuatu yang lebih murah daripada Menghubungkan Samsung 990 Pro. Akomodasi menghabiskan biaya sekitar 80 euro. Dengan drive 1TB Anda mendapatkan harga total sekitar €150 dan dengan 2TB sekitar €200. Ini memberi Anda salah satu drive eksternal tercepat yang juga dapat menangani Thunderbolt dan USB 4.

Kekhawatiran seputar integrasi USB dan Thunderbolt ke dalam standar USB4 baru mulai sedikit hilang, dan kini ada produk yang dilengkapi dengan antarmuka tersebut di pasaran. Kami menghitung cukup banyak motherboard dengan port Thunderbolt 4, tetapi laptop telah sepenuhnya menerapkan standar ini dan sepertiga model dilengkapi dengan port tersebut. Jadi masuk akal jika peralatan dengan standar tersebut juga dijual, dan beberapa perangkat mendapatkan keuntungan dari antarmuka yang lebih cepat dari SSD eksternal.


Pengontrol ASMedia ASM2464

Sebelum kita melihat hasil pengujiannya, mari kita fokus pada sejarah membingungkan yang akhirnya mengarah pada kombinasi USB dan Thunderbolt. Ya, bersama-sama Anda tetap menjalin hubungan terbuka dengan banyak ketidakpastian dan hubungannya sulit dilacak. Hal ini akan berubah dengan dua drive yang menjadi fokus pembahasan kali ini: berkat chip baru dari produsen konsol ASMedia, semuanya akan berfungsi dengan semua hal, dan dapat berfungsi dengan kecepatan yang cukup mulus. Untuk itu, kami membeli dua drive USB4: Adata SE920, yang mendukung USB4 dengan kecepatan hingga 40Gbps, dan drive DIY, enclosure Jeyi USB4 40Gbps M.2 NVMe. Kedua drive menggunakan pengontrol USB4 ASMedia: ASM2464. Chip ini dapat menangani Thunderbolt dan USB4 dan pada akhirnya akan mengaktifkan kecepatan penuh hampir sepanjang waktu. Kami menguji kedua drive menggunakan protokol kami untuk SSD eksternal.

Drive Adata saat ini hanya tersedia dalam versi 1TB, namun versi 2TB yang lebih besar sedang dalam proses dan sudah ada di Pricewatch. Harganya belum diketahui, tetapi versi 1TB dibanderol sekitar 150 euro, harga yang mahal untuk kapasitas ini. Drive DIY juga tidak murah: casing dengan papan sirkuit tercetak dan pengontrolnya sudah berharga 80 euro. Untuk mencegah SSD menjadi hambatan, kami menambahkan drive Samsung 990 Pro 2TB. Ini akan dikenakan biaya total sekitar €240, yang sedikit lebih murah per GB dibandingkan Adata. Namun, jika Anda memasang drive 1TB, seperti 990 Pro 1TB, biayanya €110 ditambah €80, sehingga membuatnya sendiri lebih mahal daripada drive siap pakai dari Adata. Anda tentu saja dapat memilih motor yang lebih murah, karena biayanya sedikit berlebihan.

Kami membandingkan kedua drive USB4 ini tidak hanya satu sama lain, tetapi juga dengan drive eksternal cepat lainnya. Anda mungkin mengenali beberapa di antaranya dari drive USB 3.2 Gen 2×2 lengkap yang kami terbitkan pada akhir tahun 2021. Saat itu kami masih menunggu gateway yang tepat, dan sekarang rasanya seperti jalan buntu. Kita akan melihat alasannya di halaman berikutnya, di mana kita akan melihat lebih dekat SSD eksternal, mempelajari standar seputar konektor USB-C dan tentu saja menguji kecepatan drive tersebut.

READ  Gambar baru menunjukkan tabrakan asteroid "lebih besar dari yang diperkirakan" | Ilmu Pengetahuan