BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Factbox-Calon Pilpres di Indonesia – 02-07-2024

Factbox-Calon Pilpres di Indonesia – 02-07-2024

Indonesia akan mengadakan pemilihan presiden pada tanggal 14 Februari, dengan tiga kandidat bersaing untuk menggantikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai pemimpin negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dan negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar.

Berikut rincian calon dan pasangannya.

Adas Busved

Anis, 54 tahun, yang menjabat sebagai Gubernur Jakarta pada tahun 2017-2022, sebuah jabatan yang pernah dipegang oleh Jokowi dan merupakan booster bagi jabatan presiden, mendapat pujian atas tanggapannya terhadap COVID-19 namun dikritik atas penanganannya terhadap banjir yang terus-menerus terjadi di wilayah yang luas dan padat penduduk. daerah. Modal.

Politisi dan mantan Sarjana Fulbright ini berhasil mengikuti jajak pendapat baru-baru ini berkat keberhasilan acara debatnya dan interaksi informal dengan para pendukungnya melalui media sosial.

Ia bukan anggota partai politik mana pun, namun didukung oleh tiga partai dalam koalisi yang berkuasa, termasuk Partai Sekuler dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang berhaluan Islam konservatif.

Kemunculannya pada tahun 2017 menjadi kontroversial setelah ia menerima dukungan dari kelompok Islam garis keras yang bangkit melawan lawannya, Gubernur Jakarta saat itu Basuki Dijaja Purnama – seorang Kristen etnis Tionghoa – yang kemudian dipenjara karena menghina Islam. Anis, yang menganut Islam moderat, dituduh tidak berbuat banyak untuk memperbaiki perpecahan agama dan komunal, namun hal ini dibantahnya.

Pengendara:

Muhaimin Iskandar – alias Kak Imin, adalah pemimpin Partai Kebangkitan Bangsa (PKP) berusia 57 tahun dan Wakil Ketua DPR sejak 2019 serta Menteri Tenaga Kerja periode 2009-2014. Ia merupakan menantu mendiang Abdurrahman Wahid atau Khuz Dur, mantan presiden dan pemuka agama yang disegani. Ia memiliki ikatan yang kuat dengan kelompok Muslim moderat Nahdlatul Ulama (NU) dan diperkirakan akan memperoleh suara untuk pasangan Anies dari basisnya di Jawa Timur.

READ  Presiden Eksklusif Indonesia berjanji untuk membersihkan tambang nikel mengingat ledakan kendaraan listrik

Kanchar Pranovo

Partai Demokrat Indonesia (PDI-P) yang berkuasa mengandalkan Kanjar, mantan gubernur Jawa Tengah, salah satu provinsi terpadat di negara ini.

Seperti halnya Jokowi, yang berasal dari latar belakang sederhana, Kanjar, 55 tahun, mantan anggota DPR, mendapat dukungan besar dari masyarakat awam Indonesia sebagai pemimpin dari luar elit politik dan militer. Kanjar yakin popularitasnya di media sosial dan di kalangan pemilih muda akan membawa kesuksesan baginya.

Kanjar menduduki puncak beberapa jajak pendapat hingga mendukung seruan agar Israel tidak diizinkan berpartisipasi dalam Piala Dunia U-20, yang kemudian dicoret oleh Indonesia sebagai negara tuan rumah.

Pengendara:

Mahfut MD – Mantan Menteri Pertahanan Kanjar yang sangat dihormati di Indonesia memiliki integritas dan dapat memperoleh suara penting dari organisasi Islam berpengaruh NU. Mahfud MD, yang bernama asli Mohammed Mahfud Mahmoodin, adalah mantan hakim Mahkamah Konstitusi yang menentang korupsi di lembaga keamanan dan blak-blakan mengenai kasus korupsi tingkat tinggi di kepolisian dan upaya mengamandemen konstitusi untuk membatasi jabatan presiden. Persyaratan untuk diperpanjang.

Bravo Subianto

Menteri Pertahanan dan mantan Panglima Pasukan Khusus ini mencalonkan diri sebagai presiden untuk ketiga kalinya setelah kalah dua kali dari Jokowi pada tahun 2014 dan 2019.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan dia tetap unggul dibandingkan para pesaingnya.

Prabowo, 72 tahun, berasal dari keluarga elit dan memiliki banyak pendukung meskipun ada tuduhan pelanggaran hak asasi manusia yang melibatkan penculikan aktivis pro-demokrasi selama kerusuhan di akhir tahun 1990an. Dia membantah melakukan kesalahan. Dia membantah melakukan kesalahan.

Ia juga mantan menantu mendiang orang kuat Sukarto.

Pada pemilu sebelumnya, Prabowo membentuk aliansi dengan kelompok Islam konservatif dan partai politik yang dikritik karena memicu ketegangan komunal dan menciptakan perpecahan di negara sekuler dan pluralistik. Setelah kalah dalam pemilu tahun 2019, Jokowi mengangkatnya menjadi menteri pertahanan, sebuah langkah yang menurut para analis membantu menyembuhkan keretakan tersebut. Jokowi secara implisit mendukung Prabowo.

READ  Upah reguler diperhitungkan dengan benar di dga Belgia

Prabowo adalah pemimpin Partai Gerakan Indonesia Raya (Kerindra) yang mendukungnya sebagai calon presiden tahun lalu.

Teman berlari:

Gibran Rakabuming Raka, putra sulung presiden yang akan keluar, menjabat Wali Kota Surakarta sejak 2020, posisi yang pernah dijabat ayahnya. Gibran, 36, berkuasa berkat perubahan aturan kelayakan yang kontroversial pada bulan Oktober oleh mahkamah konstitusi yang dipimpin oleh pamannya.