BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Fakta – Langkah-langkah pemerintah untuk meringankan rasa sakit dari inflasi

Berikut adalah daftar beberapa tindakan yang telah diambil pemerintah untuk memberikan bantuan kepada konsumen dan bisnis yang terkena dampak:

Amerika:

* Amerika Serikat akan membantu jutaan mantan siswa yang berutang dengan membatalkan $10.000 pinjaman siswa mereka. Langkah ini mengikuti “Undang-Undang Pengurangan Inflasi” senilai $ 430 miliar yang diluncurkan bulan lalu, yang mencakup pemotongan harga obat resep dan kredit pajak untuk mendorong efisiensi energi.

– Raksasa minyak Brasil Petrobras mengumumkan penurunan 7% harga bensin di kilang pelabuhannya pada 1 September, penurunan harga bensin keempat berturut-turut sejak pertengahan Juli. Pemerintah menurunkan pajak bahan bakar dan meningkatkan tunjangan sosial pada bulan Juli.

* Chili pada bulan Juli mengumumkan rencana bantuan $1,2 miliar yang mencakup dukungan pekerjaan dan $120 tunjangan satu kali untuk 7,5 juta dari 19 juta penduduknya.

Eropa:

Jerman akan menghabiskan setidaknya 65 miliar euro untuk paket baru yang melindungi konsumen dan bisnis dari inflasi. Rencana tersebut mencakup pajak atas manfaat tak terduga, peningkatan manfaat dan peningkatan subsidi transportasi umum. Berlin telah mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan pajak harga gas mulai 1 Oktober, sementara pada Juli menyetujui bailout pemerintah senilai $15 miliar ($15,05 miliar) untuk Uniper, importir gas Rusia terbesar di negara itu.

* Spanyol akan memotong pajak pertambahan nilai gas dari 21% menjadi 5% mulai Oktober untuk membantu keluarga membayar tagihan energi. Pemerintah juga memotong pajak pertambahan nilai listrik dua kali menjadi 5% tahun lalu.

* Finlandia dan Swedia akan menawarkan miliaran dolar jaminan likuiditas kepada perusahaan energi mereka. Pemerintah Swedia mengatakan pada bulan Agustus bahwa mereka diharapkan untuk menghemat SEK 90 miliar untuk membantu konsumen mendapatkan rekor harga listrik.

READ  Badan antimonopoli Indonesia telah mulai menyelidiki pembayaran Google Apps

Italia sedang mempersiapkan paket multimiliar euro baru untuk membantu melindungi bisnis dan rumah tangga dari inflasi. RUU itu akan datang di atas hampir 52 miliar euro yang telah dianggarkan Roma tahun ini untuk mengurangi dampak dari melonjaknya harga listrik, gas dan bensin.

* Denmark telah menetapkan kenaikan sewa tahunan untuk dua tahun ke depan menjadi 4% pada bulan Agustus. Langkah itu mengikuti langkah-langkah bantuan sebelumnya, termasuk paket 3,1 miliar kroner Denmark ($ 418,34 juta) yang diumumkan pada bulan Juni.

* Parlemen Prancis menyetujui pemotongan pajak €20 miliar pada 3 Agustus, menghilangkan pensiun dan beberapa tunjangan sosial, sementara juga memungkinkan perusahaan untuk membayar bonus bebas pajak yang lebih tinggi. Pada akhir Agustus, pemerintah mengatakan tidak mengesampingkan pajak perusahaan yang tidak terduga.

* Polandia telah menyetujui paket baru, yang mencakup subsidi untuk fasilitas pemanas yang kenaikan harganya tidak akan melebihi 40%, dan transfer 13,7 miliar zloty ($2,91 miliar) ke kota untuk membantu penduduk dengan tagihan energi yang selangit. Negara juga memperkenalkan rencana bantuan untuk pemegang hipotek mata uang lokal pada bulan Juli.

Asia:

* Upah minimum rata-rata Jepang akan naik dengan rekor 3,3% untuk tahun yang berakhir Maret 2023. Pemerintah juga akan menahan diri dari menaikkan harga gandum impor yang dijualnya ke pengecer, sebagai bagian dari paket penerangan yang direncanakan lebih luas. Pergerakan itu terjadi setelah tagihan $ 103 miliar yang disahkan pada bulan April.

* Indonesia akan merealokasi Rp 24,17 triliun ($ 1,63 miliar) dari anggaran subsidi bahan bakar ke belanja kesejahteraan sosial, termasuk subsidi tunai untuk 20,65 juta keluarga. Pemerintah juga akan memerintahkan pemerintah daerah untuk mensubsidi biaya transportasi.

READ  Pengembang Android Eropa diizinkan untuk menggunakan sistem pembayaran mereka sendiri

* India pada bulan Mei memberlakukan pembatasan ekspor makanan, termasuk gandum dan gula, yang membentuk hampir 40% dari indeks harga konsumennya, dan memotong pajak atas impor minyak nabati.

Malaysia diperkirakan akan menghabiskan 77,3 miliar ringgit ($17,25 miliar) tahun ini untuk subsidi dan bantuan tunai guna mengurangi dampak kenaikan harga.

Afrika dan Timur Tengah:

* Afrika Selatan mengumumkan pemotongan harga pompa bahan bakar pada akhir Juli.

* Arab Saudi dan UEA meningkatkan pengeluaran mereka untuk bantuan sosial pada awal Juli. UEA telah menggandakan bantuan keuangannya untuk keluarga Emirat berpenghasilan rendah, sementara Raja Salman bin Abdulaziz telah memerintahkan alokasi 20 miliar riyal ($ 5,33 miliar).

* Turki menaikkan upah minimum sekitar 30% pada awal Juli, di atas kenaikan 50% pada akhir tahun lalu.

(dolar = 14.840.000 rupee)

(1 dolar = 74.103 kroner Denmark)

(1 dolar = 4,7145 zloty)

(dolar = 3,7552 riyal)

($ 1 = 0,9965 euro)

(1 dolar = 4,4820 ringgit)