BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Film fitur “De Oost” tentang Perang Kemerdekaan Indonesia: “Lima tahun perang”

“Ketika saya masih sekolah – pada 1980-an dan 1990-an – Perang Kemerdekaan Indonesia dianggap sebagai tindakan polisi. Jika Anda melihat lebih dalam pada tanggal itu, Anda akan menemukan bahwa itu adalah operasi militer terbesar yang pernah ada dari Belanda. Ada lima tahun. Perang lebih dari seratus ribu tentara dan banyak korban. Kata Sander Verdonk.

Kakek yang hebat

Ketertarikan untuk mendalami sejarah sebagai pembuat cerita adalah tempat subur De Oost. Menurut Verdonk, latar belakang sutradara Jim Taehoto memainkan peran penting dalam hal ini. “Kakek buyutnya meninggal sebagai tentara Angkatan Darat India selama Perang Kemerdekaan India. Jim bertanya-tanya mengapa dia tahu dan mendengar begitu sedikit tentang waktu itu.”

Film ini didasarkan pada kenyataan. Karena pembuat film ingin menceritakan kisah nyata, penelitian menjadi pekerjaan yang serius. “Kami mulai mencari tujuh tahun lalu. Saat itu kami masih bisa berbicara dengan banyak veteran, sayangnya jumlahnya semakin sedikit. Kami juga membaca catatan veteran, melakukan penelitian lokal dan berbicara dengan para survivor,” jelas Verdonk. Bagaimanapun, De Oost masih sebuah film, jadi ada beberapa kritik. Verdonk berkata, “Karakter utama kami tidak ada di sana, dan itu adalah saat yang paling penting. Selebihnya, semua yang kami sentuh dalam film telah terjadi, termasuk eksekusi.”

# Jangan bicara

Bersamaan dengan film tersebut, sutradara juga telah meluncurkan tagar #Ontzwijg. Verdonk menjelaskan: “Bagi kami, hashtag ini adalah kampanye kesadaran, dan ini jauh lebih luas daripada film. Seseorang harus berbicara tentang masa lalunya dalam arti yang lebih luas. Apakah itu sesuatu di bidang Anda sendiri, atau apakah itu sesuatu yang berhubungan dengan masa kolonial Anda. Membuka cerita, dan kami harus berbicara satu sama lain. Tidak banyak cerita yang diceritakan, dan kami harus meretasnya. “

READ  Bahkan pada hari Indonesia merdeka, ada keretakan

East dapat dilihat di Amazon Prime mulai 13 Mei.