BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gelderland korban virus corona tes penipuan, penangkapan di Indonesia

Sebuah perusahaan dari Gelderland telah ditipu dari perdagangan barang-barang medis untuk jutaan. Penjahat berhasil mencegat email dan berpura-pura menjadi pemasok reguler tes virus corona di Korea Selatan.

Ini dimulai pada bulan Oktober ketika perusahaan Belanda, yang namanya tidak disebutkan dalam pernyataan polisi, menemukan bahwa tagihan yang dibayarkan belum mencapai pemasok Korea Selatan. Ini melibatkan jutaan euro. Para penjahat menggunakan alamat email palsu dan faktur palsu untuk mentransfer uang ke rekening Indonesia.

Menurut polisi, para penjahat melakukan pekerjaan dengan sangat hati-hati dan juga mendirikan perusahaan palsu. Perusahaan segera mengajukan laporan ketika mengetahui adanya penipuan. Kemudian tim cybercrime polisi melakukan intervensi dengan Marechaussee dan rekan-rekannya di Indonesia dan membekukan rekening tempat uang itu disimpan. Polisi di Indonesia memetakan jaringan kriminal tak lama kemudian.

Tersangka utama Nigeria ditangkap pada bulan November, dan orang Indonesia lainnya telah ditangkap dalam beberapa pekan terakhir, yang dikatakan telah digunakan sebagai “keledai uang”, orang yang mengumpulkan uang curian untuk penjahat. Semua penangkapan dilakukan di Indonesia. Sebagian besar uang yang dicuri telah dikembalikan.

READ  easyJet: Hanya bersama-sama teknologi hijau akan mungkin - perjalanan bisnis