BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ghost Mothers and the Undead Grandmothers: Horor berkembang di Indonesia

Budak Setan

Ding ding tinggi – Bel berbunyi lagi dari ibu di sana. Di ranjang kematiannya di sebuah rumah indah di pedesaan Indonesia, dia menegaskan bahwa dia membutuhkan sesuatu. Dia suka ketika putra tertuanya duduk di tempat tidur sambil menyisir rambutnya. Tapi kali ini bel berdiri sendiri di rambut anak-anaknya: bagaimanapun, ibunya telah meninggal.

Ini adalah salah satu pemandangan paling halus di luar sana Budak Setan Disampaikan oleh pakar horor Indonesia Joko Anwar. Sebuah remake Film kultus Indonesia dari tahun delapan puluhan Hit terbesar tahun 2017: meningkat menjadi 4,2 juta penonton bioskop Budak Setan Salah satu film horor yang paling banyak dikunjungi dalam sejarah Indonesia.

Ini adalah angka yang luar biasa di negara di mana sepertiga dari produksi film adalah horor. Pada tahun 2020, ketika jumlah penonton bioskop semakin menurun seperti tempat-tempat lain di Indonesia, horor tak henti-hentinya dan populer. Enam dari dua puluh film hits tahun lalu bergenre horor – yaitu, ciptaan sendiri.

Saat ini, pengajuan Oscar Indonesia menjadi puncak dari film terbaru Joko Anwar Pelatuk, Sekitar dua wanita di desa hutan dihancurkan oleh hantu. Film ini memang tidak termasuk kandidat terakhir, tetapi entri ini menunjukkan betapa seriusnya Indonesia menganggap horor sebagai representasi dari budaya filmnya sendiri.

Gambar imppedicor
Pelatuk

Sementara itu, film horor Indonesia yang semakin banyak ditonton di luar negeri, terutama melalui festival dan situs streaming. Kapan Bayangkan sebuah festival film, Biasanya setiap musim semi di Amsterdam Eye Cinema sekarang tayang dalam versi full digital hingga 17 April Perhatian khusus Didedikasikan untuk genre.

Kekuatan utama film horor Indonesia adalah pengaruh cerita rakyat dan cerita hantu dan cara cerita tersebut terkait dengan tempat-tempat khusus. Di dalam desa maju Pelatuk Hampir menjadi karakter independen dalam film-film ini. (Itu difilmkan di sebuah desa yang dibangun pada tahun 1941 untuk pekerja lokal yang dipekerjakan oleh imigran Belanda.)

READ  3 miliar suntikan korona diberikan di seluruh dunia, Indonesia berjuang dengan tingkat infeksi yang tinggi

Dalam edisi terbaru majalah tersebut Nikki Asia Tentang Gelombang film baru Sutradara-penulis skenario Anwar menghitung 44 jenis penampilan berbeda di dalam perbatasan negara. Dia ingat bagaimana ibunya membuat dia sejalan dengan ancaman setan. Dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya nakal, saya akan diculik oleh iblis berdada besar. Itu akan membuatku tetap tersembunyi di bawah dadanya sampai aku mati. ‘

Horor, yang selalu merupakan jenis ketakutan bawah sadar yang muncul ke permukaan, membuat ketakutan tersebut sedekat mungkin dengan rasa takut dalam varian Indonesia.

Bidang Budak Setan
Budak Setan

Lihat film Anwar dengan tampilan seperti itu Budak Setan Prediksi samar bocah lelaki di samping makam ibunya, yang baru saja meninggal, tiba-tiba menjadi sangat wajar. Selama pemakaman, tepat sebelum dia mulai dirasuki setan, anak itu mengulurkan tangan: “Bagaimana jika dia bangun?”

Penyelaman mendalam ke dalam sejarah Indonesia menunjukkan bagaimana berakhirnya rezim Presiden Suharto (1966-1998) juga menandai berakhirnya aturan ketat yang harus dipatuhi oleh film horor. Dalam rangkaian cerita horor, Khai, seorang ulama Islam, melakukan penipuan yang tidak wajar dengan kutipan dari Alquran.

Katinka van Heeran, peneliti film kelahiran Jakarta, memaparkan dalam bukunya Film Indonesia kontemporer; Reformasi dan roh iblis dari masa lalu (2012) Bagaimana Horor akhirnya membebaskan diri dari rantai itu. Agama didorong ke latar belakang atau benar-benar tergeser dalam kengerian Indonesia setelah pergantian abad.

Namun Joko Anwar meninggalkan DNA religius dari genre tersebut dalam pembuatan ulangnya Budak Setan Belok lurus. Kita mendengar dari mulut seorang pendeta dalam filmnya bahwa “rumah tanpa doa hanya ditempati oleh Setan”. Saat ternyata hantu ibu benar-benar ingin menyampaikan pesan yang baik, ia pun muncul Budak Setan Semacam permintaan spiritual sampai akhir berdarah. Terkadang mendengarkan hantu tidak menyakitkan, tidak peduli betapa menyeramkannya pada awalnya. Mungkin ada sesuatu yang bisa dipelajari dari mereka.

READ  Langkah Kecil untuk Membuka Kembali Perjalanan Indonesia, Berita Asia Tenggara & Cerita Teratas

Ratu Lapangan Sihir Hitam
Ratu Ilmu Hitam

Fitur yang sama yang ditulis oleh Anwar dan disutradarai oleh Kimo Stampol akan kembali Ratu Ilmu Hitam, Yang juga mendapat tempat dalam proyek fantasi.

Bagi yang ingin melihatnya, hantu dalam film horor Indonesia modern juga terkadang menjadi metafora bagi sebuah negara yang berusaha menghadapi guncangan di masa lalu. Lapisan Mankujivo Disampaikan oleh Azhar Kinoy Lupis (ditampilkan dalam fiksi) secara eksplisit mengacu pada peristiwa yang terjadi pada masa penjajahan Belanda. Bahan penting dalam horor nasional.

Ghosts and Demons dalam film bergenre Indonesia Mankujivo pada film Image Film Festival
Hantu dan setan dalam film bergenre Indonesia Mankujivo di festival film fantasi

Online dan sesuai permintaan

Festival Film Fantasi akan menikmati versi digital penuh dari 7 hingga 17 April tahun ini. Gambar berlabel ‘On Demand’ dalam program ini tersedia 48 jam dari tanggal dan waktu tertentu. Kabar baik jika Anda punya Pesanan baru Film pemenang penghargaan tentang kudeta militer di Meksiko oleh Michael Franco. Baik sekali: Pemilik, Kengerian bergaya Brandon Cronenberg, yang sesuai dengan nama ayahnya David.