BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gummers: Segera hadir saran untuk mendapatkan dua bidikan berbeda

Dewan Kesehatan akan segera menyarankan untuk mendapatkan dua vaksin virus corona yang berbeda. Itulah yang diharapkan oleh dokter IC Diederik Gommers, katanya di podcast BNR Ask Gommers. Jika Anda divaksinasi dengan Pfizer, AstraZeneca atau Moderna, Anda akan mendapatkan suntikan yang sama dua kali, tetapi di negara yang berbeda mereka sudah mencoba menggabungkan vaksin AstraZeneca dengan vaksin mRNA.

Saat ini, ini tidak mungkin di Belanda: “Belum,” kata Diederik Gommers. “Saya berharap saran itu akan segera datang.” Karena Gommers juga melihat efek positif yang sangat besar jika Anda divaksinasi virus Corona dengan dua vaksin yang berbeda. Penelitian dilakukan, terutama di Spanyol dan Inggris Raya. Di sana mereka melihat apakah pintar memberikan vaksin mRNA setelah AstraZeneca. Dalam penelitian ini, ini adalah Pfizer. Juga diperiksa apakah Anda bisa mendapatkan bidikan dengan AstraZeneca setelah bidikan dengan Pfizer. Hasil pertama, diterbitkan pada bulan Mei, terutama melihat efek samping.

Dengarkan juga | Bisakah kita mendapatkan suntikan kedua dari vaksin lain?

Lebih banyak efek samping

Pertanyaan para peneliti adalah apakah Anda melihat lebih banyak atau lebih sedikit efek samping setelah menerima dua vaksin yang berbeda. Menurut Gommers, ini menunjukkan bahwa Anda sebenarnya mendapatkan lebih banyak efek samping dengan dua kelompok ini: “Anda melihat bahwa jumlah efek samping meningkat. Kelelahan, sakit kepala, malaise umum dan nyeri otot terutama dicatat saat mengambil campuran semacam itu. Pertanyaannya adalah apakah Anda akan mengembangkan lebih banyak antibodi ketika Anda menerima dua vaksin yang berbeda. Kami sangat menantikan hasil ini. Setelah mengetahui hasilnya, dokter perawatan intensif akan mengharapkan konsultasi langsung dari Dewan Kesehatan.

Juga di Belanda, sekarang sedang diuji apakah orang dapat menerima dua vaksin virus corona yang berbeda. Pekan lalu, empat rumah sakit besar Belanda, termasuk Erasmus MC, mengumumkan bahwa mereka akan memulai ini.

Dengarkan juga | Bagaimana cara kerja tes antibodi? Daederek sedang mengujinya

READ  ASUS mengumumkan jajaran baru laptop ROG Zephyrus dengan i9-11900H - berita komputer