BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Hari Batik Nasional 2023, Indonesia akan menampilkan koleksi batik dari Tujuh Kerajaan Nusantara

TEMPO.CO, JakartaPada hari jadi nasional Batik Pada tanggal 2 Oktober, Istana Berbatik Peragaan busana tersebut akan menampilkan koleksi batik Tujuh Kerajaan Nusantara yang bertemakan kemegahan Istana Merdeka, Jakarta.

“Kami mengundang tujuh kerajaan antara lain dari Sulu, Yogyakarta, Sumeneb, Goa, dan Cirebon. Mereka akan menampilkan koleksi batiknya,” kata Landi Risaldi, Ketua Dewan Pengurus Pengalaman Jakarta, saat gladi bersih Istana Perbatik di Istana Perbatik. Istana Merdeka di Jakarta. , Jumat malam, 29 September 2023.

Menurut Landi, acara yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut merupakan bagian dari Hari Batik Nasional 2023 yang akan dipusatkan di halaman Istana Merdeka Jakarta pada Minggu, 1 Oktober.

“Acara ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Batik yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Tapi karena hari itu jatuh pada hari Senin, makanya kami pindahkan (acaranya) ke hari Minggu,” ujarnya sambil seraya menambahkan karena mengusung konsep streetwear maka akan diadakan acara tersebut. digelar di halaman Istana Merdeka Jakarta.

“Kami ingin menampilkan kemegahan keraton, makanya lampu hiasnya banyak dan di panggung kami menggunakan lampu LED,” ujarnya.

Pihak penyelenggara membagi peserta fashion show menjadi sembilan kelompok yang masing-masing menampilkan batik khas Indonesia. Selain menghadirkan contoh para pejabat tinggi negara, juga akan menghadirkan selebriti, aktivis sosial, dan atlet.

Selain peragaan busana, Istana Berbatik akan menghadirkan sederet artis untuk memeriahkan sesi hiburan. Mereka antara lain penyanyi Sri Rosa Roslaina Handiani, Fazli dari Badi Reborn, dan lainnya.

Dalam keterangannya, Pejabat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Neskaya mengatakan, pagelaran Istana Berbatik digelar untuk mempromosikan batik di kancah internasional sebagai identitas nasional.

Dikatakannya, batik merupakan warisan budaya takbenda (WBTb) milik Indonesia yang diakui pada sidang UNESCO di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab melalui sidang Intergovermental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage pada 2 Oktober 2009.

READ  Kebenaran dan Fiksi di Timur

Di sisi lain, Plt Direktur Event Nasional dan Internasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Kumang Ayu Asteti mengatakan, kegiatan tersebut akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Wakil Presiden RI Ma'ruf. Amin. Ibu Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju, Duta Besar negara sahabat, dan Keluarga Kerajaan.

Antara

Pilihan Editor: Agenda minggu depan: Festival Batik, Charlie Puth Asian Tour, INACRAFT

klik disini Untuk mendapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News