BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Hawaii mengasuransikan terumbu karang dari kerusakan akibat badai.  Mengapa ini penting?

Hawaii mengasuransikan terumbu karang dari kerusakan akibat badai. Mengapa ini penting?

Terumbu karang adalah rumah bagi 25 persen dari semua kehidupan laut. Dan mereka hanya menutupi 0,01 persen permukaan laut. Selain menyediakan tempat berlindung bagi banyak spesies laut, terumbu karang melindungi daerah pesisir dari banjir. Misalnya, terumbu karang yang sehat dapat menyerap 97 persen energi gelombang sebelum mencapai pantai.

Penyelam menyelamatkan karang

Jadi karang adalah bagian penting dari ekosistem kita. Itulah mengapa asuransi terumbu karang sangat penting, menurut salah satu pendiri Reefy, Leon Hines. Startup Belanda menyelamatkan terumbu karang dengan pemecah gelombang yang terbuat dari beton berkelanjutan. Selain itu, Hines memulai proyek restorasi terumbu karang lima tahun lalu di sebuah sekolah menyelam di dekat pulau Lombok, Indonesia.

Karena jika karang rusak, misalnya terkena badai, tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri dengan baik. “Setelah badai besar, karang pecah dan berakhir di dasar lautan. Saat berada di bawah pasir atau tidak dapat menemukan dasarnya, ia mati,” jelas Haynes.

Perusahaan asuransi segera membayar uangnya

The Nature Conservancy (TNC), sebuah LSM konservasi, melindungi terumbu karang di Munich Re, lepas pantai Hawaii. Setia menulis Perusahaan asuransi secara otomatis membayar jumlah ketika kecepatan angin lebih dari 92 kilometer per jam. Saat kekuatan angin tinggi, jumlah kerusakan juga meningkat, hingga maksimal dua juta dolar.

Terumbu karang sudah diasuransikan di Meksiko dan Belize. Hasilnya, sistem restorasi alami dapat segera bekerja untuk menyelamatkan karang. Umumnya, perusahaan asuransi akan membayar jumlah hanya setelah penyelidikan menyeluruh dan penentuan kerusakan. Ini kadang-kadang bisa memakan waktu berbulan-bulan hingga satu tahun, sementara tindakan segera setelah badai sangat penting.

Bagaimana cara memulihkan karang?

Hines memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam restorasi karang. Restorasi terumbu, dia menyebutnya. Haynes menjelaskan apa yang terjadi setelah badai seperti itu di atas air. “Setelah badai penyelam langsung pergi ke daerah yang terkena dampak. Mereka dapat mengumpulkan semua pecahan koral dan melakukan banyak hal dengannya.

READ  WF Hermans 100 Tahun NPO Radio 1

Dengan cara ini, setelah mengumpulkan karang, penyelam dapat memasang kembali potongan karang yang lepas ke terumbu yang ada. “Dengan mengawetkan pecahan di bebatuan, kami memberi mereka kesempatan kedua,” kata Haynes. Pilihan lainnya adalah menempelkan potongan koral dengan benang untuk membentuk struktur yang bisa diperkuat. “Pembibitan karang, Kami memanggil Di sana mereka dapat memperoleh kembali kekuatan mereka di bawah kekuatan mereka sendiri dan di bawah arus laut yang tepat. Begitu mereka cukup kuat lagi, kita bisa melindungi mereka lagi.

Pemulihan setelah bencana harus terjadi dengan cepat, Hines tahu dari pengalaman. “Jika kamu menunggu terlalu lama, potongan karang akan mati dan kamu tidak akan bisa menyelamatkannya.” Kerusakan terumbu karang setelah badai sangat besar, Haynes tahu. “Jadi pekerjaan perbaikannya sangat padat karya. Sebagai seorang penyelam, Anda tidak bisa terus berada di bawah air. Dan itu membutuhkan pengetahuan. Seiring dengan pengalaman menyelam, penyelam juga membutuhkan pelatihan pemulihan karang.”

Tempatkan di piring panas

Menurut Haynes, membuat terumbu karang dapat diasuransikan akan sangat membantu. “Dengan cara ini kita bisa bertindak lebih cepat dan menyelamatkan karang.” Bersama para penyelam dari sekolah selam di Indonesia, Hines telah berhasil menyelamatkan dan memulihkan beberapa karang yang indah. “Tapi itu setetes air di lautan,” kata Haynes. “Kami ingin membuat dampak besar dengan menghubungkan terumbu karang dengan perlindungan pantai.”

Ingin tahu bagaimana Haynes melakukannya? Kemudian baca ceritanya tentang Reifi.