BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ini terjadi tadi malam: Rusia menyerang Odessa, foto-foto mengejutkan dari daerah sekitar Kyiv | Luar negeri

perang ukrainaPresiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa Rusia menargetkan selatan dan timur negaranya. Beberapa letusan besar pagi ini di kota pelabuhan Odessa, di Laut Hitam, tampaknya mengkonfirmasi hal ini.


Mark van Asen


Terakhir diperbarui:
10:07

Awal akhir pekan ini, tampak jelas bahwa Rusia perlahan tapi pasti menarik diri dari ibukota Kyiv yang terkepung. Menurut para jenderal Rusia, wilayah Donbass timur, yang berisi “republik rakyat” Donetsk dan Luhansk yang memisahkan diri, adalah target utama invasi. Pengamat percaya bahwa Rusia pada dasarnya gagal untuk menangkap Kyiv. Menurut Zelensky, perubahan strategi Rusia berarti bahwa Ukraina harus memperkuat pasukannya di tempat lain. “Kami tahu bahwa musuh kami memiliki cadangan yang siap untuk meningkatkan tekanan di Timur,” katanya dalam pidatonya tadi malam.

Cuplikan kota Odessa, yang menjadi sasaran rudal Rusia tadi malam. © Twitter

Odessa

Sekarang Ukraina telah mendapatkan tanah di sekitar Kyiv dan wilayah utara Chernihiv, menurut Presiden Zelensky, Rusia juga tampaknya mengalihkan fokus mereka ke Odessa yang berlokasi strategis. Belum diketahui apa yang menjadi target serangan di kota di ujung barat daya, dekat Moldova dan Rumania. Sekitar satu juta orang tinggal di sana. Gambar menunjukkan gumpalan asap hitam besar, mungkin dari depot bahan bakar yang terkena ledakan.


Zelensky kembali meminta Barat untuk lebih banyak senjata, termasuk sistem anti-rudal. Ini sudah menjadi ritual hampir setiap hari. Presiden berpikir sekutu terlalu sedikit di jembatan. Dia tidak hanya menginginkan senjata yang lebih banyak dan lebih berat, tetapi juga hukuman yang lebih berat. Presiden dengan tajam mengkritik Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban, dengan mengatakan: “Dia hampir satu-satunya di Eropa yang secara terbuka mendukung Vladimir Putin. Saya jujur ​​tentang ini, dan Orbán pasti begitu. Dia tampaknya telah kehilangan kejujuran ini dalam kontaknya dengan Moskow.”

Kematian warga sipil

Sementara itu, gambar mengejutkan muncul dari daerah sekitar Kyiv yang ditinggalkan oleh Rusia. Foto-foto itu menunjukkan mayat warga sipil yang dipukul dengan tas di atas kepala mereka. Menurut Anatoly Fedoruk, walikota kota Bucha, 280 orang dimakamkan di kuburan massal. Akan ada mayat di mana-mana, bahkan anak-anak. “Semua orang ini ditembak di bagian belakang kepala. Mereka mengenakan lencana putih yang menunjukkan bahwa mereka tidak bersenjata,” katanya kepada AFP.

BBC telah melihat “setidaknya 20 pria” tergeletak di jalan di Bucha, tewas dengan tangan terikat. Tentara Rusia dilaporkan menjarah rumah-rumah sementara penduduk berada di tempat penampungan serangan udara. Ada juga laporan tentang tank Rusia yang menggunakan anak-anak sebagai tameng manusia. Menurut Ombudsman Ukraina untuk Hak Asasi Manusia Lyudmila Denisova, ini terjadi di wilayah Sumy, Kiev, Chernihiv dan Zaporizhia.

Perundingan

Namun, harapan untuk kesepakatan damai yang cepat tetap hidup. Kepala negosiator Ukraina mengatakan pada hari Sabtu bahwa begitu banyak kemajuan telah dibuat dalam pembicaraan bahwa pertemuan tatap muka antara Presiden Zelensky dan Putin mungkin di cakrawala. Rusia dikatakan telah menerima sejumlah proposal dari Ukraina. Hanya tentang status Krimea (yang dianeksasi Rusia pada 2014) belum ada kesepakatan. Namun, Kremlin belum menanggapi pesan-pesan ini. Kepala perunding Rusia mengatakan Jumat bahwa kesepakatan hanya dapat dicapai jika Ukraina meninggalkan Krimea untuk Rusia dan mengakui “republik rakyat” Donetsk dan Luhansk sebagai negara merdeka.

Lithuania mengumumkan, pada Sabtu malam, penangguhan impor gas dari Rusia. Negara anggota UE di kawasan Baltik ingin memutuskan semua “ikatan energi dengan agresor”. “Jika kita bisa melakukan itu, maka seluruh Eropa juga bisa,” kata Presiden Gitanas Nosida di Twitter. Negara ini bekerja untuk menghapus ketergantungan 10 tahun pada gas Rusia.

Tonton video kami tentang perang di Ukraina di sini:

READ  Penata rambut memprotes penutupan • DJ yang terluka mengungkapkan penyesalannya di Selandia Baru