BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Intel mengganti nama node: 10nm + dan 7nm menjadi Intel 7 dan 4 – Komputer – Berita

Intel tidak akan lagi mendefinisikan prosesnya dalam nanometer. Perusahaan memperkenalkan nama-nama baru yang seharusnya memberikan “gambaran yang lebih jelas” dibandingkan dengan pesaing. Node 10nm+ dan node 7nm yang akan datang akan diberi nama Intel 7 dan Intel 4.

Intel 7 adalah nama baru untuk apa yang sebelumnya disebut Intel 10nm Enhanced SuperFin. Ini adalah versi yang disempurnakan dari proses Intel SuperFin 10nm yang digunakan dalam prosesor Tiger Lake. Intel 7 sekarang dalam produksi volume, dan menurut Intel, ia memberikan peningkatan kinerja per watt 10 hingga 15 persen lebih banyak daripada SuperFin 10 nanometer.

Tahun ini, CPU Alder Lake akan muncul untuk komputer desktop dan laptop, yang dibuat menggunakan proses Intel 7. Tahun depan di kuartal pertama, prosesor server Xeon generasi Sapphire Rapids akan menyusul. Sebelumnya, Intel mengumumkan bahwa prosesor ini menggunakan proses SuperFin 10nm yang ditingkatkan, tetapi sekarang ini memiliki nama yang berbeda.

Intel menunjukkan bahwa sejak tahun 1997, penunjukan proses dalam nanometer tidak lagi mengacu pada dimensi sebenarnya dari Panjang gerbang. Tweaker menulis artikel latar belakang pada tahun 2017 tentang Ini memiliki jejak basah nanometer. Dalam praktiknya, proses Intel 10nm sangat mirip dengan proses TSMC 7nm dalam hal kepadatan. Dengan label baru, Intel tampaknya menunjukkan hal ini dengan jelas.

Perusahaan Intel TSMC Samsung
10 nm 10 nm 7nm 10 nanometer (LPP) 7nm
gerbang stadion 54nm 66 nm 57nm 64 nm 54nm
lapangan logam 36nm 44 nm 40 nm 44 nm 36nm
sirip pitch 34nm 36nm 30nm 42nm 27nm

Perbandingan tiga nilai referensi, jarak minimum antara dua bagian, dalam proses dari Intel, TSMC dan Samsung.

READ  Gigabyte terinfeksi serangan ransomware oleh kelompok peretas RansomEXX - Komputer - Berita

Intel mengganti nama proses 7nm yang akan datang menjadi Intel 4. Ini akan menggunakan Intel euv untuk pertama kalinya dalam produksi. Generasi ini akan memberikan peningkatan kinerja per watt sekitar 20 persen dibandingkan dengan Intel 7. Produksi pada Intel 4 akan dimulai pada paruh kedua tahun 2022, untuk produk yang muncul pada tahun 2023. Ini adalah prosesor Meteor Lake untuk konsumen dan Granite Rapids untuk prosesor inti.data.

Cukup baru adalah Intel 3, karena Intel akan menggunakan lebih banyak lapisan euv dan lebih banyak peningkatan FinFET, yang akan menghasilkan peningkatan kinerja per watt sebesar 18 persen dibandingkan dengan Intel 4. Pada paruh kedua tahun 2023, Intel ingin memulai produksi pada simpul ini ..

Beralih ke ngström .label

Intel juga melihat ke masa depan di mana nanometer tidak lagi cukup untuk menunjukkan dimensi, menurut perusahaan. Dengan Intel 20A, pabrikan mengatakan memasuki era kecemasan. ngström sama dengan 0,1nm, sebenarnya Intel 20A adalah proses “2nm”. Tweaker sebelumnya diposting Artikel latar belakang tentang ngströmscale .transistor.

Dengan Intel 20A, Intel juga memperkenalkan teknologi chip baru, seperti RibbonFET dan PowerVia. Yang pertama adalah penerus FinFET yang telah digunakan Intel untuk chipnya sejak 2011, dan PowerVia adalah cara untuk menjalankan chip dari belakang.

Produksi dengan Intel 20A harus dimulai pada 2024. Setelah 2025, Intel 18A akan datang, dengan peningkatan pada RibbonFET dan penggunaan High-NA-euv. Intel berharap menjadi pembuat chip pertama yang memperoleh mesin ASML untuk memproduksi chip dengan teknologi ini, dan ini adalah penerus euv. Intel mengatakan sedang bekerja sama dengan produsen mesin chip Belanda untuk ini. Intel ingin menjadi pemimpin dalam industri chip lagi pada tahun 2025 dengan node 18A-nya.

READ  Trailer Perang Dunia 3 menunjukkan perubahan pada penembak multipemain - Permainan - Berita

Produksi pihak ketiga

Menurut Intel, “lebih penting dari sebelumnya” untuk memberikan “gambaran yang jelas” dari kontraknya, karena perusahaan akan memproduksi chip untuk produsen lain dengan layanan pengecorannya. Dengan demikian, Intel mengambil peran yang sama dengan TSMC, dengan perusahaan yang memproduksi chip yang tidak dirancang sendiri. Intel mengumumkan Rencana-rencana itu Pada bulan Maret, kini telah mengumumkan Qualcomm dan Amazon Web Services sebagai pelanggan pertamanya.

Dengan nama baru, Intel ingin bersaing dengan operasi TSMC saat ini dan masa depan. Pabrikan Taiwan ini sekarang banyak memproduksi dalam proses 7nm dan 5nm dan ingin memulai pengujian produksi dalam proses 3nm tahun ini. Produksi massal akan dimulai pada 2022.