BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Israel dan Palestina Sepakat Gencatan Senjata di Gaza

Agensi Pers Prancis

NOS. Beritadiubah

Pejuang Jihad Islam Israel dan Palestina akan menyepakati gencatan senjata. Demikian dilansir kantor berita internasional dan Al Jazeera. Berkas tersebut akan berlaku efektif pada pukul 7 malam waktu Belanda.

Sebelumnya, Reuters melaporkan, berdasarkan sebuah sumber di dalam pemerintahan Mesir, bahwa Israel juga siap untuk melakukan gencatan senjata. Dikatakan bahwa berkas itu diusulkan oleh mediator Mesir. Belum ada tanggapan resmi dari kedua belah pihak.

Pihak berwenang Palestina mengatakan bahwa lebih dari 30 pejuang Palestina dan warga sipil, termasuk enam anak-anak, tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza. Ada pembicaraan sedikitnya 260 terluka dari pihak Palestina. Sebaliknya, lebih dari 20 warga Israel terluka dalam serangan roket yang diluncurkan oleh Jihad Islam Palestina bersenjata.

Ribuan di pemakaman pemimpin pemakaman

Tadi malam, tentara Israel membunuh komandan berpangkat tinggi lain dari kelompok pertempuran ini. Ribuan orang menghadiri pemakamannya hari ini, serta orang mati lainnya.

Menurut pembacaan Israel, semua pemimpin utama organisasi teroris kini telah dieliminasi. Tujuan dari operasi militer tercapai, menurut aparat keamanan Israel, menurut apa yang dilaporkan oleh media Israel.

Kekerasan dimulai pada hari Jumat dengan pembunuhan tentara Israel terhadap seorang pemimpin terkemuka dalam gerakan Jihad Islam. Kelompok itu mengatakan telah menembakkan ratusan rudal. Sebagian besar dari ini dicegat menggunakan sistem pertahanan rudal. Kekerasan dalam beberapa hari terakhir adalah yang terbesar dalam lebih dari setahun.