BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jaksa Penuntut Umum Pengadilan Kriminal menginginkan surat perintah penangkapan terhadap Netanyahu dan para pemimpin Hamas

Jaksa Penuntut Umum Pengadilan Kriminal menginginkan surat perintah penangkapan terhadap Netanyahu dan para pemimpin Hamas

Netanyahu (kanan) dan Gallant

Berita Noosrata-rata

Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag ingin mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Israel Netanyahu, Menteri Pertahanannya Gallant dan tiga pemimpin gerakan teroris Hamas, termasuk pemimpin Hamas Yahya Sinwar.

Jaksa Karim Khan menulis dalam sebuah pernyataan bahwa dia memiliki cukup bukti terhadap kelima orang tersebut untuk mengadili mereka atas kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan dalam perang antara Israel dan Hamas. Para pemimpin Hamas memikul tanggung jawab, antara lain, atas pembunuhan, penyanderaan dan pemerkosaan selama serangan tanggal 7 Oktober, dan atas pemerkosaan terhadap sandera pada periode berikutnya.

Netanyahu dan Gallant disalahkan karena menyebabkan banyak korban sipil di kalangan penduduk Palestina sebagai tanggapannya. Khan mengatakan Israel antara lain menggunakan pemboman dan kelaparan sebagai taktik perang.

Sekelompok hakim ICC kini harus memutuskan permintaan Khan sebelum surat perintah penangkapan akhirnya dikeluarkan. “Hakim harus diberi ruang untuk melakukan tugasnya dan meninjau semua bukti yang kami berikan,” kata Khan. Dalam pesan video.

Tonton cuplikan pesan video ini di sini:

Jaksa Agung Khan atas permintaan mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Gaza dan 7 Oktober

Israel menanggapi dengan tegas permintaan untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Netanyahu dan Gallant. Misalnya, Benny Gantz, seorang menteri di kabinet perang Netanyahu, menggambarkan niat jaksa ICC sebagai “kejahatan yang sangat bersejarah.”

Tak lama setelah pernyataan Khan, Hamas menanggapi usulan surat perintah penangkapan melalui juru bicaranya. Menurut gerakan tersebut, permintaan penggugat “menyamakan korban dan algojo” dan mendorong Israel untuk melanjutkan “perang pemusnahan.”

Selain surat perintah penangkapan terhadap pemimpin Hamas Sinwar, Khan juga ingin mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Muhammad Deif, kepala sayap militer gerakan tersebut, dan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh.

Ini adalah pertama kalinya Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional meminta dikeluarkannya surat perintah penangkapan terhadap pemimpin politik Israel tersebut. Lebih dari setahun yang lalu, Pengadilan Kriminal Internasional mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Presiden Rusia Putin atas tuduhan kejahatan perang Rusia di Ukraina.

Surat perintah penangkapan tersebut telah menunggu keputusan pasar selama beberapa waktu, namun ICC tidak pernah mengumumkan apa pun secara terbuka mengenai hal tersebut. Netanyahu melakukannya pada akhir bulan lalu. Dia kemudian menggambarkan potensi penerbitan surat perintah penangkapan sebagai “skandal bersejarah.” Dia juga menulis di X bahwa dia yakin surat perintah penangkapan itu “melemahkan hak dasar Israel untuk melindungi diri.”

READ  Anggota terakhir kelompok perlawanan, Weisse Rose, telah meninggal

Prosedur ini terpisah dari persidangan terhadap Israel di Mahkamah Internasional, yang berkisar pada pertanyaan apakah Israel sebagai sebuah negara bersalah atas genosida. Hakim memutuskan pada bulan Maret bahwa ada risiko hal ini terjadi dalam pertarungan tersebut.